Lestarikan Cantikmu Bersama Hasil Komoditas Asal Indonesia

1 comment

CANTIK, semua wanita berlomba lomba untuk bisa tampil cantik saat ini, berbagai macam cara dilakukan demi bentuk tubuh dan wajah yang diinginkan. Apalagi skin care jaman sekarang itu banyak banget pilihannya dari yang termurah hingga mahal pun ada, semua mengiming imingi membuat wajah menjadi bersih bersinar licin bak jalan yang baru diaspal, heheh. 


Lestarikan Cantikmu Bersama Komoditas Lokal


Namun apakah kita yakin semua skin care aman ? cocok diwajah/tubuh ? atau malah merusak wajah karena ternyata bahan yang digunakan sangat berbahaya. Untuk itu sebelum membeli ada baiknya kita selalu membaca label produknya terlebih dahulu, sehingga kita tak asal membeli lantaran karena promonya saja.


Kenali Produk Kecantikan Melalui Cek Label


Kenali Produk Kecantikan / Perawatan Dirimu Dimulai Dari Cek Label

Sebagai pengguna skin care, Aku sendiri sebelum membeli produk yang pertama aku lakukan adalah mengecek label yang ada di produk tersebut seperti :

Manfaat Produk

Membaca manfaat dari produk yang akan dibeli ini penting, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan kulitku yang cenderung berminyak. Karena jika tak sesuai dengan jenis kulitku bisa bisa malah tidak cocok diwajahku, dan ini bisa berdampak kulit jadi berjerawat.


Tanggal, Bulan Dan Tahun Kadaluwarsa Produk

Membaca tanggal, bulan dan tahun kadaluwarsa produk juga penting, sebab biasanya satu package produk itu Aku memakai hingga 3 bulan dan jika packagenya besar bisa saja Aku menggunakannya hingga 6 bulan bahkan lebih. 


Bahan Yang Digunakan

Setelah membaca manfaat dan tahun kadaluwarsa dari produk, biasanya Aku membaca bahan bahan yang mereka gunakan, apakah mengandung bahan bahan alami yang aman untuk kulit, atau adakah mengandung bahan yang nantinya bisa merusak kulitku akibat pemakaian jangka panjang.


Aturan Pakai Produk

Aturan pakai dari produk yang akan dibeli juga perlu diperhatikan, jangan sampai kelebihan dari dosis yang telah ditentukan.


Registrasi BPOM

Merasa aman jika Aku sudah melihat registrasi BPOM pada label produk yang akan Aku beli, karena jika sudah ada registrasi artinya produk tersebut sudah di uji coba keamanannya.


Sertifikat Halal Dari MUI

Sertifikat Halal Dari MUI ini penting untuk Aku yang muslim agar terhindar dari bahan bahan yang tidak diperbolehkan dalam ajaranku.


Berbicara tentang mempercantik diri tentu berkaitan dengan bahan bahan dasar yang digunakan untuk membuat produk tersebut. Dan Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya dengan sumber daya alamnya. Beberapa komoditas lokal yang diandalkan tentunya harus dipertahankan agar terus dan terus menjadi komoditas berkelanjutan yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.


Komoditas Lokal Asal Indonesia Untuk Kecantikan Dan Kesehatan



Berikut ini beberapa Komoditas Lokal Asal Indonesia Yang Dapat Digunakan Sebagai Produk Kosmetik Dan Kesehatan 

Kelapa Sawit

Kita pasti tau bahwa komoditas kelapa sawit ini memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia, sebab hasil dari kelapa sawit ini bisa dijadikan berbagai macam produk kecantikan dan kesehatan. Jika Ekonomi tumbuh pesat maka  masyarakat sejahtera 


Namun seiring bertambahnya permintaan sawit, maka banyak lahan lahan yang menjadi korban demi perluasan lahan sawit, bukan hanya lahan tapi juga masyarakat mengalami dampak perluasan lahan yang tidak ramah lingkungan dan ramah sosial karena cara expansinya yang salah yakni dengan membakar. 


Semoga kedepannya ada cara yang lebih ramah lingkungan sehingga tak ada yang dirugikan dengan kegiatan expansi lahan.


Adapun produk kesehatan dan kecantikan yang bisa di olah dari minyak sawit ini adalah Sabun Mandi, Pasta Gigi, Lipstik, Shampoo, dan masih banyak lagi


Madu

Indonesia memiliki banyak sekali jenis madu, baik itu madu yang dibudidayakan dalam peternakan maupun madu yang diambil langsung dari hutan. Untuk madu yang mengambil dari hutan, keaslian dan kemurniannya tentulah lebih terjaga karena langsung dari hutan. 


Adapun produk kesehatan dan kecantikan yang bisa diolah dari madu adalah Sabun Mandi, Body Lotion, Pelembab Wajah, Masker dan masih banyak lagi.


Rempah

Rempah memiliki peran penting terhadap kehidupan masyarakat lokal, dan Kementrian Perdagangan mencatat kinerja ekspor rempah Indonesia berada pada peringkat ke enam dengan pangsa pasar 6,03%.  Rempah-rempah Indonesia banyak digunakan untuk produk kosmetik, farmasi dan bumbu masak tentunya.


Rempah Indonesia dipercaya oleh negara negara lain karena memiliki kualitas terbaik. Negara-negara seperti dari kawasan Timur Tengah, dan Eropa adalah negara yang sering mengekspor rempah-rempah dari Indonesia, seperti cengkeh, pala, merica, kayu manis, dan masih banyak lagi.


Adapun produk kesehatan dan kecantikan yang bisa diolah dari rempah-rempah adalah lulur, masker, sabun mandi, dan masih banyak lagi.


Itu hanya beberapa contoh komoditas lokal asal  Indonesia yang memiliki potensi besar untuk diolah menjadi bahan produk kecantikan dan kesehatan. Disisi lain hasil komoditas yang melimpah ini semoga bisa di kelola dengan baik sehingga lingkungan terjaga, dan kita semua bisa merasakan semua dampaknya. #LestarikanCantikmu dengan memberdayakan hasil komoditas lokal asal Indonesia secara bijak. 


 












Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

  1. Banyak komoditas lokal yang bermanfaat untuk kecantikan ya tinggal dimanfaatkan dengan baik tanpa merusak lingkungan

    BalasHapus

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)