Selasa, 04 Februari 2020

Ketika Hutan Menjadi Sumber Makanan Bagi Manusia


Hutan di  Indonesia merupakan hutan yang menduduki urutan ketiga terluas di dunia dengan hutan tropis dan sumbangan dari hutan hujan (rain forest) Kalimantan dan Papua. Menurut data Forest Watch Indonesia (FWI), sebuah lembaga independen pemantau hutan Indonesia, sejumlah 82 hektare luas daratan Indonesia masih tertutup hutan.
Ini merupakan satu prestasi membanggakan mengingat hutan merupakan salah satu pendukung yang sangat penting bagi keseimbangan alam. Hutan tropis di Indonesia menyimpan banyak potensi energi mikrobiologi yang sangat diperlukan dunia.
Namun dalam kehidupan sehari hari, simplenya jika kita berbicara tentang hutan yang terbayang di fikiran adalah pohon pohon hijau yang tumbuh menjulang tinggi dimana hutan tersebut memiliki beraneka ragam jenis tanaman. Ya Hutan adalah tuan rumah bagi tanaman dan juga hewan. Hutan juga menjadi sumber kehidupan bagi mahluk hidup karena di hutan memiliki oxygen yang berlimpah, tak terkecuali manusia yang mendapatkan sumber makanan juga dari hutan.





Hal sederhana yang bisa menjadi sumber makanan manusia yang berasal dari hutan salah satunya adalah Umbi Umbian . Tanaman ini sangat mudah ditemukan dan ditanam kembali, sehingga bisa dikatakan masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal tanaman yang satu ini beserta manfaatnya.

Makanan Favorit Yang Berasal Dari Hutan

Salah satu makanan favorit keluarga yang bahan bakunya berasal dari hutan adalah Ubi, kedengarannya ndeso banget ya makanan yang satu ini, namun tak bisa aku pungkiri bahwa ubi merupakan makanan favorit dikeluarga kami. Ubi bisa di kreasikan menjadi berbagai jenis makanan, mulai di olah menjadi kripik, digoreng, direbus, dibuat menjadi kolak , bahkan dijadikan bahan untuk kue basah.

Ubi digoreng

Ubi Bisa di Kreasikan Menjadi Aneka Kripik

Ubi, jika ditanya kenapa senang dengan ubi karena makanan ini bisa  dikreasikan menjadi berbagai menu, apalagi jika diolah menjadi kripik singkong, cocok banget menjadi cemilan disaat berkumpul dengan keluarga dan teman teman, pilihan kripik juga bisa dikreasikan lagi dengan beberapa varian, mau original atau pedas, sehingga tidak ada alasan untuk menolak ubi. 


Ubi diolah menjadi kripik

Manfaat Ubi Untuk Kesehatan

Ubi merupakan tanaman yang paling mudah ditemui di hutan, sehingga seluruh masyarakat bisa menikmati kelezatannya, walau masyarakat terpencil sekalipun. Namun bagi masyarakat yang telah menetap dikota, Ubi dengan mudah bisa didapatkan di semua pasar. Dengan harga yang sangat murah dipastikan masyarakat masih sanggup membelinya, contohnya saja didaerah pasar diperumahanku, Ubi kayu dijual dengan harga Rp 4.000/kilo.  Cukup murah bukan ?

DidalamUbi / Singkong juga terkandung aneka nutrisi yang meliputi karbohidrat, Protein, Serat, Mineral termasuk kalium, Magnesium, Fosfor dan Kalsium. Vitamin C dan Vitamin A dan juga air.
  
Meski harganya terbilang murah, Ubi juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, diantaranya adalah :

1.     Menjadi Sumber Energi Bagi Tubuh

Ubi bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Karena Ubi memiliki  kandungan kalori yang cukup tinggi yakni mencapai 160 kalori untuk setiap 100 gram singkong.
Tidak hanya itu, alasan mengapa Ubi adalah sumber energi yang baik bagi tubuh karena jenis umbi yang memiliki nama latin Manihot esculenta ini juga mengandung karbohidrat. Karbohidrat adalah bahan bakar utama bagi tubuh. Zat ini nantinya bertransformasi menjadi glukosa. Nah, glukosa tersebutlah yang menjadi energi bagi tubuh.
2. Kenyang Lebih Lama Karena Mengandung Serat
Ubi yang direbus memiliki  kandungan serat.  Artinya Serat tersebut  dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga frekuensi makan juga bisa dikurangi. Nah untuk yang sedang melakukan diet mengkomsumsi ubi bisa jadi alternative pengganganti nasi.
   3. Memiliki Kandungan Vitamin 
Ubi kayu juga baik kok untuk kesehatan mata karena ada beta karoten yang membentuk Vitamin A nya dalam tanaman tersebut . Selain kaya vitamin A, beta karoten juga mampu mencegah berbagai  penyakit seperti  jantung, meredakan masalah penafasan, dan mencegah kanker. Senyawa ini juga baik untuk penderita diabetes, melindungi dari radiasi, dan meningkatkan imunitas tubuh tentunya dengan pola komsumsi yang teratur.
 Kenalkan Ubi Kepada Dunia

Ubi, karena makanan ini mudah ditemui di Indonesia sehingga masyarakat harus tau bahwa Ubi adalah makanan tradisional yang bisa menjadi kebutuhan pokok di Indonesia. Dengan segala manfaat dan gizi yang terkandung didalamnya, hendaknya anak anak milenialpun harus dikenalkan.  Dihutan ubi bisa menjadi makanan pokok yang paling mudah ditemui dan  diolah.

Ditangan orang yang kreatif Ubi juga bisa menjadi sebuah usaha yang menghasilkan pundi pundi rupiah. Dengan memanfaatkan teknologi bukan tidak mungkin Ubi bisa dijual diseluruh dunia tentunya dalam bentuk berbagai kreasi makanan siap saji.

Cara sederhana menyayangi hutan agar selalu bisa menjadi sumber kehidupan bagi mahluk hidup dalam jangka panjang adalah dengan tidak membakar atau menebangnya tanpa menanam kembali. Sayangi dan jaga hutan di daerah kita dengan mendukung visi dan misi  dari Organisasi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia.


Wahana Lingkungan Hidup Indonesia 

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) merupakan sebuah organisasi gerakan lingkungan hidup terbesar di Indonesia, dengan jumlah anggota sebanyak 487 organisasi dari unsur organisasi non pemerintah dan organisasi pencinta alam, serta 203 anggota individu yang tersebar di 28 propinsi di Indonesia. Sejak tahun 1980 hingga saat ini, WALHI secara aktif mendorong upaya-upaya penyelamatan dan pemulihan lingkungan hidup di Indonesia. WALHI bekerja untuk terus mendorong terwujudnya pengakuan hak atas lingkungan hidup, dilindungi serta dipenuhinya hak asasi manusia sebagai bentuk tanggung jawab Negara atas pemunuhan sumber-sumber kehidupan rakyat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar