Jenis Dan Tips Memilih Helm Sepeda

No Comments

Bukan hanya mengendarai sepeda motor saja, kita menggunakan helm, namun saat mengendarai sepeda konvensional juga kita semestinya menggunakan helm . Dengan fungsi yang sama yakni untuk memberikan perlindungan di bagian kepala dari benturan saat terjadi sesuatu ketika sedang bersepeda.


Apalagi dizaman  sekarang banyak masyarakat yang sudah memiliki hobby bersepeda, jadi tak heran jika  helm sepeda ini banyak dicari bagi yang menggunakan sepeda.



Jenis dan tips membeli helm sepeda


Ada berbagai jenis helm sepeda yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan para sepeda dan budget yang ada.


Berikut Beberapa Tips Memiih Helm Sepeda yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan sebelum membelinya :


1.Keselamatan 

Pastinya keselamatan merupakan hal yang sangat terpenting. Untuk itu pastikan dalam memilih helm sepeda anda harus memilih helm sepeda yang memiliki sertifikat standar keselamatan seperti SNI serta standar internasional lainnya.


2. Ventilasi

Semakin baik ventilasi pada helm, maka kepala akan terasa lebih dingin. Sehingga pada helm jenis road, ventilasi dirancang untuk masuknya udara mengalir melewati helm serta keluar melalui ventilasi belakang. 


Sedangkan untuk helm jenis sepeda gunung, ventilasi dibuat untuk berfungsi seperti cerobong asap, yang memungkinkan udara panas akan mengalir secara vertikal.


3. Tali Pengikat Dagu

Pengikat dagu haruslah pas saat dipasang dengan tetap memungkinkan anda untuk membuka mulut untuk minum dari botol maupun untuk makan. Untuk dibagian tali helm, dianggap ideal ketika membentuk seperti huruf V tepat dibawah cuping telinga.


4.Bantalan  (Padding)

Di bagian bantalan (padding) merupakan daerah yang membuat helm terasa nyaman saat dipakai, di bantalan juga sekaligus akan membantu menyerap keringat. Selain itu juga, banyak helm yang memiliki bantalan yang bisa dilepas sehingga dapat memudahkan saat mencuci dan membersihkannya agar tetap higienis.  



Setelah membahas tentang tips sebelum membeli helm untuk sepeda, berikut Saya uraikan beberapa jenis helm sepeda :


1.Helm Time Trial

Helm ini secara khusus dirancang untuk digunakan di sepeda balap. Adapun fungsi utama dari helm ini adalah untuk memberikan fitur aerodinamis dan perlindungan pada saat memacu sepeda dengan kecepatan tinggi.


2.Helm Sepeda Gunung

Sesuai dengan namanya helm ini dirancang untuk menawarkan perlindungan ekstra, ventilasi, dan retensi untuk membantu anda dalam menghadapi berbagai tantangan bersepeda di medan off-road.


3. BMX

Helm jenis BMX ini memiliki 2 desain utama, yakni full face dan open face. Helm full face berfungsi untuk menawarkan perlindungan secara maksimal pada saat melakukan balap BMX. Sedangkan helm open face (skate style) biasanya digunakan untuk mengendarai BMX di medan datar atau off-road.


4. Helm Road

Helm ini dirancang terutama untuk digunakan pada saat mengendarai sepeda di jalan, namun bisa juga digunakan untuk bersepeda di tempat yang lainnya. Helm road ini dibuat ringan serta menawarkan ventilasi dan perlindungan yang sangat memadai.


5. Kids & Youth

Helm Kids & Youth ini sangat cocok digunakan oleh anak-anak dan remaja. Dimana helm ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar serta memiliki berbagai skema warna yang sangat menarik yang dirancang secara khusus untuk mendorong pengendara sepeda supaya menggunakannya.


6. Full Face

Helm full face ini menawarkan perlindungan yang maksimal. Dimana jenis helm ini sangat ideal untuk melakukan balapan pada jalur menurun serta balapan off-road agresif yang menawarkan perlindungan ekstra terutama untuk bagian pipi,dagu, dan gigi.


7. Helm Aero Road

Helm jenis ini merupakan persilangan antara helm vented road dan helm time trial. Helm Aero Road ini dirancang guna memberikan kemudahan gerakan, ringan serta ukuran yang kompak tetapi juga memberikan keuntungan berupa aerodinamis.


8. Lelsure

Helm lelsure (rekreasi) ini tersedia untuk anda yang ingin memiliki helm sepeda yang keren abis, namun helm ini mungkin tidak berbobot terlalu ringan alias berat, dan juga tidak memiliki ventilasi yang maksimal serta fitur balap.

Itulah beberapa jenis helm dan tips dalam membeli helm sepeda, semoga bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan anda.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)