Langsung ke konten utama

Ketika Hutan Menjadi Sumber Makanan Bagi Manusia


Hutan di  Indonesia merupakan hutan yang menduduki urutan ketiga terluas di dunia dengan hutan tropis dan sumbangan dari hutan hujan (rain forest) Kalimantan dan Papua. Menurut data Forest Watch Indonesia (FWI), sebuah lembaga independen pemantau hutan Indonesia, sejumlah 82 hektare luas daratan Indonesia masih tertutup hutan.
Ini merupakan satu prestasi membanggakan mengingat hutan merupakan salah satu pendukung yang sangat penting bagi keseimbangan alam. Hutan tropis di Indonesia menyimpan banyak potensi energi mikrobiologi yang sangat diperlukan dunia.
Namun dalam kehidupan sehari hari, simplenya jika kita berbicara tentang hutan yang terbayang di fikiran adalah pohon pohon hijau yang tumbuh menjulang tinggi dimana hutan tersebut memiliki beraneka ragam jenis tanaman. Ya Hutan adalah tuan rumah bagi tanaman dan juga hewan. Hutan juga menjadi sumber kehidupan bagi mahluk hidup karena di hutan memiliki oxygen yang berlimpah, tak terkecuali manusia yang mendapatkan sumber makanan juga dari hutan.






Hal sederhana yang bisa menjadi sumber makanan manusia yang berasal dari hutan salah satunya adalah Umbi Umbian . Tanaman ini sangat mudah ditemukan dan ditanam kembali, sehingga bisa dikatakan masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal tanaman yang satu ini beserta manfaatnya.

Makanan Favorit Yang Berasal Dari Hutan

Salah satu makanan favorit keluarga yang bahan bakunya berasal dari hutan adalah Ubi, kedengarannya ndeso banget ya makanan yang satu ini, namun tak bisa aku pungkiri bahwa ubi merupakan makanan favorit dikeluarga kami. Ubi bisa di kreasikan menjadi berbagai jenis makanan, mulai di olah menjadi kripik, digoreng, direbus, dibuat menjadi kolak , bahkan dijadikan bahan untuk kue basah.

Ubi digoreng

Ubi Bisa di Kreasikan Menjadi Aneka Kripik

Ubi, jika ditanya kenapa senang dengan ubi karena makanan ini bisa  dikreasikan menjadi berbagai menu, apalagi jika diolah menjadi kripik singkong, cocok banget menjadi cemilan disaat berkumpul dengan keluarga dan teman teman, pilihan kripik juga bisa dikreasikan lagi dengan beberapa varian, mau original atau pedas, sehingga tidak ada alasan untuk menolak ubi. 


Ubi diolah menjadi kripik

Manfaat Ubi Untuk Kesehatan

Ubi merupakan tanaman yang paling mudah ditemui di hutan, sehingga seluruh masyarakat bisa menikmati kelezatannya, walau masyarakat terpencil sekalipun. Namun bagi masyarakat yang telah menetap dikota, Ubi dengan mudah bisa didapatkan di semua pasar. Dengan harga yang sangat murah dipastikan masyarakat masih sanggup membelinya, contohnya saja didaerah pasar diperumahanku, Ubi kayu dijual dengan harga Rp 4.000/kilo.  Cukup murah bukan ?

DidalamUbi / Singkong juga terkandung aneka nutrisi yang meliputi karbohidrat, Protein, Serat, Mineral termasuk kalium, Magnesium, Fosfor dan Kalsium. Vitamin C dan Vitamin A dan juga air.
  
Meski harganya terbilang murah, Ubi juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, diantaranya adalah :

1.     Menjadi Sumber Energi Bagi Tubuh

Ubi bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Karena Ubi memiliki  kandungan kalori yang cukup tinggi yakni mencapai 160 kalori untuk setiap 100 gram singkong.
Tidak hanya itu, alasan mengapa Ubi adalah sumber energi yang baik bagi tubuh karena jenis umbi yang memiliki nama latin Manihot esculenta ini juga mengandung karbohidrat. Karbohidrat adalah bahan bakar utama bagi tubuh. Zat ini nantinya bertransformasi menjadi glukosa. Nah, glukosa tersebutlah yang menjadi energi bagi tubuh.
2. Kenyang Lebih Lama Karena Mengandung Serat
Ubi yang direbus memiliki  kandungan serat.  Artinya Serat tersebut  dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga frekuensi makan juga bisa dikurangi. Nah untuk yang sedang melakukan diet mengkomsumsi ubi bisa jadi alternative pengganganti nasi.
   3. Memiliki Kandungan Vitamin 
Ubi kayu juga baik kok untuk kesehatan mata karena ada beta karoten yang membentuk Vitamin A nya dalam tanaman tersebut . Selain kaya vitamin A, beta karoten juga mampu mencegah berbagai  penyakit seperti  jantung, meredakan masalah penafasan, dan mencegah kanker. Senyawa ini juga baik untuk penderita diabetes, melindungi dari radiasi, dan meningkatkan imunitas tubuh tentunya dengan pola komsumsi yang teratur.
 Kenalkan Ubi Kepada Dunia

Ubi, karena makanan ini mudah ditemui di Indonesia sehingga masyarakat harus tau bahwa Ubi adalah makanan tradisional yang bisa menjadi kebutuhan pokok di Indonesia. Dengan segala manfaat dan gizi yang terkandung didalamnya, hendaknya anak anak milenialpun harus dikenalkan.  Dihutan ubi bisa menjadi makanan pokok yang paling mudah ditemui dan  diolah.

Ditangan orang yang kreatif Ubi juga bisa menjadi sebuah usaha yang menghasilkan pundi pundi rupiah. Dengan memanfaatkan teknologi bukan tidak mungkin Ubi bisa dijual diseluruh dunia tentunya dalam bentuk berbagai kreasi makanan siap saji.

Cara sederhana menyayangi hutan agar selalu bisa menjadi sumber kehidupan bagi mahluk hidup dalam jangka panjang adalah dengan tidak membakar atau menebangnya tanpa menanam kembali. Sayangi dan jaga hutan di daerah kita dengan mendukung visi dan misi  dari Organisasi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia.


Wahana Lingkungan Hidup Indonesia 

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) merupakan sebuah organisasi gerakan lingkungan hidup terbesar di Indonesia, dengan jumlah anggota sebanyak 487 organisasi dari unsur organisasi non pemerintah dan organisasi pencinta alam, serta 203 anggota individu yang tersebar di 28 propinsi di Indonesia. Sejak tahun 1980 hingga saat ini, WALHI secara aktif mendorong upaya-upaya penyelamatan dan pemulihan lingkungan hidup di Indonesia. WALHI bekerja untuk terus mendorong terwujudnya pengakuan hak atas lingkungan hidup, dilindungi serta dipenuhinya hak asasi manusia sebagai bentuk tanggung jawab Negara atas pemunuhan sumber-sumber kehidupan rakyat.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid