Lembutnya Bebalung Dan Pedasnya Ayam Plecingan Yang Jadi Favorit Aku Selama Berada di Lombok

32 comments
Ayam Taliwang.. siapa sih yang gak kenal kuliner yang satu ini ? rasanya disetiap kota pasti ada rumah makan yang menjual makanan khas dari lombok. Aku adalah salah sejuta dari penyuka Ayam Taliwang + Sambalnya + Kuah Sayur Asam. Jadi selama di Batam, kuliner ini sering aku beli karena memang enak dan cocok dilidahku.  Nah bagaimana saat aku sudah berada di Lombok ? Apa aku juga mencobanya ? jawabannya tidaaaaaaaaaaakkkkkk :( :( :(  pengen nangis dipojokanlah aku.

Untuk mengobati kekecewaanku karena tak kesampaian menikmati kuliner Ayam Taliwang, aku akan bercerita tentang menu Bebalung dan Ayam Plecingan. Sedikit aneh mendengar bebalung namun kaki sudah di tanah Lombok, rasanya sayang banget tidak mencobanya. Soal enak atau tidak itu urusan nanti lah ya, pokoknya makan, makan, dan makan, karena bagiku setiap berlibur yang harus aku cukupi adalah isi didalam perut agar fisik aku kuat dan perutku bahagia, karena kalo tubuh baik baik saja, mood ku juga akan baik :)


Ayam Plecingan, Bebalung dan Plecing Kangkung

Berawal dari tempat menginapku di area senggigi lombok barat, tepatnya didepan Hotel Grand Senggigi Batu Layar, aku mampir disebuah warung yang terbuat dari kayu kayu sangat sederhana, awalnya ragu masuk gak, masuk gak, seraya meyakinkan diriku, namun akhirnya aku coba masuk juga karena memang waktunya perut ini diisi setelah melakukan perjalanan panjang dari Kuala lumpur- Lombok. Aku memperhatikan menu menu yang disediakan melalui spanduk yang dibentang di dinding warung. Pandanganku mengarah kepada gambar Ayam Plecingan dimana sambalnya melumuri dagingnya, dan akhirnya aku pun memesannya  dan tentunya bersama air jeruk panas.

Ayam Plecingan Pedasnya Bikin Meleleh

Tak membutuhkan waktu lama akhirnya pesananku datang, wow agak kaget melihat sambal yang melumuri ayamnya. Paha ayamnya cukup besar sehingga aku yakin untuk malam ini ayam plecingan + lalapan tomat muda + kacang panjang + nasi pasti membuat kenyang perutku. Icip icip pertama sambalnya, haduuuwww enaknya, icip lagi eeh beneran enak, lanjut lah kalo begitu, mari kita makan. Makan pakai tangan itu nikmatnya luar biasa gaes, nasi panas yang pulen tidak keras tidak juga lembut itu mulai aku padu padankan bersama cabikan ayam dan sambalnya, alamak sedapnyeeeee, bumbunya terasa banget, pedasnya gilaaaak, dalam hati bersyukur , senang, dan sangat lahap menyantap sedikit demi sedikit hidangan didepan mata, walau harus meneteskan sedikit air mata karena kepedasan :)


Ayam Plecing di Senggigi Lombok
Ayam Plecingan Pedasnya Bikin Airmataku Meleleh Rp 25 K + Nasi

Perut kenyang hatipun senang, akupun kembali ke hotel dan memilih istirahat sebab mau kemana lagi ? takut eike cin, nanti diculik orang pula, malam malam keluyuran tak jelas, hehehe.

Keesokan harinya aku bangun pagi, rencananya mau ke warung lagi dan mencari sarapan ternyata warungnya belum buka, akhirnya ya udah beli roti dan main main ke pantai Duduk yang ada persis dibelakang warung ini.  Siang harinya saat aku sudah mendapatkan motor sewaan, aku lagi lagi ke warung untuk makan siang, Dan kali ini yang di coba Bebalung dan Plecing Kangkung.

Bebalung Oh Bebalung Kenapa Enak Betul Dirimu

Bebalung ini adalah sop tulang iga sapi, dengan racikan bumbu yang sempurna serta daging iga yang lembut, membuat Bebalung menjadi sop iga  paling uenaak yang pernah aku coba. Menyeruput kuahnya sedikit demi sedikit, merupakan cara membuat  nafsu makan bertambah, kemudian tambahkan satu sendok cabe kedalam kuahnya, aduhaai sedap betullah ( yang baca jangan ngiler yaakkk ) hehehe. Yang jelas aku merasa beruntung banget bisa bertemu warung kecil ini.



Sop Bebalung dari Senggigi Lombok
Bebalung / Sop Tulang Iga  Rp 30K


Kangkung Plecing Lombok
Kangkung Plecing 15 K
Oh iya, jadi selama menginap di Senggigi nyaris warung makan yang aku lupa namanya ini menjadi warung favorit aku. Harganya standar rasanya enak. Lokasinya persis didepan Grand Senggigi Hotel. 


