Cara Mudah Dan Murah Ke Bali Dari Lombok Melalui Pelabuhan Lembar

1 comment
Lombok dan Bali merupakan destinasi wisata yang menjadi favorit para traveller karena memiliki keindahan alam yang luar biasa indah. Jarak antara Lombok dan Bali juga tidak jauh, oleh karena itu ada beberapa cara yang bisa digunakan, baik melalui udara maupun laut.

Jikalau kamu sedang solo trip, saran aku sebaiknya gunakan pesawat saja dari Lombok ke Bali kalo tidak salah harga tiketnya juga sekitar 200-300rb dengan jarak tempuh hanya 30 menit saja. Namun jika kalian pergi berkelompok lewat laut adalah cara paling murah dan menyenangkan, walaupun menempuh perjalanan sekitar 4-5 jam namun kalian bisa melakukan perjalanan malam hari dan tentunya ini membuat kalian hemat penginapan satu malam. sekedar info pelabuhan lembar beroperasi 24 jam dengan rentang waktu keberangkatan 2-3 jam sekali tergantung penuhnya kapal. 


Jalan Senggigi Lombok

Kali ini aku hanya ingin share pengalaman yang sedikit kubilang buang buang waktu dan uang juga, karena perjalanan ku di mulai dari Senggigi lombok, tepatnya di tempat aku mengembalikan sewa motor yang aku pinjam. Saat itu sudah pukul 7 malam, dan aku mau tidak mau harus menyewa mobil travel untuk pergi ke pelabuhan kapal Lembar , dari senggigi menuju pelabuhan harga sewanya semestinya 200ribu itu sudah harga umum, namun karena aku sudah menyewa motor dari sana juga selama tiga hari, makanya aku sedikit merengek menawar harga 100ribu namun tetap tak bisa karena perjalanannya cukup jauh sekitar 1.5 jam. Dan akhirnya deal di 150ribu.


Suasana malam di pelabuhan Lembar Lombok
Setelah supirnya sholat isya aku pun diantar menuju pelabuhan Lembar yang terletak di Kabupaten Lombok Barat. Setelah sampai di pelabuhan aku mencari rumah makan disekitar pelabuhan untuk mengisi perut agar tak masuk angin. Masakan disini lumayan enak untuk perut yang lapar daripada gak makan, dan harga juga masih normal sekitar 25 ribu dengan lauk dua macam.

                         

      Baca juga Cara Kepulau Kenawa dari Lombok                        


Setelah membeli tiket dengan harga 46 ribu untuk dewasa, akhirnya aku naik ke kapal untuk beristirahat. Namun setelah sampai didalam kapal ternyata posisi tempat duduk nya satu satu bukan bentuk sofa seperti kapal dari Lombok ke Sumbawa. Nah loh, disini aku mulai gelisah padahal pengen tidur  ternyata gak bisa juga😢😭


Konter Tiket Untuk Penumpang di Pelabuhan Lembar Lombok



Bentuk Kursi di Kapal Asdp dari Lembar ke Padang Bai

Kursi Yang Berada Di Luar Ruangan Kapal, ( Kursi Area Merokok )
Musholla di Kapal 
Nomor Pengaduan Jika Butuh Info Atau Ada Kendala

Dalam posisi duduk mungkin aku sedikit terlelap karena tubuh juga sudah lelah, tiba tiba aku tersadar karena mendengar suara mendengkur orang tidur,  astaqfirullah susah amat ya cari suasana tenang. Akhirnya tidur hanyalah sebuah hayalan saja, hampir 5 jam dikapal aku hanya memejamkan mata namun tidak tidur.

Tengah malam aku coba untuk keluar kapal, ternyata hujan deras dan cuaca begitu dinginnya, tak ingin membuat tubuh sakit , lagi lagi aku kekursi dan coba bersabar hingga kapal sampai di tujuan yakni pelabuhan kapal Padang Bai Bali. Jam 3 subuh kapal sudah sampai, dibawah hujan gerimis akupun segera berlari menuju ruang tunggu, Alhamdulillah kulihat ada beberapa kursi kosong yang masih bisa kupakai untuk berbaring hingga pagi menjelang.


Ruang Tunggu Pelabuan Padang Bai Bali



Ruang Tunggu Pelabuhan Padang Bai Bali

Oh iya, di pelabuhan Padang Bai ini tersedia toilet dan kamar mandi juga ya, saat subuh menjelang aku lihat beberapa penumpang yang mandi disana, namun ada juga masjid yang berada tak jauh dari pelabuhan. Di masjid ini aku juga melihat banyak yang menggunakan toiletnya untuk mandi. Aku sendiri tak memilih mandi karena ribet harus bongkar bongkar tas. 


Masjid Yang Ada di Sekitaran Pelabuhan Padang Bai Bali Buka Pukul 04.30 Pagi dan Tutup Pukul 22.00 Malam
Pagi menjelang aku sudah malas mencari angkutan umum apa saja yang bisa digunakan untuk menuju daerah Kuta ( lokasi hotelku menginap ), karena sesuai yang aku baca dari website yang ada semua menggunakan bus Parama, namun pada akhirnya pengalamannya banyak tak menyenangkan.

Akhirnya aku menggunakan taxi pelabuhan dengan biaya 200ribu. Padahal kalo menggunakan bus Parama katanya 75rb saja perorang. Aku capek dan ntah kenapa mood ku hilang aja setelah sampai di Bali, jadi buatku yang penting sampai di hotel dan aku ingin Istirahat!!!


Pelabuhan Padang Bai Bali 

Suasana Pagi di Padang Bai Bali

Jadi intinya, kalo kamu sendiri mending naik pesawat deh, tak banyak waktu terbuang. Tapi kalo ber4-6 mending pake kapal, share cost nya bisa meringankan biaya, meskipun waktu yang habis bisa sampai 8 jam ( hitungan dari lombok-pelabuhan lembar - Padang Bai - pantai Kuta ).


Pelabuhan Lembar di Operasikan Oleh PT. ASDP dengan puluhan kapal yang bersandar dan berlayar setiap harinya, Masing masing kapal berkapasitas mulai dari 200-400 penumpang. Berikut ini tarif penumpang hingga golongan kendaraan yang melalui Pelabuhan Lembar.
Tarif kendaraan roda 4 terdiri dari beberapa 4 jenis golongan :
  • Golongan IVA : Rp 917 ribu ( Kendaraan mpv/suv atau sejenisnya
  • Golongan IVB : Rp 827 ribu ( Kendaraan Pickup dan sejenisnya )
  • Golongan VA : Rp 1.780.000 ( Kendaraan mini bus dan sejenisnya )
  • Golongan VI : Rp 3.010.000 ( Kendaraan bus / mobil besar dan sejenisnya )
Tarif kendaraan roda 2 terdiri dari 2 jenis golongan :

  • Golongan II : Rp129 ribu (kendaraan roda 2 < 250 cc). 
  • Golongan II : Rp250 ribu (kendaraan roda 2 > 250 cc ).

Tarif penumpang terdiri dari beberapa 2 jenis golongan :
  • Golongan Dewasa : Rp46 ribu
  • Golongan Anak anak : Rp 29 ribu ( diatas 5 tahun )



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)