Senin, 23 Maret 2020

Cara Ke Pulau Kenawa Sumbawa Dari Bandara Internasional Lombok

Hi Pembaca blog sarah jalan , pernah dengar Pulau Kenawa?  Pulau kecil nan indah ini berada di Kabupaten Sumbawa Barat Nusa Tenggara Barat.  Nah ditulisan kali ini aku akan memberikan info cara ke Pulau Kenawa.

Pastinya ada beberapa cara untuk menuju Pulau Kenawa, jika kamu dari bandara Praya Lombok kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, travel atau juga menggunakan transportasi umum, seperti DAMRI. 

Keluar dari bandara , kamu bisa membeli tiket DAMRI dengan harga 25K turunnya di terminal DAMRI  Mataram dengan jarak tempuh sekitar satu jam. Kemudian dari terminal DAMRI  Mataram naiklah DAMRI dengan tujuan Mataram -Sumbawa. Kalo tidak salah harga tiketnya sekitar 70ribu sudah termasuk tiket penyebrangan dari pelabuhan Kayangan ke pelabuhan Pototano Sumbawa. Perjalanan dari terminal DAMRI Mataram menuju Pelabuhan Kayangan sekitar 1.5-2 jam tergantung situasi jalanan.





Pelabuhan kapal Kayangan  beroperasi 24 jam, dan lama perjalanan dari pelabuhan kayangan ke pelabuhan Pototano Sumbawa adalah dua jam, dengan harga tiket per orang hanya 17 ribu , nah kalo kamu pake DAMRI harga tiket sudah termasuk biaya nyebrang kayangan ke Sumbawa. Pelabuhan Kayangan ini beroperasi selama 24 jam karena pelabuhan ini merupakan pelabuhan yang mengangkut kebutuhan sembako antar pulau.


Baca Juga : " Cara ke Bali dari Lombok "               

Waktu aku ke Sumbawa aku menggunakan motor yang telah aku sewa dari daerah Senggigi Lombok, Aku  tiba di pelabuhan Kayangan sudah pukul 9 malam, aku berusaha mencari penginapan disekitar Kayangan tetapi tidak menemukannya. Akhirnya aku  memarkirkan motor di pelabuhan dengan membayar 10ribu /malam dan langsung berangkat ke pelabuhan pototano malam itu juga.


Damri Tujuan Mataram - Sumbawa - Ropang


Kapal Roro Kayangan - Pototano


Harga Tiket Kapal 
Menyebrang ke Pototano bisa membawa kendaraan baik roda 2 maupun truck sekalipun, untuk motor harga tiketnya 55rb dan penumpang 17 ribu. Namun karena di Pototano aku tidak menemukan tempat parkir yang aman dan resmi akhirnya aku titip motor di pelabuhan kayangan saja. Maklum aku membawa motor sewaan jadi tanggung jawabnya besar jika terjadi apa apa dengan motor tersebut.

Kapal yang aku naiki sangat besar, lantai bawah untuk parkir kendaraan sementara lantai dua dan tiga untuk para penumpang, model tempat duduknya juga enak buat selonjoran jadi tak heran saat itu satu penumpang bisa mendapatkan satu kursi untuk berbaring.


Ruangan Kapal Lantai 2 dan 3 bagian dalam


Lantai 2 dan 3 Bagian Luar
Dikapal juga ada kafetaria sehingga perut tetap bisa diisi walau dengan minuman hangat atau popmie. Kemudian tersedia juga musholla. Namun saat itu aku memilih berbaring sembari mengecash handphone, karena hape sudah lowbat. Lagipula perjalanan panjang yang aku lalui membuat tubuh juga merasa lelah.

Jam 12 malam aku tiba di pelabuhan pototano dan disana mulai kebingungan mau nginap dimana. Setelah seseorang yang membantuku bertanya pada petugas disana, akhirnya aku diizinkan menginap di musholla hingga pagi, karena mau mencari hotel jaraknya cukup jauh.

Meski tak bisa tidur nyenyak di musholla dikarenakan ada suara orang ngorok yang kelewatan gede macam kerbau , aku tetap bersyukur bisa mendapatkan tempat berteduh yang aman malam itu. (Yang tidur dimusholla malam itu ada sekitar 6 orang dan aku sendiri wanita di shaf yang berbeda 😬) 


Musholla Al -Ikhsan di Pototano


Istirahat di Musholla 
Setiap jam rasanya aku terbangun ,hingga seorang bapak paruh baya datang dan membuka pintu musholla aku memilih duduk saja, ternyata sudah masuk waktunya azan subuh. Akupun segera keluar dan mengambil wudhu agar bisa ikut sholat berjamaah

Pagi menjelang, sunrise pun mulai menampakkan diri, aku pun mulai berjalan menuju pelabuhan penyewaan perahu sesuai arahan dari warga sekitar. Jarak antara pelabuhan kapal dan perahu sekitar 2 km, namun jangan khawatir pemandangan disana indah dan ada juga Alfamart dan Indomaret. Jadi aku bisa beli kue dan minuman untuk bekalku di Kenawa


Jalanan menuju Pelabuhan Perahu Untuk Kepulau Kenawa
Setelah sampai di pelabuhan utk penyewaan perahu aku dihampiri oleh seorang bapak yang menawarkan perahunya untuk disewa, seperti biasa harga nya 250rb PP namun karna masih pagi si Bapak mau juga menurunkan harganya jadi 200rb.


Pelantar Pelabuhan di Pototano


Hub : Pak Arifin : 082341582656

Perlahan perahu berlayar meninggalkan dermaga kecil dan mulai menuju pulau Kenawa. masyaallah indahnya pemandangan pagi itu, aku pergi ke Kenawa ditemani langit  yang mulai cerah dan hati yang bahagia karena satu itenary wajibku terlaksana dengan baik 😊

Perjalanan dari pelabuhan perahu pototano menuju pulau Kenawa hanya 20 -25menit saja,  jadi selama di pulau Kenawa kalian bisa minta tunggu perahunya menunggu kalian, atau minta saja nomor hape tekong perahunya sehingga kalo sudah mau balik bisa minta jemput lagi. Seperti aku yang hanya ingin 2 jam dikenawa jadi aku minta ditungguin saja. Namun jika dari pagi dan mau balik sore lebih baik biarkan tekong nya balik dulu nanti tinggal ditelpon minta jemput.



View Gunung Rinjani dan bukit bukit saat menuju Pulau Kenawa

Pantai Pulau Kenawa
Bukit di Pulau Kenawa
Setelah balik ke pelabuhan Pototano alurnya seperti biasa jika kamu ingin balik ke Lombok ya kamu bisa menunggu DAMRI yang lewat pelabuhan Pototano , atau jika kamu masih ingin explore pulau Sumbawa kamu bisa menyewa travel atau naik DAMRI lagi menuju kota Sumbawa.

Saran Saya jika kamu berempat atau lebih sebaiknya bermalam lah satu hari di Kenawa, karena pulaunya sangat indah, Jangan lupa bawa autan biar gak digigit serangga. Trus  di Kenawa sudah ada yang jualan dipinggir pantainya, ada toilet dan kamar mandi juga, tentunya ini bayar loh ya.  Untuk makanan masih wajar banget kok harganya, seperti indomi goreng telur cuma 10ribu. Tidurnya bisa di gazebo yang ada di depan bibir pantai, atau numpang diwarung yang jualan. Atau kalo membawa tenda buatlah tenda persis didepan bukit Kenawa.

Soal sampah bagaimana ? Nah disana juga ada bak sampah yang disediakan didekat warung, jadi buanglah disana, dan yang Saya liat sendiri kebanyakan sampah botol plastik minuman mereka olah menjadi hiasan di warung.


Hiasan Sampah Botol Plastik yang dijadikan kreasi di warung



Jajan Mi Goreng + Telur cuma 10 rb di Pulau Kenawa

Biar lebih ringan biayanya pergilah bersama teman teman, agar bisa share cost untuk bayar sewa perahu, jadi pengeluaran tentunya lebih ringan :)

Semoga tulisan ini bisa jadi acuan kamu untuk ke Pulau Kenawa ya.

Penyewaan Perahu Pototano - Kenawa
Pak Arifin : 0823 4158 2656





19 komentar:

  1. Bukit di pulau itu keren banget kak, hijau dan ada jalan setapak. wih luar biasa anugrah tuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess..masih alami dan cocok buat traveller yang senang dengan suasana alam yang sahdu... apalagi pagi pagi bisa dengar suara kicauan burung...tenang banget dah

      Hapus
  2. Impian banget nih pengen ke Kenawa dan Sumbawa
    Sudah masuk list destinasi impian tahun ini
    APa daya pandemi datang menyerang, semua agenda harus dischedule ulang deh
    Btw itu yang foto di bukit cakep banget euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa ke Kenawa ya kak...sangat indah disini, apalagi dekat dari lombok sayang kalo tak dilanjutkan perjalanannya

      Hapus
  3. Bagus banget mba pemandangannya. Semuanya kelihatan asri dan bersih ya.
    Pas nyebrang memang dari jam 9-12 malam mba? Apa nggak ada keberangkatan pagi/siang?

    BalasHapus
  4. Setiap bagian di wilayah Lombok sepertinya menawarkan keindahan alam yang luar biasa ya, kak.
    Pantai di pulau Kenawa cantik banget

    BalasHapus
  5. Waduh, baca postingan tentang Lombok lagi. Jadi tambah menggebu nih untuk segera jalan kesana. Semoga segera kesampaian.

    BalasHapus
  6. Waaah, setelah pandemi ini berakhir ada banyak destinasi yang harus dikunjungi nih. Salah satunya Sumbawa. Pemandangannya indah dan suasana lokalnya sangat kuat terasa.

    BalasHapus
  7. Wah ini bukit di pulau kenawa pas lagi ijo-ijo nya ya, saya pernah nulis juga nih tentang pulau nan eksotis di sumbawa ini tapi rumputnya sedang cokelat. Bersyukur banget di Indonesia punya tempat secantik ini, tugas kita adalah tetap menjaganya.

    BalasHapus
  8. Aku sering liat foto2nya di google, Sumbawa memang ga ada habisnya klo dieksplore.
    kapan ya bisa kesana, semoga bisa kesampaian deh :D

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah dengar tentang Pulau Kenawa. Ternyata ada lagi tempat indah di Indonesia yang wajib kayaknya dikunjungi kalau mau travelling. Paling tertarik sama foto Bukitnya sih Kak, kunik, vibenya kayak di luar negeri gitu padahal di Indonesia.

    BalasHapus
  10. Duh baca postingan ini aku malah mikir, kapan ya pandemi segera berakhir agar kita bisa traveling lag. Apalagi aku belum pernah ke Sumbawa. Hiks.

    BalasHapus
  11. Omg, sumbawa nggak kalah cantik dgn lombok ya..
    Emang indonesiauar biasa, banyak tempat menarik yg bisa dikunjungi

    BalasHapus
  12. perjalanan yang lumayan panjang dan melelahkan terbayar dengan keindahan bumi yang luar biasa. Bisa berkunjung disaat cuaca edang bagus dan rerumputannya hijau sungguh indah sekali

    BalasHapus
  13. Pulau Kanawa bagus ya. Seneng sih saya ke sini jadi nambah wawasan wisata di Indonesia sekaligus nambah pengetahuan geografis, jujur saya baru tau sama pulau Kanawa ini.

    BalasHapus
  14. Saya selalu sulit membedakan antara Kenawa dan Kanawa,padahal keduanya pulau berbeda ya
    Btw pulau kecil ini memang indah. Bukit dsn padang rumputnya indah, apalagi kalo pas warnanya ijo seger

    BalasHapus
  15. ah cantiknya pulau kenawa. btw, itu indomie ama telor 10 ribu ya, murah banget ya mbak. kukira daerah indonesia tengah dan timur tuh harga jajanan warung sampe 15 ribuan

    BalasHapus
  16. Masyaallah indah betul ya view daerah Indonesia yang satu ini. Seru juga perjalanannya sampai menginap di mushola meskipun ada yang ngorok. Hehehe

    BalasHapus
  17. Wah sewa motornya berapa ribu itu kak totalnya? Ini kakak sendirian ya ke sananya? Berani ey, aku baru ngerti kondisi kapal d dalam kayagitu, belum pernah naik kapal

    BalasHapus



Terimakasih Untuk Komentarnya