Nasi Balap Puyung
Hari berikutnya aku mencoba menu Nasi Balap Puyung + Ayam Goreng  di daerah menuju bandara Lombok, sepertinya restoran ini bekerjasama dengan travel, terbukti banyak bus yang singgah kemari membawa rombongan untuk makan. Nasi balap puyung ini merupakan nasi yang disajikan bersama suiran ayam yang sudah dibumbui dengan sambal yang khas, + tumisan sayur, karena porsinya sedikit akupun menambahkan sepotong ayam goreng. Ayam yang digunakan adalah jenis ayam kampung muda sehingga rasanya memang lembut dan dagingnya kecil banget. Dan yang aku rasa sambal ayamnya yang khas sehingga memang berbeda dengan sambal lainnya.


Nasi Balap Puyung
Nasi Balap Puyung + Ayam Goreng Kampung 

Nah itulah kuliner yang bisa mengatasi kekecewaan aku karena tak dapat mencicipi ayam taliwang langsung dari kotanya. Alhamdulillah yang aku cicipi semua enak :)




Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

32 komentar

  1. Ya ampuuuun pgn banget coba ayam Taliwang lgs di Lombok. Aku prnh coba ini di restoran Lombok di Jakarta. Lgs sukaaaa banget Ama rasa ayam Taliwang dan plecing kangkung. Pedesnya memang nampol. Makanya pgn ke Lombok sbnrnya utk kulineran ini doang mba. Karna kalo wisata pantainya aku memang ga suka, ga kuat panas :D.

    BalasHapus
  2. Ya ampuuuun pgn banget coba ayam Taliwang lgs di Lombok. Aku prnh coba ini di restoran Lombok di Jakarta. Lgs sukaaaa banget Ama rasa ayam Taliwang dan plecing kangkung. Pedesnya memang nampol. Makanya pgn ke Lombok sbnrnya utk kulineran ini doang mba. Karna kalo wisata pantainya aku memang ga suka, ga kuat panas :D.

    BalasHapus
  3. Ya ampuuuun pgn banget coba ayam Taliwang lgs di Lombok. Aku prnh coba ini di restoran Lombok di Jakarta. Lgs sukaaaa banget Ama rasa ayam Taliwang dan plecing kangkung. Pedesnya memang nampol. Makanya pgn ke Lombok sbnrnya utk kulineran ini doang mba. Karna kalo wisata pantainya aku memang ga suka, ga kuat panas :D.

    BalasHapus
  4. Lombok memang terkenal dengan plecing dan olahan ayamnya, wa.. aku juga jadi pengen makan masakan ini nih

    BalasHapus
  5. Tu kan jadi kangen sama Mertua, saya pertama kali makan bebalung waktu adek ipar nikahan, ennaknya... Terus plecing khas Lombok waktu main ketempat adek mama di Lombok, kangen Lombokkk.. makanannya enak enak. Kok jadi curhat ya hahaha

    BalasHapus
  6. Bebalungnya mbikin mupeng sumpah. Kayaknya lumer tuh rasanya di mulut. bahasanya di awal bikin kepo. Balungan ya. Senggigi list utamaku bisa ke sana

    BalasHapus
  7. Aaah, kangen Lombok. Kangkung plecing emang bikin makan jadi pengen nambah-nambah terus, apalagi kalau pedes banget. Terus ada ayam taliwang. Kelar.

    BalasHapus
  8. Wah belum pernah makan yang begini, kayaknya beda daerah beda menu yang menjadi ciri khas ya.

    BalasHapus
  9. Ya ampuuuun salah nih aku buka blog ini jam segini
    Jam lapar kakaaak. Mana makanannya enak-enak pula
    Bikin aku kangen berat sama Lombok
    Duh itu plecing kangkungnya super segar. Mauuuu

    BalasHapus
  10. Ayam nya itu lho bikin g nahan dgn bumbu rempah tambah sambel plus nasi panas. Lengkap deh

    BalasHapus
  11. Akupenasaran sama bebaliungnya, itu sop iga ya kalau di sini, tapi mungkin citarasanya berda ya. apingin nyicipin jadinya

    BalasHapus
  12. duhhh gustiii, ini perpaduan makan siang yang menggoda selera. Langsung mengembang nih liurku. Ayam taliwang plus plecing kangkung. Bisa ngabisin nasi banyak nih. Sedep manteeep sih. Pengen abisin semua euy!
    Jadi kepikiran gimana cara ngedapetinnya yah di Pontianak ini hahaha

    BalasHapus
  13. Ayam taliwang, plecing dan bebalung ini kuliner yg wajib dicoba sih kalo lagi berkunjung ke Lombok. Tapi ya itu, kadang perut jadi mulas karena pedasnya kuliner2 tsb

    BalasHapus
  14. Lombok dan kulinernya sungguh menggugah selera. Semoga aku jg bisa travelling dan kulineran di sana. Kumpulkan budget dulu nih.

    BalasHapus
  15. Serius itu gambar menggugah selera ya kak. Pas banget ini udah mau sore.. aku jadi pengen makan deh.

    BalasHapus
  16. Ya allah, auto ngeces deh karena enak banget bisa makan ayam plecingan. Sayangnya jauh dari Kota Malang nih coba deket langsung aku samperin, hihihi

    BalasHapus
  17. SOP iga sapi ya ternyata Bebalung itu. Daku pun baru mendengar namanya kak 😁. Sepertinya daku harus seperti kak Sarah nih traveling ke sana, biar bisa mencicipi kuliner nikmat itu 😍

    BalasHapus
  18. Huaaa enak enak semua itu...
    Aku pengen banget sup tulang igany

    BalasHapus
  19. Duh kebayang lembutnya ayam yah, jadi lapar saya deh huhuhu.

    BalasHapus
  20. Waduh, salah banget baca ini pas malem2. Jadi auto lapar lagi :(( aku kepingin nyobain bebalungannya deh

    BalasHapus
  21. Hm.... bebalungnya bikin ngiler, aku suka banget makanan berkuah seperti sup dan soto. Sayangnya untuk sambal, cuma pengen tapi takut nyoba karena perut sering ngak kuat makan pedas. Di Bali ada kuliner yang pedas pun aku takut mau nyobain.

    BalasHapus
  22. dulu pernah ada teman asal lombok,, dia cerita tentang pedasnya masakn lombok,, terutama ayam olecingan.. tapi aku lom pernah nyoba.. di daerahku ga ada jualannya.. maunya aku sih makannya di lombok juga,,

    BalasHapus
  23. waduuuu siang-siang liat menu asal Lombok ini makin ngiler aja akutu! Apalagi itu bebalungan kayaknya sedapp banget

    BalasHapus
  24. Duh, mau makan siang malah baca kayak ginian. Rasanya perut langsung protes minta diisi. Belum pernah ke Lombok tapi emang ayam plecingnya kondang banget. Bumbunya itu loh, maknyussss tenan. Kalau kopinya sih pernah dan memang haumnya khas banget, pokoknya ga nyesel. Kapan ya bisa ke Lombok....

    BalasHapus
  25. Jadi ngiler nih liat foto makanan ayam plecingan. Kayaknya harus banget nih nyobain menu ini kalo ke Lombok. Tapi tunggu pandemi ini kelar dulu baru bisa jalan-jalan hehe.

    BalasHapus
  26. Duh emang makanan Lombok yah menggoda banget, bikin ngiler serta khasnya yang pedes2 gitu. Di sini beberapa juga ada yang jual balap puyung atau plecingan gitu dan enak sekaliii. Aku jadi penasaran betul kalau aslinya di sana gimana :D

    BalasHapus
  27. Duuh .. Mbak, membaca deskripsi makanannya jadi ngileer. Apalagi lihat ayam plecingan, kebayang pedasnya yang nendaaang!
    Bebalungnya juga bikin ngiler, kebayang gurihnya.

    BalasHapus
  28. Mendadak saya kangen pulang ke Lombok. Kangen makan Bebalung, Plecing Kangkung, sama Sate Rembiga. Ngangenin banget rasanya karena di Bogor nggak ada. Oh ya Kak, kalau mau icip Ayam Taliwang yang asli, bisa main ke SumbWa Besar. Soalnya Ayam Taliwang itu sebenarnya khas Sumbawa, karena nama Taliwang berasal dari nama salah satu desa di Sumbawa, Desa Taliwang namanya. Cuma karena Sumbawa bagian dari NTB dan Mataram itu Ibukota Provinsinya, ya di Lombok juga ada sih yang enak. Lupa deh nama tempat makan Ayam Taliwang langganan mama papaku di sana. Yang masak kebetulan orang Sumbawa asli soalnya.

    BalasHapus
  29. wah sayang sekali mbak saya udah pernah ke lombok tapi belum pernah nyobain ayam plecingan di sana kayaknya endes banget ya

    BalasHapus
  30. Aduhh mbak. Aku tergoda sama ayam taliwang. Deskripsi makanananya menggoda banget. Apa lagi ramadhan sekarang. Jadi auto lapar dan pengen berbuka ayam. Aku belum pernah ke Lombok.
    Tapi nnt kalau ke lombok, pasti coba deh makanan ini. Apa lagi pedas tu mmg kesukaanku. Semoga covid19 ni berakhir dan bisa travelling ke lombok.

    BalasHapus
  31. Baca ini siang2 kok mendadak pengen makan yaa.. hahaha. Untung lagi libur puasa, jadi nggak dosa wkwk.

    BalasHapus
  32. Waa jadii auto ngilerr nihh Kak.. penasaran mo nyobain nih jadinya.. tanggung jawabbb wkwk

    BalasHapus

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)