Kamis, 22 Agustus 2019

Begini Penampakan Pulau Putri Nongsa Batam Setelah di Reklamasi

Setelah bertahun tahun di reklamasi, akhirnya tahun 2019 Pulau Putri tampil dengan wajah baru yang lebih indah, lebih teratur dan tentunya lebih bersih. Namun dibalik keindahan Pulau Putri pasca reklamasi  terlihat juga lahan tandus nan gersang, begitu panas dan siap menghitamkan kulit jika berada disana saat siang hari, secara hanya beberapa area saja yang memiliki pepohonan sebagai tempat tuk berlindung.


Pulau Putri Nongsa Batam

Semoga Pohonnya Bisa Berdaun Kembali

Rincian Biaya Menuju Pulau Putri Nongsa Batam

Untuk menuju Pulau Putri pengunjung harus masuk kepantai nongsa Isa kelurahan Sambau Kecamatan Batam Timur terlebih dahulu, disini pengunjung akan dipungut biaya tanda masuk sebesar Rp 5.000/ orang. Kemudian untuk parkir motor telah disediakan di lahan lahan parkir diperumahan penduduk atau rumah makan dengan membayar Rp 5.000/motor dan Rp 10.000 /mobil. Untuk menyebrang ke Pulau Putri pengunjung dikenakan biaya Rp 20.000 PP / Orang, dengan sistem pergi diantar pulangnya tinggal telpon sang empunya pancung. Lama perjalanan laut dari Pantai Nongsa menuju Pulau Putri kurang lebih 10 menit saja, dekat bukan ?  Nah ketika sudah sampai di dermaga Pulau Putri pengunjung diwajibkan membayar Rp 1.000/ orang sebagai uang kebersihan. Untuk biaya pemakaian toilet juga berlaku buang air kecil Rp 2.000 / sekali masuk, dan buang air besar besar ? lupa, hehehehe 


Pelabuhan Pulau Putri Nongsa Batam

Gerbang yang menjadi Spot Foto Pulau Putri

Aktifitas di Pulau Putri
Nah setelah sampai di Pulau Putri, pengunjung bisa piknik sembari menikmati makanan yang dibawa, namun jika tak membawa bekal, jangan khawatir karena sudah ada kantin yang menjual minuman dan makanan juga.  Terdapat beberapa ayunan yang bisa dipakai oleh pengunjung atau jika mau lebih enak ya bawa hammock sendiri dan tinggal digantung di batang pohon yang ada disana, trus berayun ayun deh sembari menikmati semilir angin.

Mau mandi juga bisa, karena area Pulau Putri airnya bersih sehingga pengunjung bisa berenang hanya saja area lautnya luas dan dalam lebih baik berhati hati, apalagi jika tidak bisa berenang. Jadi lebih amannya main main saja diarea Pulau.

Memancing, nah aktifitas ini juga banyak dilakukan oleh para pengunjung. Mereka berangkat dari pagi dan pulang ketika matahari mulai tenggelam. 

Narsis, Yup aktifitas berfoto foto ini tak kan ketinggalan, karena spot foto di Pulau Putri sangat mendukung buat pengunjung mengabadikannya, apalagi saat sunset viewnya semakin bagus karena bangunan dari negara Singapura juga terlihat cukup jelas.

Camping, Nah aktifitas yang satu ini juga bisa dilakukan, pengunjung cukup meminta izin dari pengelola Pulau Putri dan membayar biaya keamanan. Aku pengen banget bisa ngecamp disini, namun sayang teman teman belum mendukung, jadi kan gak mungkin banget camping cuma sendiri, nasib banget hidup akutuh :( 

Nah selama renovasi ini aku sudah empat kali mengunjungi Pulau Putri, bosan ? gak lah karena aku suka dengan ketenangannya, hanya saja memang lebih enak perginya sore, selain cuaca tidak terlalu panas, sunset disini juga jawara.  

Taman di Pulau Putri Nongsa Batam cocok buat jogging, main skateboard, sepeda dll

Sunset dari Pulau Putri Nongsa Batam

Malam Menjelang, Waktunya Pulang
Harapan aku semoga ada kegiatan penanaman seribu pohon di Pulau Putri agar tidak terlihat gersang dan tandus, dan buat pengunjung lainnya tetap jaga kebersihan ya :)  

Klik  dan lihatlah Pulau Putri Tahun 2016 

Pulau Putri Nongsa Batam
Open jam 8.00am - 6.30pm
Pancung utk menyebrang Kepulau Putri setiap saat ada 





3 komentar:

  1. Bener ya kak..tandus banget sekarang. Sayang ya, reklamasi tanpa menyisip beberapa lahan hijau.😐

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin perlahan akan dilakukan penanaman pohon lagi, cuma tetap butuh waktu kan ? kita doa bersama aja ya kak :)

      Hapus
  2. loh reklamasi ? wah udah lama banget ga kesana, terakhir 2012. pasti lebih cantik ya

    BalasHapus