Kamis, 26 September 2019

Cara Pasang Charger Motor Tanpa Merusak Body Dan Perkabelan


Charger merupakan perangkat yang sering bahkan paling dibutuhkan bagi para pengguna ponsel. Dimanapun dan kapanpun orang-orang pasti akan membutuhkannya. Apalagi kebutuhan akan ponsel saat ini sangat berkembang pesat. Mulai dari anak-anak hingga lansia. Mulai dari untuk sekedar bermain game sampai untuk menghasilkan uang. Semuanya menggunakan ponsel. Di dukung pula dengan fitur yang canggih cukup membuat orang-orang tidak bisa lepas dengan ponsel. 
Jadi dimanapun kapanpun baterai ponsel harus terisi. Namun bagaimana jika sedang dalam perjalanan? Saat ini sudah banyak yang bisa men-charger ponsel saat di perjalanan. Charger tersebut bisa di pasang pada mobil atau pada motor. Yang paling banyak digunakan ialah charger pada motor. Sebenarnya charger ini bisa Anda pasang sendiri pada motor Anda. Ada beberapa cara pasang charger motor secara mudah dan cepat tanpa merusak body maupun merusak perkabelan bawaan motor.

charger motor


Pertama, gunakan charger USB yang inputnya berasal dari arus DC motor 12V . Anda bisa menemukannya di toko online dengan berbagai macam pilihan. Jika ada carilah yang memiliki kelebihan waterproof. Anda juga bisa menggunakan charger USB yang memiliki dudukan ke setang motor. Terdapat 2 kabel yang harus dihubungkan dengan kelistrikan pada motor. Untuk kabel yang berwarna merah disambungkan ke arus positif sedangkan kabel hitam dihubungkan dengan massa/arus negatif.
Yang menjadi kendala utama saat memasang charger motor ialah bagaimana mencari sumber arusnya. Cara termudah untuk mengaksesnya dan tidak perlu merusak perkabelan adalah memanfaatkan switch rem. Di dalam switch rem terdapat 2 kabel, yaitu kabel masukkan dan keluaran. Pada kabel masukkan terdapat arus positif saat kunci kontak pada posisi on. Sedangkan kabel keluaran hanya teraliri arus positif saat tuas rem ditekan. Pilihlah kabel masukan pada switch rem.
Berikutnya lepas baut pemegang switch rem menggunakan obeng positif. Lalu lepas soket pipih model colok pada switch rem dan pasang kabel positif charger warna merah pada dudukan soket yang telah dilepas tadi. Caranya masukkan kabel tembaga kedalam lubang kecil yang ada pada dudukan soket. Kabel bermuatan positif memanfaatkan arus masukan pada switch rem tersebut. 
Kemudian ulirkan kabel tembaga agar menjadi rapat. Setelah itu masukkan kembali kabel soket bawaan motor pada dudukannya. Charger motor ini memiliki kabel tembaga yang akan terjepit masuk kedalam soket switch rem. Setelah melakukan pemasangan arus positif untuk kabel charger, jangan langsung pasang switch rem ke tempatnya. Hal itu dikarenakan karena bautnya masih digunakan. 
Setelah langkah pertama selesai, berikutnya cari arus negatif atau massanya (warna hitam). Hubungkan kabel negatif charger pada baut terdekat yang ada. Anda bisa memanfaatkan saja baut pengikat switch rem. Lalu kabel negatif bisa Anda jepit pada dudukan switch rem. Kabel tembaga Anda lingkarkan pada baut pemegang switch rem, lalu pasang kembali switch rem pada tempatnya. Setelah itu charger motor Anda sudah dapat digunakan. Anda hanya tinggal mengatur penempatan kepala charger misalnya pada setang atau pada laci penyimpanan barang.  
Jika ingin lebih rapih, sembunyikam kabel di bawah batok setang. Pastikan saat Anda belok kanan atau kiri kabel charger  tidak tertarik. Itulah beberapa cara mudah memasang charger motor anpa merusak body atau perkabelan motor. Charger ini tentunya sangat bermanfaat saat bepergian jauh/touring . Ponsel Anda tidak akan kehabisan daya saat digunakan untuk navigasi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar