Langsung ke konten utama

Teladan Dari Kisah Nabi Adam

Sebagaimana kisah nabi lainnya yang bisa kita teladani dan kita petik pelajarannya untuk menjalani kehidupan sehari hari didunia ini, kali ini adalah kisah tentang Nabi Adam yang mengandung banyak makna dan teladannya untuk umat manusia. Sebagai umat muslim, kita tentu mengetahui  kisah Nabi Adam   yang Kita tau  merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT.


Teladan dari kisah Nabi Adam


Allah menciptakan Nabi Adam dengan bentuk yang sempurna dan lengkap. Nabi Adam memiliki tinggi 60 hasta atau sekitar 18 meter, tentunya ukuran ini sangat berbeda dengan manusia saat ini. Banyak riwayat menyebutkan bahwa Nabi Adam memiiki umur 1.000 tahun. 


Adapun kisah mengenai penciptaan Nabi Adam, Allah telah lebih dulu mengabarkan pada malaikat bahwa Dia akan menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi ,sebagaimana dalam firman Allah dalam  AL Qur’an surat Al Baqarah ayat 30.


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa manusia tercipta dari seripati tanah sebagaimana dalam surah As Sajadah ayat 6-9 kemudian juga terdapat dalam surah Al Hijr ayat 26.


Setelah Nabi Adam diciptakan, Allah kemudian memerintahkan malaikat dan iblis bersujud padanya, Malaikat mematuhi perintah Allah SWT dan bersujud kepada Nabi Adam, namun berbeda dengan iblis yang menolak melakukan hal tersebut karena merasa dirinya lebih mulia dan lebih tinggi derajatnya karena iblis diciptakan dari api sedangkan Nabi Adam  diciptakan dari tanah. Hal ini pun ada penjelasannya dalam Al Baqarah ayat 34.


Kesombongan iblis membuat Allah murka. Iblis pun dikeluarkan dari surga karena durhakap pada perintah Allah. Namun iblis telah bersumpah untuk menggoda Nabi Adam dan seluruh keturunannya agar berbuat kejelekan dan keburukan.


Berikut ini adalah teladan yang bisa kita petik dari kisah Nabi Adam.


1. Siti Hawa adalah istri yang sabar dan setia

Siti Hawa mendampingi Nabi Adam sejak ia diciptakan oleh Allah SWT untuk bersama Nabi Adam selamanya. Siti Hawa adalah sosok yang setia dan sabar namuni ia goyah ketika iblis menggodanya untuk memakan buah kuldi. Hingga ia marah kepada Nabi Adam ketika Nabi Adam menolak mencoba buah kuldi seperti dirinya. Siti Hawa yang termakan godaan iblis membangkang kepada Nabi Adam dan juga Allah SWT sehingga ia diturunkan ke bumi secara terpisah dengan Nabi Adam.


Yang bisa dipetik dari kisah ini adalah istri harus sabar dan patuh terhadap suaminya. Jika suami bilang " tidak "  demi kebaikan maka janganlah dilakukan, karena melanggar larangan suami sama dengan melanggar perintah Allah.


2. Sifat Nabi Adam bisa dijadikan pelajaran

Nabi Adam terkena godaan wanita yaitu Siti Hawa yang merupakan istrinya sendiri. Karena tidak ingin membuat istrinya marah, ia melanggar larangan Allah untuk tidak memakan buah kuldi.


3. Karena melakukan sesuatu yang dilarang, Allah murka kemudian menghukum Nabi Adam dan Siti Hawa untuk turun ke bumi secara terpisah. Disinilah adanya taubat nasuha dimana Nabi Adam bertaubat kepada Allah agar diampuni semua dosa-dosanya dan ingin dipertemukan kembali dengan Siti Hawa, begitu juga dengan Siti Hawa yang memohon permohonan yang sama. Nabi Adam memanjatkan doa ketika bertaubat untuk meminta maaf kepada Allah: Rabbanaa dhalamnaa anfunsanaa wainlam taghfirlanaa watarhamnaa lanakunanna minal khaasirin.


4. Setelah diterima taubatnya, Allah mengangkat derajat Nabi Adam.

Hal ini mengingatkan kita sebagai hamba Allah untuk jangan dulu mengeluh dan menyalahkan semuanya apabila ada ujian datang dari Allah karena hal itu akan menjadi pertanda bahwa derajat kita akan diangkat oleh Allah SWT.


Itulah beberapa teladan dari kisah Nabi Adam yang bisa kita jadikan contoh agar ketika berbuat salah segera bertaubat dan selalu berusaha untuk mematuhi perintah dan larangan dari Allah SWT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid