3 Hari Berlibur di Lombok, Inilah Beberapa Tempat Wisata Yang Berhasil Aku Datangi

14 comments

Setelah aku menuliskan perjalanan panjang dari Batam menuju Lombok , trus cerita tentang kuliner Bebalung dan Ayam Plecing yang bikin ketagihan,  maka kali ini aku akan menceritakan beberapa tempat wisata yang berhasil aku kunjungi  selama berada dilombok.

Meski  jarak tempuh dari satu tempat ke tempat lain membutuhkan waktu 1-3 jam perjalanan menggunakan motor,  namun semua itu terobati juga oleh keindahan alam yang dimiliki Lombok. Disepanjang jalan kita bisa menemui sawah, pegunungan, laut yang indah, jalan aspal yang bersih, bagus dan pastinya jauh dari kemacetan kota besar. Dan yang aku suka dari Lombok adalah banyak nya masjid , sehingga tak ada alasan untuk tidak sholat ya, keculai lagi halangan.

Liburan tiga hari di Lombok sebenarnya tidak puas, karena memang satu tempat wisata bisa bikin malas balik saking indahnya alam disana. Namun yang namanya liburan ya, suka tak suka ya harus balik juga. Balik membawa kesan yang menyenangkan.



Bukit Merese Lombok
Bukit Merese Lombok

Pantai Kuta Lombok Mandalika

Pantai Kuta Mandalika berada di Desa Kuta Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat, Akses menuju ke mandalika dari bandara bisa menggunakan Damri ataupun taxi travel. Pantai Kuta sangat luas, berpasir putih, disana banyak para pedagang kain songket dan pernak Pernik dari Lombok mulai dari anak anak hingga lansia.

Saat aku berada di Pantai Kuta, baru turun dari motor sudah diserbu oleh para pedagang, hingga maaf , aku ngerasa terganggu banget. Jika kubeli barang dari satu pedagang, pedagang lain berdatangan menawarkan dagangannya bahkan sampai merengek gitu, aaah sebenarnya aku ingin bersantai lebih lama disini, tapi ya itulah moodku jadi hilang karena hal diatas.

Walau demikian aku tidak kapok untuk datang ke Kuta, sebab aku masih ingin melihat acara tahunan bau nyale, semoga masih ada waktu ku untuk menjelajah Lombok terutama daerah Kuta, sebab disini pantainya sangat indah.
Oh iya saat datang kesana Cuma bayar parker Rp 5.000 / motor.


Wisata Lombok Kuta Mandalika
Pantai Kuta Mandalika Lombok

Wisata Lombok Kuta Mandalika
Fasilitas Permainan Untuk Anak Anak di Pantai Kuta Mandalika Lombok

Wisata Lombok Kuta Mandalika
Pernak Pernik Yang di Jual di Kuta Mandalika Lombok


Bukit Merese

Bukit Merese artinya bukit gundul, Terletak di wilayah Lombok Selatan dekat dengan pantai Tanjung Aan dan  kuta Lombok.  Dari Bandara  International Lombok, bukit Merese bisa ditempuh dengan jarak satu jam, namun jika dari Mataram atau Senggigi bisa memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Bukit Merese tidak terjal sehingga sangat mudah mendakinya, cukup jalan 10 menit sudah bisa sampai keatas bukit untuk melihat keindahan alam disekitarnya. Jika ingin menyewa ojek juga bisa, namun bayar Rp 50.000 tapi rasanya sayang deh, karena aku yakin semua bisa mendakinya jika dalam keadaan sehat.

Sampai di atas bukit, siap siap mata dimanjakan oleh pemandangan laut yang luar biasa indahnya. Bukit bukit berbaris, pulau pulau yang indah, ombak tinggi menyapa, pasir putih yang mengundang untuk dijejaki, pokoknya  ajib dah. Bukit Merese ini bersebelahan dengan Pantai Tanjung Aan sehingga mampirlah jika waktu masih cukup.
Tiket masuk ke bukit Merese cukup membayar Rp 5.000/ motor.


Wisata Lombok Bukit Merese
Sapi sapi yang dilepas di bukit Meres untuk makan rumput

Wisata Lombok Bukit Merese
View dari atas bukit  Merese

Wisata Lombok Bukit Merese
View dari bukit Merese

Pantai  Tangsi / Pink Lombok

Duuh ngomong soal pantai yang satu ini rasanya pasti setiap orang ngebet ingin kesana untuk menikmati pantai yang berwarna unik ini ya. Tapi sebelum kamu kesana, kamu harus tau bahwa pantai Pink yang berada  di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur ini tidak setiap saat berwarna pink/merah.

Ada jam tertentu pantai ini akan terlihat berwarna pink, seperti antara jam 8 pagi hingga jam 12 siang, dimana pantulan cahaya matahari yang membuat pasir dipantai menjadi terlihat kemerahan. Diatas jam tersebut bisa jadi tidak menemukan keunikan yang dicari.

Seperti yang aku alami, jauh jauh menempuh perjalanan yang sepi sekitar 1.5 jam ditambah jalanan bebatuan kerikil hingga hampir satu jam, ternyata sampai di Pantai warna pasirnya tetap sama, putih…hiks hiks.. belum lagi sampai disana banyak anjing yang berkeliaran membuat moodku benar benar HILANG!!

Masuk ke Pantai Pink dikenakan tiket masuk Rp 10.000/ orang.

Asli,  medan jalan menuju pantai Pink kurang bagus, sehingga kalo mau kesini pakai motor, Pleaseee pastikan kendaraanmu dalam keadaan sehat, jika terjadi kendala sedikitpun carilah bengkel yang bisa kamu temukan selama perjalanan. Pantai ini benar benar jauh dari keramaian gaes, kalo mau bilang aku kapok , jawabnya iya... mungkin pengalaman tak menyenangkan juga kudapat disini sehingga aku gak tertarik buat balik kesini, hingga tulisan ini aku buat. Namun ntah beberapa tahun kemudian ketika akses jalannya udah bagus.

Untuk menghilangkan rasa kecewa karena tak bisa melihat warna gradasi pink dari pantai, aku pun ke bukit teletubis yang ada diujung pantai, disini barulah moodku mulai membaik, hamparan bukit nan hijau itu ternyata mengobati rasa kecewaku.


Wisata Lombok Pantai Pink
Pantai Pink yang tidak Pink setiap saat

Wisata Lombok Pantai Pink
Pantai Pink dari Bukit Teletubisnya

Wisata Lombok Pantai Pink
Bukit Teletubis nya Pantai Pink

Pusuk Sembalun

Pusuk Sembalun sepertinya sedang naik daun dikalangan para traveler sebab keindahan alamnya tak terbantahkan, sehingga tak heran disana tersedia beberapa tempat untuk berfoto agar para travller bisa mengabadikan moment disana.

Pusuk Sembalun ini berada di kawasan lereng Gunung Rinjani tepatnya dijalan Wisata Gunung Rinjani Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun Lombok Timur. Darimana pun kalian berada gunakan saja GPS insyaalllah akan sampai, namun jika ragu bisa bertanya pada penduduk yang dijumpai selama menempuh perjalanan.

Lokasi Pusuk Sembalun sendiri berada di ketinggian 1.250 mdpl sehingga menjadikan tempat ini dingin dan tentunya menyegarkan mata , karena disekitaran pusuk  SembalunTuhan memberikan  suguhan bukit pergasingan  dan pepohonan hijau.


Wisata Lombok Pusuk Sembalun
Jalan Menuju Pusuk Sembalun

Wisata Lombok Pusuk Sembalun
Jalan Raya Menuju Sembalun


Wisata Lombok Pusuk Sembalun
Taman dengan view bukit pergasingan  saat menuju pusuk sembalun Lombok

Kali ini Aku kurang beruntung karena saat tiba di Pusuk Sembalun kabut mulai datang sehingga pemandangan bukit bukit yang indah langsung tertutup kabut pekat. Ditambah lagi terdapat banyak monyet liar, sehingga kita harus waspada dengan bawaan kita ya.


Wisata Lombok Pusuk Sembalun
Disambut Kabut Saat Sampai di Puncak Pusuk Sembalun

wistaa Pusuk Sembalun Lombok
Cuma bisa liat begini, padahal kalo cerah Indahnya Luar Biasa View di Pusuk Sembalun Lombok

Wisata Gunung Rinjani Lombok
View Gunung Rinjani saat menuju Pusuk Sembalun

Nah itulah beberapa tempat wisata di Lombok yang berhasil aku datangi.  Dan dari hatiku yang paling dalam, aku cinta sama keindahan alam nya, kalo ditanya masih ingin ke Lombok ? jawabnya YES, I DO!!

Yang perlu diingat :
Rata rata tempat wisata di Lombok jauh jauh dan transportasi umum tak selalu ada, jadi baiknya menyewa motor saja perharinya mulai dari 65K-100K tergantung jenis motornya. Kalo aku pilih Vario harganya 80K/ hari, kalo rame rame enaknya sewa mobil + supirnya. 









Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

14 komentar

  1. kece badai poto-potonya.. jadi mau ke Lombok semoga dimampukan suatu saat jalan-jalan ke Lombok hehe

    BalasHapus
  2. Wah indah sekali pemandangan di Lombok. Sayang perjalanan wisatanya agak terganggu dengan pedagang ya waktu di Pantai Kuta Mandalika. Aku juga males mau beli kalo modelnya dikerubutin gitu :(

    BalasHapus
  3. Wah aku kemarin seminggu di Lombok tapi belum sempat mampir ke pantai pink, kalau pantai mandalika, bukit merese, Pusuk sembalun sudah tak jelajahi, semoga setelah pandemi bisa ke Lombok lagi.

    BalasHapus
  4. Wah seru nanti kalau kapan-kapan ke lombok. Apalagi membawa keluarga menyenangkan sekali ya...

    BalasHapus
  5. Wah pemandangan pantainya bagus banget. Pasti betah nih berlama-lama menikmati keindahan pantainya. Harga tiketnya juga cukup terjangkau ya. .jadi kepengen juga saya kesana😊

    BalasHapus
  6. πŸ’™πŸ’™πŸ’™ 'ga pernah bosan ke Lombok πŸ’™πŸ’™πŸ’™ lebih sepi dari Bali. seminggu di Lombok pun masih kurang ☺️

    BalasHapus
  7. Waah, semua tempat yang diceritakan itu pingin kudatangi semua. Semoga ada waktu dan rejeki ke sana

    BalasHapus
  8. tempat-tempat wisata di Lombok keren-keren ya, Mbak Sarah, walau saling berjauhan, karena harus ditempuh 1-3 jam. Makanya paling maksimal itu sehari 2 wisata saja. Malah kalau wisatanya seru dan banyak yang dijelajahi, ya 1 tempat saja.
    Tiket masuknya juga murah, 5 ribu dan 10 ribu.
    Keren nih, Mbak. Semoga saya bisa ke Lombok juga. Aamin.

    BalasHapus

  9. gila keren banget. jadi pengen kesana

    BalasHapus
  10. Saya paling seneng baca blog dari teman-teman yang mereview hasil perjalanan wisatanya. Walau belum pernah ke tempat itu namun jadi ada referensi jika mau kesana.

    BalasHapus
  11. Aah..aku blm ke Pantai Pink,padahal ingin sekali melihat gradasi pink nya. Ternyata tidak selalu ya mba? Semoga bisa segera kembali melihat keindahan Lombok lagi. Aamiin..

    BalasHapus
  12. Mba Sarah, kakakku pulang dari Lombok tahun lalu langsung nyobain resep Ayam Plecing endeus banget hehe. Btw, masyaallah indah banget pemandangan tempat2 wisata di Lombok ya Mbak

    BalasHapus
  13. Pantai Kita dan Bukit Merese itu dua destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Harus ke sana.
    Sayang saat saya ke Kuta, bukit ini belum diperkenalkan.

    BalasHapus
  14. Kalau suatu waktu saya ke Lombok, kemungkinanya sewa mobil saja itupun kalau ada sopir, saya tidak tahu bawa motor soalnya.

    BalasHapus

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)