Selasa, 03 September 2019

Merajut Harmoni dalam Keberagaman Ras di Indonesia

Indonesia merupakan negeri unik yang memiliki berbagai ras yang sangat beragam. Keberagaman ras  ini disebabkan karena luasnya wilayah Indonesia yang terbentang dari  ujung barat hingga timur. Keberagaman ini mengharuskan kita memiliki tenggang rasa dan berlapang dada agar bisa menjalani hubungan dengan baik. Nah, berikut ini beberapa tips agar kita bisa menjalin harmoni dalam keberagaman. 


Keberagaman Ras



Jangan Terpaku pada Stigma Kesukuan

Salah satu masalah yang perlu diatasi dari keberagaman kita adalah rasa superior terhadap suku atau daerah. Etnosentrisme ini dapat merusak keharmonisan kita dalam berbangsa dan bernegara. Memang merasa bangga pada suku atau daerah yang menjadi tempat kita lahir dan tumbuh besar adalah suatu hal yang wajar, namun jangan sampai rasa bangga tersebut membuat kita memandang suku lain rendah dan sebelah mata. 
Tidak hanya itu, ada juga banyak mitos beredar tentang suku-suku yang ada di Indonesia. Seperti suku A terkenal pelit, suku B yang bersikap kasar dan sebagainya. Terlepas dari identitas kesukuan yang dimiliki seseorang, ada baiknya kita tidak menilainya hanya dari penampilan luar saja. Keberagaman ras mengajarkan kita untuk mengenal seseorang lebih jauh, tidak terhalang dari berbagai stigma dan mitos kesukuan.

Coba Membuka Diri pada Teman Baru 

Beberapa di antara kita mungkin agak canggung saat bertemu orang baru. Apalagi jika penampilan orang itu tampak asing dan tidak akrab dengan lingkungan kita sebelumnya. Berhati-hati memang harus, namun bukan berarti Anda bisa selalu mengabaikan teman satu kelas atau rekan satu tim dan hanya berbicara seperlunya. 
Anda bisa mencoba untuk membuka diri dengan teman baru. Tidak hanya memperluas koneksi, berbicara dan berdiskusi dengan teman berlatar belakang berbeda dapat memperluas pengetahuan dan pandangan. Cara ini dapat membantu Anda agar tidak selalu dalam prasangka dan lebih menghargai keberagaman yang ada. 

Tumbuhkan Rasa Toleransi dalam Diri 

Selain dua langkah di atas, Anda juga perlu menumbuhkan rasa toleransi terhadap hal-hal di luar pemahaman dan kebiasaan yang Anda miliki sebelumnya. Mungkin hal ini sedikit sulit apalagi jika Anda sudah terbiasa tinggal di lingkungan seragam sejak kecil. 
Keberagaman ras, budaya dan agama yang sangat kompleks di Indonesia memerlukan kelapangan dada dan toleransi yang tinggi untuk menghadapinya. Cobalah memahami bahwa setiap orang lahir dengan pemahaman serta keyakinan yang berbeda. Hargai dan berilah kesempatan pada orang lain untuk melaksanakan budaya dan agama yang ia anut. 

Tumbuhkan Rasa Simpati dan Empati

Tidak hanya toleransi, kita juga perlu menumbuhkan rasa simpati dan empati pada diri kita. Kedua rasa inilah yang menjadikan kita sebagai manusia utuh. Perasaan belas kasih dan sayang pada seseorang saat tertimpa musibah dapat melanggengkan keharmonisan sosial. Rasa empati juga perlu ada agar kita tidak sembarangan menghakimi dan berkomentar atas tindakan dan keputusan seseorang. 
Bertemu banyak orang, memperhatikan masalah dan tantangan yang mereka hadapi dapat menumbuhkan rasa simpati dan empati Anda. Bergabung pada komunitas dan ikut dalam kegiatan sukarelawan akan membuat Anda memahami kedua perasaan ini. 

Temukan Persamaan di antara Perbedaan 

Meski memiliki keberagaman ras yang kompleks, jangan lupa kalau kita juga memiliki banyak persamaan. Dari berbagai macam bahasa daerah, kita masih berbicara bahasa nasional, menyukai jajanan pasar, hingga mungkin menyukai genre musik yang sama. Daripada sibuk mencari perbedaan dari ujung kaki hingga kepala, bukankah menemukan persamaan-persamaan yang ada pada diri saudara kita terdengar lebih indah? 

Menghargai keberagaman ras dengan sikap-sikap di atas bisa membantu kita menjalin keharmonisan dalam berinteraksi dengan sesama. Jika terdapat perbedaan paham, bersantai sambil meminum teh hangat dapat membuat pikiran kita lebih relaks sehingga bisa berdiskusi lebih tenang dan nyaman. Saling menghargai, toleransi dan fokus pada persamaan adalah kunci agar kita tetap harmonis dalam berbangsa dan bernegara.

1 komentar:

  1. Penting banget nih memahami berbagai keragaman di negara kita tercinta ini.
    Secara kita terdiri dari banyaaakk banget macam-macamnya, suku, budaya dan semacamnya.

    Dan memang penting banget agar kita mau membuka diri berbaur dengan semua golongan

    BalasHapus