Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

14 comments

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2. 

Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Nah..ketika ada teman yang mengusulkan saya untuk meminjam dana dari Bank, saya pun tertarik dengan harapan saya gak lagi stress melihat keadaan rumah ketika hujan turun.. Namun persayaratan dari Pihak bank ternyata Sertifikat Rumah, Ijin Mendirikan Bangunan ( IMB ), Akta jual Beli ( AJB ) dan Surah Hak Guna Bangunan ( SHGB ) harus saya sediakan, jika rumah saya belum lunas dari kredit, maka Fotocopi document diatas perlu saya lampirkan.

Karena Memang rumah saya masih menyisakan kredit selama 2 tahun, makanya saya berusaha mendatangi Bank BTN pusat Daerah Batam Centre- kota Batam.  Dari sana saya diarahkan oleh securiti nya untuk menuju lantai 3 menjumpai bagian Sertifikat Rumah, setelah saya mengambil nomor antrian, saya pun duduk manis menunggu panggilan, Ketika nomor antrian saya dipanggil, saya bicarakan maksud kedatangan saya kepada customer servicenya, kemudian beliau meminta saya menunjukkan KTP asli  dan meminta 2 lembar foto kopi KTP saya, dan setelah itu  saya diberikan beberapa berkas untuk diisi dan harus membayar Rp 250.000.Kemudian Saya turun kelantai 1 menuju teller ,Setelah saya mengisi form yang disediakan, saya pun  membayar sebesar yang telah ditentukan diatas, saya  kelantai 3 lagi menyerahkan bukti pembayarannya, dan keesokan harinya saya baru bisa mengambil dokumen yang saya perlukan tadi.

2 Hari kemudian saya datang lagi ke Bank BTN untuk mengambil dokument, Alhamdulillah antrian tak begitu panjang, dan dokument yang saya butuhkan saya dapatkan, Saya pun pulang dengan hati senang, meski sebenarnya merasa kemahalan dengan biaya fotocopi diatas.





Semoga bermanfaat bagi yang ingin mengambil fotocopy dokumen yang diperlukan. :)









Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

14 komentar

  1. Walaupun belum lunas bisa minta fotocopynya ya kak?
    Baru tau malah ana.

    BalasHapus
  2. Apa bisa di gadaikan fotocopyan sertifikat tanah?

    BalasHapus
  3. Ka mau nanyak...apa persyaratan urus sertifikat kalo sudah lunas KPR apakah pihak dari pihak bank atao kita sendri yg urus dan braapa kisaran kita siapkan biayanya. Trimaksh mohon balasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. urus sendiri aja, bawa bukti pelunasan kpr / angsuran terakhir, ktp dan 2 lembar materai kemudian pergi ke bagian kredit di kantor pusat, urusnya gratis ( tak ada biaya2 lagi ) paling proses pengambilan sekitar 3-7 hari setelah kita serahkan bukti pelunasan KPR

      Hapus
  4. proses nya tdk langsung hari h ya kak, butuh 2 hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya butuh beberapa hari dari tanggal pertama kita datang

      Hapus
  5. Saya kan ngambil perumahan dan belum lunas..apa bisa fotocopyan sertifikat sbg jaminan buat pinajam ke bank

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pinjam di bank yang sama bisa kak

      Hapus
  6. Untuk rumah yg lagi dlm masa restruk apakah bisa ambil foto copy serifikat ?
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Klo kredit nya baru berjalan 2-3 tahun bisa pengajuan pengambilan kopian sertipikat nya ga yah..

    BalasHapus
  8. Kk kalau msh jalan 9bln apa bisa ambil copy ya kk

    BalasHapus

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)