Langsung ke konten utama

Cara Mudah Dan Murah Ke Bali Dari Lombok Melalui Pelabuhan Lembar

Lombok dan Bali merupakan destinasi wisata yang menjadi favorit para traveller karena memiliki keindahan alam yang luar biasa indah. Jarak antara Lombok dan Bali juga tidak jauh, oleh karena itu ada beberapa cara yang bisa digunakan, baik melalui udara maupun laut.

Jikalau kamu sedang solo trip, saran aku sebaiknya gunakan pesawat saja dari Lombok ke Bali kalo tidak salah harga tiketnya juga sekitar 200-300rb dengan jarak tempuh hanya 30 menit saja. Namun jika kalian pergi berkelompok lewat laut adalah cara paling murah dan menyenangkan, walaupun menempuh perjalanan sekitar 4-5 jam namun kalian bisa melakukan perjalanan malam hari dan tentunya ini membuat kalian hemat penginapan satu malam. sekedar info pelabuhan lembar beroperasi 24 jam dengan rentang waktu keberangkatan 2-3 jam sekali tergantung penuhnya kapal.

Jalan Senggigi Lombok

Kali ini aku hanya ingin share pengalaman yang sedikit kubilang buang buang waktu dan uang juga, karena perjalanan ku di mulai dari Senggigi lombok, tepatnya di tempat aku mengembalikan sewa motor yang aku pinjam. Saat itu sudah pukul 7 malam, dan aku mau tidak mau harus menyewa mobil travel untuk pergi ke pelabuhan kapal Lembar , dari senggigi menuju pelabuhan harga sewanya semestinya 200ribu itu sudah harga umum, namun karena aku sudah menyewa motor dari sana juga selama tiga hari, makanya aku sedikit merengek menawar harga 100ribu namun tetap tak bisa karena perjalanannya cukup jauh sekitar 1.5 jam. Dan akhirnya deal di 150ribu.

Suasana malam di pelabuhan Lembar Lombok
Setelah supirnya sholat isya aku pun diantar menuju pelabuhan Lembar yang terletak di Kabupaten Lombok Barat. Setelah sampai di pelabuhan aku mencari rumah makan disekitar pelabuhan untuk mengisi perut agar tak masuk angin. Masakan disini lumayan enak untuk perut yang lapar daripada gak makan, dan harga juga masih normal sekitar 25 ribu dengan lauk dua macam.

Baca juga Cara Kepulau Kenawa dari Lombok

Setelah membeli tiket dengan harga 46 ribu untuk dewasa, akhirnya aku naik ke kapal untuk beristirahat. Namun setelah sampai didalam kapal ternyata posisi tempat duduk nya satu satu bukan bentuk sofa seperti kapal dari Lombok ke Sumbawa. Nah loh, disini aku mulai gelisah padahal pengen tidur  ternyata gak bisa juga😢😭

Konter Tiket Untuk Penumpang di Pelabuhan Lembar Lombok

Bentuk Kursi di Kapal Asdp dari Lembar ke Padang Bai

Kursi Yang Berada Di Luar Ruangan Kapal, ( Kursi Area Merokok )
Musholla di Kapal
Nomor Pengaduan Jika Butuh Info Atau Ada Kendala

Dalam posisi duduk mungkin aku sedikit terlelap karena tubuh juga sudah lelah, tiba tiba aku tersadar karena mendengar suara mendengkur orang tidur,  astaqfirullah susah amat ya cari suasana tenang. Akhirnya tidur hanyalah sebuah hayalan saja, hampir 5 jam dikapal aku hanya memejamkan mata namun tidak tidur.

Tengah malam aku coba untuk keluar kapal, ternyata hujan deras dan cuaca begitu dinginnya, tak ingin membuat tubuh sakit , lagi lagi aku kekursi dan coba bersabar hingga kapal sampai di tujuan yakni pelabuhan kapal Padang Bai Bali. Jam 3 subuh kapal sudah sampai, dibawah hujan gerimis akupun segera berlari menuju ruang tunggu, Alhamdulillah kulihat ada beberapa kursi kosong yang masih bisa kupakai untuk berbaring hingga pagi menjelang.

Ruang Tunggu Pelabuan Padang Bai Bali

Ruang Tunggu Pelabuhan Padang Bai Bali

Oh iya, di pelabuhan Padang Bai ini tersedia toilet dan kamar mandi juga ya, saat subuh menjelang aku lihat beberapa penumpang yang mandi disana, namun ada juga masjid yang berada tak jauh dari pelabuhan. Di masjid ini aku juga melihat banyak yang menggunakan toiletnya untuk mandi. Aku sendiri tak memilih mandi karena ribet harus bongkar bongkar tas.

Masjid Yang Ada di Sekitaran Pelabuhan Padang Bai Bali Buka Pukul 04.30 Pagi dan Tutup Pukul 22.00 Malam
Pagi menjelang aku sudah malas mencari angkutan umum apa saja yang bisa digunakan untuk menuju daerah Kuta ( lokasi hotelku menginap ), karena sesuai yang aku baca dari website yang ada semua menggunakan bus Parama, namun pada akhirnya pengalamannya banyak tak menyenangkan.

Akhirnya aku menggunakan taxi pelabuhan dengan biaya 200ribu. Padahal kalo menggunakan bus Parama katanya 75rb saja perorang. Aku capek dan ntah kenapa mood ku hilang aja setelah sampai di Bali, jadi buatku yang penting sampai di hotel dan aku ingin Istirahat!!!

Pelabuhan Padang Bai Bali

Suasana Pagi di Padang Bai Bali

Jadi intinya, kalo kamu sendiri mending naik pesawat deh, tak banyak waktu terbuang. Tapi kalo ber4-6 mending pake kapal, share cost nya bisa meringankan biaya, meskipun waktu yang habis bisa sampai 8 jam ( hitungan dari lombok-pelabuhan lembar - Padang Bai - pantai Kuta ).

Pelabuhan Lembar di Operasikan Oleh PT. ASDP dengan puluhan kapal yang bersandar dan berlayar setiap harinya, Masing masing kapal berkapasitas mulai dari 200-400 penumpang. Berikut ini tarif penumpang hingga golongan kendaraan yang melalui Pelabuhan Lembar.
Tarif kendaraan roda 4 terdiri dari beberapa 4 jenis golongan :
  • Golongan IVA : Rp 917 ribu ( Kendaraan mpv/suv atau sejenisnya
  • Golongan IVB : Rp 827 ribu ( Kendaraan Pickup dan sejenisnya )
  • Golongan VA : Rp 1.780.000 ( Kendaraan mini bus dan sejenisnya )
  • Golongan VI : Rp 3.010.000 ( Kendaraan bus / mobil besar dan sejenisnya )
Tarif kendaraan roda 2 terdiri dari 2 jenis golongan :

• Golongan II : Rp129 ribu (kendaraan roda 2 < 250 cc).
  • Golongan II : Rp250 ribu (kendaraan roda 2 > 250 cc ).

Tarif penumpang terdiri dari beberapa 2 jenis golongan :
  • Golongan Dewasa : Rp46 ribu
  • Golongan Anak anak : Rp 29 ribu ( diatas 5 tahun )

Komentar

1. wah, ceritanya seru banget mbak. mantaap

BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kak, semoga bermanfaat :)

Hapus
  2. Kak ijin tanya transportasi dari padang bai ke kuta naik apa dan harga berapa y ?
    Terima kasih

BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid