Langsung ke konten utama

5 Pengobatan Tradisional Demam Berdarah


Biasanya yang paling ditakutkan saat musim hujan selain banjir yakni demam berdarah. Kita pasti tau bahwa demam berdarah dengue merupakan penyakit  yang timbul akibat virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti.  

Demam berdarah dapat menyebabkan pendarahan organ dalam yang berakibat fatal apabila tidak diobati. Sayangnya, belum ditemukan satu jenis obat yang pasti mujarab menyembuhkan demam berdarah. Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk opname dan minum obat pereda nyeri seperti paracetamol atau aspirin guna meringankan gejalanya.

Setiap obat dan perawatan demam berdarah yang dilakukan oleh medis hanya untuk menangani dan memperbaiki sistem sirkulasi darah karena keadaan syok. Ini terjadi akibat pendarahan, yang mana keluarnya darah pada sel pembuluh darah agar segera kembali normal. Namun perlu kita ketahui bahwa demam berdarah bisa diobat dengan obat alami dan tradisional.


Jambu Biji Salah Satu Obat Tradisional Untuk Menaikkan Trombosit 
Infeksi DBD yang tidak mendapatkan penanganan secepat mungkin dapat  menyebabkan kadar trombosit tubuh menurun drastis sehingga jumlah sel darah merah menurun. Ini meningkatkan risiko penderita mengalami pendarahan dalam yang dapat menyebabkan kehilangan banyak darah.

Namun dijaman sekarang , sejumlah obat tradisional demam berdarah (DBD) ini dapat membantu meningkatkan kadar trombosit secara alami. Ada pula yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi untuk mempercepat proses penyembuhan.

Berikut beberapa obat tradisional yang di yakini mampu membantu menaikkan kadar trombosit secara alami, diantaranya :

Jambu Biji
Buah jambu biji  sudah terkenal sebagai  obat tradisional yang paling popular untuk DBD.Buah ini mengandung trombinol yang mampu merangsang trombopoietin. Trombopoietin adalah senyawa aktif dalam tubuh yang memicu pembentukan keping darah baru sehingga menaikkan jumlah trombosit. Jambu biji juga mengandung magnesium, zat besi, fosfor, dan kalsium yang ikut membantu meningkatkan jumlah keping darah. Fosfor khususnya membantu memperbaiki jaringan-jaringan di sekitar pembuluh darah yang rusak dan mengalami kebocoran.

Beras Angkak
Beras Angkak  adalah jenis beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Ada berbagai penelitian yang dilakukan untuk membuktikan angkak sebagai obat herbal DBD. Salah satunya adalah penelitian dari IPB tahun 2012 menunjukkan bahwa kapsul ekstrak angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus putih yang mengalami trombositopenia (kadar trombosit dalam darah rendah). Pemberian angkak yang meningkatkan kadar trombosit dapat membantu pasien DBD lebih cepat sembuh.

Echinacea
Pasti asing ya mendengar kata Echinacea, namu  apa itu Echinacea ? Echinacea merupakan tanaman herbal yang biasa digunakan untuk mengobati demam dan flu. Echinacea dapat memicu produksi protein dan interferon tambahan. Kedua zat ini berfungsi sebagai reaksi imun untuk melawan serangan bakteri dan virus, juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Daun papaya
Taukah bunda bahwa daun papaya  ternyata tidak hanya sedap dijadikan lauk makan nasi, daun pepaya juga berpotensi baik sebagai obat tradisional penyembuh DBD. ekstrak daun papaya dapat membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah pengidap demam berdarah. Ini diduga karena daun pepaya membantu menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue.

Caranya bisa dengan mencuci bersih 50 gram daun pepaya dengan air mengalir. Kemudian tumbuk daun hingga halus tapi jangan sampai menjadi bubuk. Seduh gerusan daun pepaya tersebut dan saring airnya. Kemudian minum air rebusan daun pepaya 3 kali dalam sehari sebagai obat demam berdarah alami.

Patikan Kebo
Patikan Kebo (Gulma) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di pekarangan. Tanaman ini juga diyakini punya manfaat kesehatan sebagai obat tradisional untuk DBD. Patikan kebo ini banyak digunakan dengan cara dibersihkan dan airnya direbus untuk diminum penderita DBD. Hasilnya didapat bahwa tanaman liar ini memang dapat mengurangi pembentukan plak virus DBD stereotip 1.

Nah itulah beberapa obat tradisional yang diyakini mampu membantu meningkatkan trombosit saat mengalami demam berdarah, Semoga bermanfaat untuk kita semua.


Komentar

  1. Selama ini aku pake nya angkak Ama jus jambu merah :). Tp sedihnya jambu merah skr naik juga, Krn katanya bisa utk naikin daya tahan tubuh. Ya kali td aku tanya harganya, 2 biji jambu ukuran biasa, 50 RB wkwkwkwkkw. Lgs ga jd beli. Kelewatan penjualnya. Dikira Krn dia jualan dlm komplek, bisa seenaknya naikin harga. Mnding beli buah lain.

    Echinacea aku prnh minum, tp dlm bntuk pil. Itu jg bgs memang. Banyak dijual di toko obat China

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid