Langsung ke konten utama

Beberapa Peranan Bakteri di Dalam Tubuh


Bakteri merupakan organisme bersel tunggal yang berukuran sangat kecil. Di dalam tubuh
manusia terdapat lebih dari 100 triliun bakteri dengan jumlah spesies yang mencapai angka  10.000 bakteri. Semuanya memiliki peranan masing-masing dan memiliki pengaruh
yang sangat besar terhadap semua sistem kerja tubuh. Bakteri tumbuh di seluruh permukaan, tumbuh di seluruh permukaan, celah serta sudut tubuh manusia. 

Bakteri sendiri terbagi atas dua sifat, yaitu bakteri jahat dan bakteri baik. Jumlah bakteri jahat memang lebih sedikit bila dibandingkan dengan bakteri baik. Namun meskipun jumlahnya lebih sedikit, bakteri jahat bisa sangat membahayakan tubuh. 

Peranan Bakteri
Sumber icp-capsule.com


Lantas apakah sebetulnya peranan bakteri-bakteri baik dan jahat itu, berikut ini 
penuturannya :

Lactobacillus acidophilus
Ini adalah bakteri pertama yang paling banyak disebut dan tersebar di saluran pencernaan. Adapun peranan bakteri lactobacillus diantaranya adalah mampu menurunkan kolesterol jahat, mencegah serta mengatasi diare yang bila diabaikan bisa menyebabkan kematian. 
Probiotik atau bakteri baik ini terdapat dalam berbagai jenis makanan dan minuman, seperti yoghurt, kefir, kombucha, tempe, acar, cokelat, bawang putih, juga miso dan masih banyak lagi.

E.Coli
Selanjutnya peranan bakteri baik yang dibutuhkan tubuh adalah bakteri Escherichia coli atau biasa disebut E.coli. Bakteri yang tumbuh di usus besar manusia ini, mampu menekan pertumbuhan bakteri-bakteri jahat. Kemampuan lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh adalah, mempercepat proses pembusukan makanan hingga menguraikan sisa makanan yang tidak terserap.

Bakteri E.coli juga membantu proses pembentukan Vitamin K yang berfungsi untuk pembekuan darah. Bahkan Kolisin yaitu bahan antibiotik yang bisa membunuh bakteri patogen juga dihasilkan oleh bakteri ini.

Staphylococcus epidermis dan Proprionibacterium acnes
Dan berikutnya peranan bakteri baik lainnya yaitu Staphylococcus epidermis dan Proprionibacterium acnes. Kedua bakteri ini berada di kulit manusia, seperti permukaan lengan dan kaki, lipatan siku juga diantara jari kaki. Begitu juga pada daerah berminyak seperti kepala dan leher. 

Dan berikut ini adalah beberapa contoh bakteri-bakteri jahat yang juga bisa masuk 
dan bisa bersarang di dalam tubuh : 

Clostridium difficie
Jumlah bakteri yang berada di saluran percernaan ini sebenarnya normal. Namun jika bakteri dibiarkan, maka akan menghasilkan racun yang akan menyerang lapisan usus 
hingga menyebabkan diare, kram dan nyeri pada perut, demam, dehidrasi dan lain sebagainya. Peranan bakteri baik sangat dibutuhkan agar bakteri jahat ini jumlahnya 
tidak bertambah. 

Shigella
Berikut ini dalah salah satu jenis bakteri jahat yang juga menyerang saluran pencernaan. Banyak jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini, salah satunya adalah artritis reaktif yang menyebabkan rasa nyeri pada lutut, pinggul juga pergelangan kaki. 

Bakteri ini bisa dengan mudah menyerang anak-anak balita, yang terbiasa memasukkan berbagai macam benda ke dalam mulut. Serta mudah berkembang diberbagai tempat yang memiliki sanitasi buruk. Bahkan air kolam renang sekalipun bisa tercemar bakteri jahat ini. Karenanya pastikan Anak-anak atau Anda tidak menelan air di kolam renang

Masih banyak jenis-jenis bakteri jahat yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Namun Anda tidak perlu khawatir, selama Anda terbiasa hidup sehat. Mencuci tangan sebelum makan dan minum, membersihkan lingkungan sekitar dan memilih bahan makanan dan minuman yang sehat dan baik untuk tubuh.

Itulah beberapa peranan bakteri di dalam tubuh yang bisa Anda pahami. Jangan biarkan bakteri jahat berperan dan menguasai tubuh, hingga tubuh bisa mengalami sakit. Perbanyak makanan dan minuman sehat yang mengandung bakteri baik agar tubuh bisa tumbuh kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid