Langsung ke konten utama

Lestarikan Cantikmu Bersama Hasil Komoditas Asal Indonesia

CANTIK, semua wanita berlomba lomba untuk bisa tampil cantik saat ini, berbagai macam cara dilakukan demi bentuk tubuh dan wajah yang diinginkan. Apalagi skin care jaman sekarang itu banyak banget pilihannya dari yang termurah hingga mahal pun ada, semua mengiming imingi membuat wajah menjadi bersih bersinar licin bak jalan yang baru diaspal, heheh. 


Lestarikan Cantikmu Bersama Komoditas Lokal


Namun apakah kita yakin semua skin care aman ? cocok diwajah/tubuh ? atau malah merusak wajah karena ternyata bahan yang digunakan sangat berbahaya. Untuk itu sebelum membeli ada baiknya kita selalu membaca label produknya terlebih dahulu, sehingga kita tak asal membeli lantaran karena promonya saja.


Kenali Produk Kecantikan Melalui Cek Label


Kenali Produk Kecantikan / Perawatan Dirimu Dimulai Dari Cek Label

Sebagai pengguna skin care, Aku sendiri sebelum membeli produk yang pertama aku lakukan adalah mengecek label yang ada di produk tersebut seperti :

Manfaat Produk

Membaca manfaat dari produk yang akan dibeli ini penting, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan kulitku yang cenderung berminyak. Karena jika tak sesuai dengan jenis kulitku bisa bisa malah tidak cocok diwajahku, dan ini bisa berdampak kulit jadi berjerawat.


Tanggal, Bulan Dan Tahun Kadaluwarsa Produk

Membaca tanggal, bulan dan tahun kadaluwarsa produk juga penting, sebab biasanya satu package produk itu Aku memakai hingga 3 bulan dan jika packagenya besar bisa saja Aku menggunakannya hingga 6 bulan bahkan lebih. 


Bahan Yang Digunakan

Setelah membaca manfaat dan tahun kadaluwarsa dari produk, biasanya Aku membaca bahan bahan yang mereka gunakan, apakah mengandung bahan bahan alami yang aman untuk kulit, atau adakah mengandung bahan yang nantinya bisa merusak kulitku akibat pemakaian jangka panjang.


Aturan Pakai Produk

Aturan pakai dari produk yang akan dibeli juga perlu diperhatikan, jangan sampai kelebihan dari dosis yang telah ditentukan.


Registrasi BPOM

Merasa aman jika Aku sudah melihat registrasi BPOM pada label produk yang akan Aku beli, karena jika sudah ada registrasi artinya produk tersebut sudah di uji coba keamanannya.


Sertifikat Halal Dari MUI

Sertifikat Halal Dari MUI ini penting untuk Aku yang muslim agar terhindar dari bahan bahan yang tidak diperbolehkan dalam ajaranku.


Berbicara tentang mempercantik diri tentu berkaitan dengan bahan bahan dasar yang digunakan untuk membuat produk tersebut. Dan Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya dengan sumber daya alamnya. Beberapa komoditas lokal yang diandalkan tentunya harus dipertahankan agar terus dan terus menjadi komoditas berkelanjutan yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.


Komoditas Lokal Asal Indonesia Untuk Kecantikan Dan Kesehatan



Berikut ini beberapa Komoditas Lokal Asal Indonesia Yang Dapat Digunakan Sebagai Produk Kosmetik Dan Kesehatan 

Kelapa Sawit

Kita pasti tau bahwa komoditas kelapa sawit ini memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia, sebab hasil dari kelapa sawit ini bisa dijadikan berbagai macam produk kecantikan dan kesehatan. Jika Ekonomi tumbuh pesat maka  masyarakat sejahtera 


Namun seiring bertambahnya permintaan sawit, maka banyak lahan lahan yang menjadi korban demi perluasan lahan sawit, bukan hanya lahan tapi juga masyarakat mengalami dampak perluasan lahan yang tidak ramah lingkungan dan ramah sosial karena cara expansinya yang salah yakni dengan membakar. 


Semoga kedepannya ada cara yang lebih ramah lingkungan sehingga tak ada yang dirugikan dengan kegiatan expansi lahan.


Adapun produk kesehatan dan kecantikan yang bisa di olah dari minyak sawit ini adalah Sabun Mandi, Pasta Gigi, Lipstik, Shampoo, dan masih banyak lagi


Madu

Indonesia memiliki banyak sekali jenis madu, baik itu madu yang dibudidayakan dalam peternakan maupun madu yang diambil langsung dari hutan. Untuk madu yang mengambil dari hutan, keaslian dan kemurniannya tentulah lebih terjaga karena langsung dari hutan. 


Adapun produk kesehatan dan kecantikan yang bisa diolah dari madu adalah Sabun Mandi, Body Lotion, Pelembab Wajah, Masker dan masih banyak lagi.


Rempah

Rempah memiliki peran penting terhadap kehidupan masyarakat lokal, dan Kementrian Perdagangan mencatat kinerja ekspor rempah Indonesia berada pada peringkat ke enam dengan pangsa pasar 6,03%.  Rempah-rempah Indonesia banyak digunakan untuk produk kosmetik, farmasi dan bumbu masak tentunya.


Rempah Indonesia dipercaya oleh negara negara lain karena memiliki kualitas terbaik. Negara-negara seperti dari kawasan Timur Tengah, dan Eropa adalah negara yang sering mengekspor rempah-rempah dari Indonesia, seperti cengkeh, pala, merica, kayu manis, dan masih banyak lagi.


Adapun produk kesehatan dan kecantikan yang bisa diolah dari rempah-rempah adalah lulur, masker, sabun mandi, dan masih banyak lagi.


Itu hanya beberapa contoh komoditas lokal asal  Indonesia yang memiliki potensi besar untuk diolah menjadi bahan produk kecantikan dan kesehatan. Disisi lain hasil komoditas yang melimpah ini semoga bisa di kelola dengan baik sehingga lingkungan terjaga, dan kita semua bisa merasakan semua dampaknya. #LestarikanCantikmu dengan memberdayakan hasil komoditas lokal asal Indonesia secara bijak. 


 












Komentar

  1. Banyak komoditas lokal yang bermanfaat untuk kecantikan ya tinggal dimanfaatkan dengan baik tanpa merusak lingkungan

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid