Langsung ke konten utama

Taman Putroe Phang dan Taman Sari Gunongan- Banda Aceh

Saat memilih berlibur ke Banda Aceh, pastikan kita mengatur itennary perjalanan ketempat wisata yang akan kita kunjungi, karena Aceh ternyata memiliki banyak tempat wisata yang untuk bersantai, sayang kan jika ke Aceh hanya menghabiskan waktu di satu tempat saja ?

Tour 1 hari ini, kami gunakan untuk berkeliling kota Banda Aceh, Selain berkunjung dari Masjid Ke Masjid dan mendatangai Museum Tsunami Aceh, kami juga mendatangi sebuah taman yang menurutku sangat nyaman untuk tempat bersantai, bermain, bahkan untuk foto2. Taman ini bernama Taman Putroe Phang, Taman yang diresmikan kembali maret 2009 ini terbilang bersih, karena masyarakat yang berkunjung kesini taat dengan peraturan untuk tidak membuang sampah sembarangan, sehingga saat bersantai disini, mata pun sangat nyaman memandang taman ini.. eeitt.. bukan hanya tempat bersantai saja loh , ternyata ada sejarah nya juga taman ini dibuat dahulunya.

Secara garis bersarnya saja ya, Taman Putroe Phang ( Taman Putri Pahang ) adalah taman yang dibuat oleh Sultan Iskandar Muda semasa kepemimpinannya ( 1607-1636 ) untuk sang Permaisuri tercintanya yang berasal dari Kerajaan Pahang Malaysia. Dibangun Taman ini bertujuan agar Sang Permaisuri tidak merasa kesepian jika ditinggal Sultan menjalankan Tugas. Wah wah sebegitu besarnya cinta sang Sultan ya kepada Permaisurinya.. :) :)

Tak jauh dari taman nampak sebuah bangunan kecil ditengah2 kolam, Bangunan ini seperti kubah dan disebut Pintoe Khop. Nah Pintoe Khop ini merupakan pintu gerbang yang menghubungkan taman dengan istana dahulunya.

Baca juga  wisata museum tsunami 



Taman Putroe Phang
Pintoe Khop


Taman Putroe Phang




Taman Putroe Phang
Tempat mandi Sang Permaisuri

Selain itu di Area taman ini juga terdapat 2 jembatan gantung, untuk menyebrangi kolam ini, Jembatan ini nampak cantik dan kokoh, sehingga saat kami melewati berlima goyangan nya pun tidak begitu terasa. Ada juga disediakan tempat duduk lengkap dengan payungnya yang biasa dipakai oleh anak anak remaja bersantai, kemudian fasilitas palyground-Nya yang lumayan bikin anak anak kecil betah bermain.

Baca juga

Rumah Cut Nyak Dhien - Aceh


Taman Putroe Phang
Jembatan Gantung yang kokoh


Taman Putroe Phang
Suasana Kolam yang tenang dan bersih


Taman Putroe Phang
tempat Bersantai

Taman Putroe Phang
Play ground untuk anak anak



Taman Putroe Phang
Gerbang yang atap dicat pink..jadinya cerah eeii


Setelah puas berkeliling ditaman Putroe Phang, kami dibawa ke Taman sari Gunongan yang lokasinya tak jauh dari sini. Suasana disini pun sepi, tenang dan bersih, Saat ini hanya kami ber lima disini, Alhasil kami sangat puas berkeliling disini. Gunongan ini cantik sekali, bentuknya seperti bunga bersegi segi dan atasnya berbentuk mahkota, Sebelum sampai kepuncak gunongan ini, kami harus melalui pintu besi dan lorong2...aaah kukira disini tempat yang cocok untuk bermain petak umpat, ternyata ini tempat sang Permaisuri bercengkrama dengan dayang2 nya, tempat berganti pakaian dan mengeringkan rambut seusai berenang di kolam pemandian.


Taman Sari Gunongan
Saya tidak sedang dijeruji besi..namun di Gunongan sang Permaisuri

Taman Sari Gunongan
Gunungan yang cantik dan Kokoh



Taman Sari Gunongan
Makam Sultan Iskandar Thani  (Menantunya Sultan Iskandar Muda )


Bangunan ini bukti dan nyata , bahwa begitu besar rasa cinta sang Raja kepada Permaisurinya..Patut berbangga Hati melihat bukti sejarah ini masih tetap terawat sampai saat ini. Yuk ah ikut menjaga keberadaan Sejarah ini, ketika berkunjung kesini ceritakanlah kembali kepada Dunia semampumu..








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid