Langsung ke konten utama

Berlibur Kerumah Panggung Nenek di Desa Segedong Kalimantan Barat

Tak pernah kusangka sebelumnya, rumah yang tadinya roboh, sekarang telah berdiri kembali, mungkin inilah rejeki yang dititipkan oleh Allah kepada kakakku, sehingga ia bisa membangun kembali rumah datok kami, yang tadinya hanya tinggal puing puing kayu saja.

Rumah ini adalah milik datokku, dan emakku lahir disini, menikah disini, dan melahirkan beberapa anak pun dirumah tua ini.

rumah panggung kalbar
Rumah Datok 

rumah panggung kalbar
Rumah Datok sebelum di Bangun ulang

Anak datok hanya 4 orang, dan itu pun semua wanita, dan emakku anak ke2, yang mana saat ini hanya tertinggal 2 yang masih hidup. Sementara emakku, kakaknya dan datok nenekku pun telah tiada.

Ketika aku kecil, rasanya disinilah aku selalu dibawa emakku berlibur, berjalan kaki sekitar 3km, dan jika aku  merasa lelah, emak biasanya menunggu orang yang lewat menggunakan sampan, dan aku ditumpangkan kesampan tersebut, dan emakku lanjut berjalan kaki. Kalo ditanya apa emakku tidak takut anaknya dibawa lari ? jawabannya tidak, karena datokku cukup dikenal di desa kecil ini. dan beliau sangat dihormati, sehingga tak mungkin cucunya diapa apakan orang desa ini.

rumah panggung kalbar
Ponakan Sedang bermain dirumah Enyang nya

Dirumah panggung datok ini cukup besar, berdinding dan berlantai kayu, dan rumah ini cukup tinggi, sehingga kolong rumah bisa kujadikan tempat bermainku, tempat datok beternak ayam, dan tempat menyimpan kayu bakar dan kelapa kering. Sedangkan parit kecil yang ada didepan rumah, merupakan parit favoritku untuk belajar berenang.

rumah panggung kalbar
Ruang Tamu 

rumah panggung kalbar
Dapur 

Sekarang rumah ini didirikan dengan bentuk yang sama, tetap berbahan kayu, berdinding kayu, dan berlantai kayu. Menetes airmataku melihat rumah ini, karena masih bisa kurasakan betapa rumah ini kebanggaanku disaat liburan berlangsung. Aku pasti dibawa kesini, bermain bersama anak2 yang lain, berenang, bermain sampan, dan menikmati air kelapa, serta dimasakkan ayam goreng sama datok. 


rumah panggung kalbar
Jembatan ini tempat aku bermain perosotan dengan pelepah pinang, dan dari jembatan ini aku sering melompat dan berenang

Terimakasih kakakku, Idemu membangun rumah panggung datok, dan menjadikan tempat kumpul keluarga, patut aku acungkan jempol, Tujuanmu mulia, agar kenangan emak tidak hilang dirumah ini.


Desa Segedong kalbar
Musholla yg sudah tak terpakai lagi dan orang yang memancing ikan gabus


Roti Kaleng Favorit Datok 

Semoga saat bisa kembali ke Pontianak, aku bisa menginap lagi disini. Karena aku suka dengan suasana pagi yang segar, dimana suara burung bersahut sahutan menyambut hadirnya sang mentari.




Komentar

  1. Ya ampun suasananya syahdu banget mbaa jadi ingat rumah nenek kakekku yang homey..Alhamdulillah ya dibangun kembali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. penghuni desa ini hanya tinggal 2 keluarga mbak..asli sepi dan sunyi disini

      Hapus
  2. Ternyata kak Sarah asalnya dari kalimantan ya.. Keren lho kak rumah tua kalau dipugar lagi begini.
    Dan itu asyik banget bisa mancing ikan gabus.. di Belakangpadang aja sudah langka banget

    BalasHapus
  3. senang banget kak nis.... kalo balek kampung bisa ngumpul disini...secara rumahnya tinggi dan khas rumah orang tempo dulu

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid