Langsung ke konten utama

Wisata Mempawah Mangrove Park Kalimantan Barat

Saat ini wisata mangrove sedang gencar gencarnya di buka di tiap kota yang ada di Indonesia, namun sebenarnya apa sih hutan mangrove itu ? dan apa manfaatnya ? Nah dibawah ini sedikit saya jelaskan apa itu mangrove dan manfaatnya berdasarkan info yang ada di pos Mempawah Mangrove Conservation ( MMC )

Tempat Bersantai di Mempawah Mangrove Park

Apa itu Mangrove ?
Dalam bahasa inggris kata mangrove digunakan baik untuk komunitas tumbuhan yang tumbuh di daerah jangkauan pasang surut maupun untuk individu - individu jenis tumbuhan yang menyusun komunitas tersebut. Hutan mangrove dikenal juga dengan istilah tidal forest, coastal woodland, dan hutan payau, Selain itu hutan mangrove oleh masyarakat Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya yang berbahasa Melayu sering disebut dengan HUTAN BAKAU.


Lokasi  Mempawah Mangrove Park

Apa saja manfaat Hutan Mangrove ?
1. Menjaga agar garis pantai tetap stabil
2. Melindungi pantai dan sungai dari bahaya erosi dan abrasi
3. Menahan badai / angin kencang dari laut
4. Menahan hasil proses penimbunan lumpur, sehingga memungkinkan terbentuknya lahan baru
5. Menjadi wilayah penyangga, serta berfungsi menyaring air laut menjadi air daratan yang tawar
6. Mengolah limbah beracun, penghasil O2 dan penyerap CO2
7. Tempat berlindung, bersarang dan berkembang biak dari burung serta satwa lain.

Hutan Mangrove Mempawah Park yang sudah jadi tempat wisata

Nah saat saya berlibur di kota Mempawah Kalimantan Barat, saya berkesempatan mengunjungi wisata hutan mangrove ini, Lokasi mangrove tepat disamping Taman Makam Pahlawan kota Mempawah.

Seperti biasa kendaraan kita akan disambut oleh tukang parkir yang akan meminta uang retribusi Rp 2.000.  Setelah memarkirkan kendaraan, kita akan berjalan sedikit dan akan menemukan kembali pos tiket, cukup terjangkau kok harganya Rp 5.000/ orang saja untuk masuk kedalam hutan mangrove ini.

Tiket Masuk Hutan Mangrove Mempawah Park

Area wisata Mangrove sepertinya masih tahap penyelesaian, sehingga masih ada beberapa orang yang sedang mempersiapkan tempat duduk untuk bersantai, Namun secara keseluruhan, para pengunjung sudah bisa menikmati area wisata ini dengan leluasa.

Semoga saja, Hutan Mangrove yang didirikan oleh Mempawah Mangrove Conservation ( MMC ) ini, tetap terjaga kebersihan dan kelestariannya, Sehingga menjadi tempat wisata kebanggaan bagi masyarakat kota Mempawah.

Pos Informasi mengenai Hutan Wisata Mangrove

Dan dari area wisata hutan mangrove ini, pengunjung juga bisa menyebrang ke pulau Penibung dengan biaya Rp 20.000/ orang pp, konon katanya sunset dari pulau Penibung ini sangat bagus, sayang saat saya kesana, air sedang surut, dan pengunjung tidak ada yang ingin menyebrang, sehingga saya pun mengurungkan niat untuk menyebrang kalo hanya sendiri.

Pulau Penibung yang Tampak dari Hutan Mangrove

Tetap jaga kebersihan ya guys...Dan saya mengucapkan terimakasih kepada sahabat terbaik, yang meski dalam keadaan hamil besar, tetap keukeh ingin menemani saya mengunjungi wisata yang ada di mempawah. 





Ibu Hamil juga pengen Narsis :) 


Salam dari Sarahjalan.com











Komentar

  1. Ah kakak satu ini maennya dah kemana mana, noted lah kak kali aja nanti aq sampe sana mau ke mangrove ini ah

    BalasHapus
  2. Waaah, boleh juga neh ya, Mbak, bisa foto-foto tuh, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. spot foto banyak tersedia disini loh....

      Hapus
  3. Waaah, boleh juga neh ya, Mbak, bisa foto-foto tuh, hehe...

    BalasHapus
  4. Sudah pernah ke Kalimantan Barat, cuma sampai Pontianak dan sekitarnya saja. Belum pernah ke Mempawah. Next ke sana lagi, bakal kesini deh.. Mantap infonya mbak Sarah>

    www.catatantraveler.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Kak chaycya, mesti dikunjungi wisata yang ada dimempawah dan singkawang juga

      Hapus
  5. Seru banget bisa mampir ke sini. Sunsetnya juga bagus banget. Sukak

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid