Langsung ke konten utama

Beberapa Wisata Sabang Dan Aceh Yang Harus Dikunjungi

Telpon dari teman yang berada di Jakarta membuatku sedikit kaget dan galau, gimana tidak ajakan trip dadakan  Sabang - Banda Aceh membuatku panas dingin, antara mau ikut atau gak. Jika tidak ikut aku pasti menyesal ucapku dalam hati , karena Sabang dan Banda Aceh merupakan Tempat Wisata  yang memang ingin aku kunjungi sejak terjadinya musibah besar Tsunami.

Syukur nya teman ku itu memberikan itenary dan rincian share cost, sehingga setelah aku baca baca ternyata masih cukup dengan isi celengan recehku, akhirnya deal, aku ikut dengan jalan jalan dadakan ini untuk menikmati salah satu Wisata Indonesia yang memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Keindahan Laut Sabang Aceh
Pantai Iboih

Bersyukur dijaman sekarang ini , membeli tiket pesawat itu gak perlu pergi ke konter, atau ke travel karena dengan menggunakan aplikasi PegiPegi yang sudah aku download di handphone, aku langsung  bisa membeli tiketnya dengan mudah dan cepat, karena sistem pembayaran nya pun bisa menggunakan kartu kredit.

Langsung  deh aku browsing tiket Batam - Aceh,  kemudian pilih maskapai dan jam keberangkatan, trus isi data diri sesuai kartu tanda penduduk , dan pilih cara pembayaran , tak lupa aku memasukkan kode discount dikolom pembayaran agar aku bisa mendapatkan potongan harga. Setelah itu bayar, dan selang beberapa menit, e tiket kuterima melalui email... Duuh senang banget, awal desember ini aku mulai  menikmati liburan dari kota yang memang aku impikan sejak lama.

Ketika hari yang ditunggu tunggu tiba, aku pun sampai bandara udara Aceh, dan mepo bersama teman2 yang lain juga disini. Setelah berkumpul semua, kamipun langsung menjalankan itenary yang pertama, yakni ke pantai lampuuk, dengan ditemani oleh pak supir dimana saat kami merental mobil lengkap dengan supirnya juga :)

Pantai  Lampuuk

Lokasi Pantai lampuuk berada diwilayah barat Aceh, sekitar 15 Kilometer dari kota Banda Aceh, karena belum ada transportasi umum yang lewat sampai pantai lampuuk, makanya kami merental mobil berikut supirnya. Pantai lampuuk memiliki garis pantai yang cukup panjang yakni sekitar 5 meter, dengan ombak yang cukup tinggi membuat kami dan para pengunjung tetap berhati hati saat menikmati keindahan lautnya. Namun keindahan pasir putih nan lembut, dan warna air laut yang hijau dan biru membuat kami benar benar merasa betah berada disini. Untuk kuliner, sudah tersedia di sekitaran Pantai Lampuuk dan rasanya pun enak enak.

wisata aceh pantai lampuuk
Pengunjung menikmati Pantai Lampuuk

Enggan pulang menikmati sunset

Meski enggan meninggalkan Pantai Lampuuk yang indah ini, kami harus melanjutkan itenary selanjutnya,

Gampong Nusa

Karena malam ini kami akan menginap dirumah warga, sekalian kami mau melihat anak anak dari Gampong Nusa berlatih tarian Rapai Geleng.  Gampong Nusa sudah terkenal di malaysia dan singapura juga, terbukti saat kami tiba di sana, kami juga berkenalan dengan wisatawan dari negara tersebut.  Asiknya menginap di Gampong Nusa, para wisatawan akan mendapatkan hidangan makan malam dengan lauk pauk khas Aceh.

wisata budaya gampong nusa
Makan bersama wisatawan dari Malaysia

Ikut Berlatih bermain musik Rapai Geleng

Rapa'i geleng ini tidak hanya dimainkan oleh anak anak saja, namun orang dewasa pun juga memainkannya, bahkan mereka sudah pernah diundang ke Jepang loh. waaah ikut bangga ya tarian khas Indonesia sudah dikenal diluar sana.

Setelah puas menyaksikan mereka berlatih, kami pun pulang kerumah untuk beristirahat. Keesokan paginya, setelah kami diberi sarapan nasi goreng, kami diajak kepuncak. dimana puncak ini tempat para warga Gampong Nusa menyelamatkan diri dari terjangan Tsunami :(

wisata budaya gampong nusa
Bersama Penduduk Gampong Nusa, menyaksikan Sunrise

Matahari mulai naik, kami pun bergegas turun kebawah karena pagi ini kami akan melanjutkan perjalanan kami ke Sabang. Setelah mandi dan berberes beres, tak lama kembali pak supir menjemput kami untuk mengantarkan kami ke pelabuhan Ulee- Lheue  ,namun kami ketinggalan kapal cepat yang jam 9.30 jadinya kami naik Kapal KMP BRR yang perjalanannya hampir 2 jam, ( dari jam 10.30 - 13.00 ) dan kami memilih duduk di VIP room dengan biaya sebesar Rp 58.000, ruangannya adem juga  karena ada AC, sehingga kami bisa mengistirahatkan badan dengan nyaman, yang ekonomi sekitar Rp 30.000 sudah termasuk pajak.

Jadwal Kapal BRR senin, selasa, kamis, dan jum'at  jam 14.00

Jadwal Kapal BRR rabu, sabtu dan minggu Jam 10.30 dan 16.30

Setelah sampai dipelabuhan Balohan Sabang, kami naik Taxi lagi menuju Iboih dengan biaya Rp 50.000 per orang , setelah menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit , kami sampai di Iboih.

Snorkling di Pulau Rubiah

Tepat di depan Pantai Iboih ialah Pulau Rubiah,  Pulau yang dari kejauhan sudah nampak penuh dengan  ramainya orang yang melakukan snorkeling, maklum saja kami sampai saat itu hari minggu,  Namun tak mengurungkan niat teman2ku untuk mengambang dan menyelam..dan aku pun juga tak sabar melihat ikan2 yang katanya banyak disana, Cukup nyebrang 10 menit dari Pantai Iboih, kami sudah sampai Di Pulau Rubiah, dan setelah membeli umpan ikan berupa indomie rebus 1 bungkus Rp 5.000 kami pun mulai beraksi..

Waaahh baru saja menyelam, teman2 sudah bersorak...disini ikannya banyaaaakkk...ayo ayo kesini..dan mulailah kami menikmati snorkeling , Dan waaahh gemes deh liat ikan2nya banyaakkk rasanya pengen kutangkap..heheheh .. Namun setelah aku disengat Bayi ubur2..aku lebih memilih mengapung dipelampung cantikku yang kubawa dari Batam, dan teman2 tetap memilih menyelam. 2 jam tak terasa, tangan sudah berkerut karna kedinginan di air, membuat kami memutuskan untuk berhenti, Berat hati rasanya namun apa daya harus keluar dari air.

snorkling pulau rubiah
Motret Ikan dari Atas Pelampung saja

Teman Ku Mbak Sri sedang memberi makan ikan di Pulau Rubiah

Yang saya salut dari Pulau Rubiah ini ya, dimana begitu banyak pengunjung namun pantai nya tetap bersih, dan mereka taat dengan peraturan, untuk tidak mengambil karang, membuang sampah dsb, Patut dicontoh deh ketaatan pengunjung di Pulau Rubiah, oh ya, masuk kerubiah gratis ya, hanya saja biaya untuk nyebrang dari pantai Iboih ke rubiah kami dikenakan biaya Rp 150.000 pp/ per kapal muatan 8 orang. dan Sewa Life Jacket , Fin dan Kacamata sekitar Rp 40.000an.

Freddies Santai Sumurtiga

Setelah snorkling akhirnya, kami kembali di jemput oleh supir menuju Resort Santai Sumur Tiga, yang telah kami pesan dari pegipegi juga. Proses pemesanan juga mudah loh ya, sama seperti kita pesana pesawat  dan kereta, yakni, pilih hotel sesuai nama daerahnya, pilih tanggalnya, masukkan data diri, kemudian lakukan pembayaran deh, selang beberapa menit, konfirmasi pembelian Hotel akan kita terima melalui email.

Pertama masuk ke sumur tiga, agak ragu ragu juga dengan hotelnya karena masuk dalam gang kecil gitu, namun setelah sampai di hotelnya, Ya ampun,,,aku takjub banget dengan indahnya pantai sumur tiga, asli gak sabaran buat main disana deh. lautnya keceeeeeee

View dari Depan Hotel

Cafe Sumur Tiga

Kamar di Freddies Santai Sumurtiga

Setelah proses check in selesai, kamipun masuk kekamar dan meletakkan barang barang, karena aku agak pusing, jadi kedua temanku saja yang langsung nyemplung lagi dipantai, sementara aku memilih istirahat, dan sore hari baru aku turun ke pantai, itupun langit tiba tiba mendung, namun aku tetap bisa menikmatinya hingga menjelang maghrib.  Setelah puas dan langit pun gelap, akhirnya kami kembali ke Hotel untuk beristirahat.

Ombak yang mulai tinggi, dan awan yang mulai gelap

Dalam setiap perjalananku sekarang, aku selalu memanfaatkan applikasi dari Pegipegi , Alasannya pegipegi itu sudah terhubung langsung dengan lebih dari 7.000 pilihan hotel, 20.000 rute penerbangan, serta lebih dari 1.600 rute kereta api dan Kereta Api Bandara ( Railink ).  Selain itu pilihan pembayaran yang mudah bisa dilakukan dengan cara transfer bank maupun kartu kredit. So tak perlu banyak alasan deh mau berwisata ke seluruh Indonesia, karena ada  pegipegi. Customer servicenya 24 jam loh, siap memberikan pelayanan yang terbaik untuk kita semua. :)

Komentar

1. Bolak balik ke Banda baru tau tentang Gampong Nusa, kudet banget aku ya hahaha. Untung baca postingan ini. Btw tempat nginepnya kece, sering direkomendasikan banyak orang.

Balasan
    1. Gampong Nusa masuk dalam eco wisata, enak loh suasana disana...adeemm

Hapus
  2. Akk, terpesona keindahan lautnya,cantik sekali..wonderful Indonesia..

BalasHapus
  3. nah kalo jalan jalan trus dapet nilai lokal jadi istimewa sekali...apalagi bisa main alat musik bareng dan makan bareng...nuansa kebersamaannyaseru yaaa...

4. pantai lampuuk, dulu kena tsunami disana, sekarang udah cantik lagi..

-Traveler Paruh Waktu

5. Akhir tahun lalu sempet eksplore Sabang ... emang seruuuu

6. Aduuuh..keren banget tempatnyaaa..jadi mupeng nih..

7. Yuk kak main ke Sabang lagi, nyelam kitah. Cakep bener euyyyy

8. Aku belum pernah ke Aceh
    Selalu jatuh cinta dan penasaran setiap lihat tulisan kawan-kawan tentang Aceh. Alamnya indah banget ya

9. sabang dan aceh sulit dipisahkan.. pengen banget bisa ke sini lagi.

BalasHapus
  10. Mbak, itin-nya aku contek ya.
    Semoga tahun depan bisa travelling ke Aceh dan Sabang juga.
    Oia, kalo aku pasti nambahin Museum Tsunami nih.

BalasHapus
  11. Nyesel banget waktu ke Sabang gak sempet nyoba ke Rubiah karena datang terlambat. Tapi Sabang memang memesona

12. Seru banget ajakan jalan-jalannya ke Aceh. Bisa jalan-jalan ke Aceh masih jadi impian saya. Pasti bakal seneng banget kalau bisa jalan-jalan ke propinsi paling ujung di pulau Sumatera

13. Laut Sabang indah banget ya mba, apalagi pas memberi makan ikan. Keliatan indahnya. Semoga bisa jalan-jalan ke Aceh. Amin

BalasHapus
  14. Masya Allah indahnya ...doakan aku ya kak semoga bisa plesiran kesana.

15. Emang indah banget siih yaa pantas sulit move on. Pengen deh nyelam kasih makan ikan gt, tapi takuut hihi, biasanya dah pakai pelampung aku tetep minta dipegangin 🙈🙈

16. salfok sama umpan ikan berupa indomie rebus hahahahhaa, waktu aku snorkeling di Belitung umpan ikannya pake biskuit goodtime dong :D
    Pengen banget ke Aceh & Sabang, semoga next time ada rejeki kesana ah :D

17. keren ya kak..pengen ke sana

18. Itinerary asik nih. Semoga nanti kalau bisa ke Sabang aku contek ya, Mbak. Pulau Rubiah sempat baca beberapa kali tentang kecantikannya, bikin mupeng.

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid