Langsung ke konten utama

Mengunjungi Vihara Seribu Patung Budha di Arah Kijang - Kepulauan Riau


Vihara Seribu Patung kijang tanjungpinang
1000 Patung di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva


Tahun baru imlek jatuh pada tanggal 28 Januari 2017, cuaca hari ini mendung, sesekali hujan pun turun membasahi jalan. Namun karena Vihara yang bernama Ksitigarbha Bodhisattva bisa dikunjungi saat imlek saja, Aku pun tak menunda nunda keinginanku lagi untuk berkunjung.


Aku memulai perjalanan dari Batam, Tepatnya dari pelabuhan RORO telaga punggur,  seperti biasa biaya untuk motor Rp 30.000 dan penumpang Rp 20.000, 1 jam perjalanan kapal RORO tiba di Tanjung Uban.


Tanjung Uban menuju Tanjung Pinang, aku membutuhkan waktu 1 jam 30 menit, dengan mengendarai motor kecepatan 80 km /jam . Dari arah simpang 3 batu 9 Tanjung Pinang , Lurus saja ke arah kijang, sampai melewati LANUD TNI Angkatan Udara, Paling sekitar 4 menit dengan mengendarai kendaraan bermotor dengan kecepatan 40km/ perjam, Maka akan menemukan jalan Asia Afrika sebelah kanan. Jalan Asia Afrika ini sudah di aspal, dan masuk ke arah viharanya pun tidak begitu jauh. Paling sekitar 2 menitan.


Karena Vihara seribu patung ini letaknya diatas bukit, Maka kita harus olahraga dulu, berjalan keatas. Tapi jangan khawatir, ketika sudah masuk ke gerbang utamanya. Kamu akan di suguhi Gerbang dan Patung yang sangat besar. Yakin deh..capeknya akan hilang. :)

baca juga jadwal kapal dari batam ke tanjung pinang



Vihara Seribu Patung kijang tanjungpinang
Gerbang di Vihara Seribu Patung

Vihara Seribu Patung kijang tanjungpinang
Patung yang ada di depan Vihara


Vihara seribu patung ini dibangun sekitar tahun 2010, dan sampai sekarang kondisinya masih bagus, kokoh dan bersih. Begitu berjalan lebih jauh mengelilingi vihara ini, Aku tiba tiba terbelalak ketika melihat deretan patung yang begitu banyaknya, Seperti orang dari kampung entah berantah, aku memperhatikan satu satu patung tersebut, Namun tidak menemukan wajah yang sama, Wuiihhh merinding sekaligus takjub dengan banyak nya patung patung ini, wajarlah akhirnya Vihara ini dikenal dengan nama Vihara seribu patung.


Vihara Seribu Patung kijang tanjungpinang
Koleksi Vihara Seribu Patung

Vihara Seribu Patung kijang tanjungpinang
Wajah patung Budha

Vihara Seribu Patung kijang tanjungpinang
Wajah2 Patung Budha

Vihara Seribu Patung kijang tanjungpinang
Koleksi Patung Seribu


Mungkin karena berbagai alasan, Vihara seribu patung ini di buka untuk umum hanya saat IMLEK, sekitar 10 hari saja, setelah itu di tutup kembali. Jadi bagi kamu yang ingin mengujungi Vihara seribu patung ini, jangan tunda tunda lagi deh, buruan datang, Jam bukanya dari pagi jam 7.00 sampai jam 6 sore. Untuk parkir juga gak ditentukan biayanya, seikhlasnya aja kata penjaga disana. Pengen merasa berada di Tiongkok ?? Ke Vihara 1000 patung ajah.


Vihara Seribu Patung kijang tanjungpinang
Patung Dewa 

Vihara Seribu Patung kijang tanjungpinang
Serasa Berada Di Tiongkok


Disetiap patung ada nama dan jalan ceritanya, namun sayang karena hanya ditulis dalam bahasa mandarin, aku sama sekali tidak mengerti.  Yang aku tau, dimanapun aku berkunjung, aku wajib menjaga kebersihan dan sikap ku, apalagi jika berkunjung di tempat ibadah.

baca juga wisata di daerah kijang tanjungpinang



Vihara Seribu Patung kijang tanjungpinang
Salam Melalak  dari Sarahjalan.com



















Komentar

  1. Kereen.. Pengen kesini, tapi bukanya cuma waktu Imlek ya..

    BalasHapus
  2. Iya mbak dee..hanya imlek saja..dan bisa jadi weekend ini terakhir buka

    BalasHapus
  3. Ahhh, telat dong? Sdh lama penasaran ama tempat ini, Baru ingat lagi

    BalasHapus
  4. Hehehe..semoga ada kesempatan lagi bisa melipir kesini kak...

    BalasHapus
  5. Dah macam di negeri China ya kak, sayang cuma di buka pas Imlek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabar baik..mau dibuka utk umum selanjutna setelah tgl 10 feb... :)

      Hapus
  6. Aku termasuk beruntung bisa masuk kemari di luar Imlek. Padahal banyak juga yang akhirnya kecewa sudah sampai di gerbang ternyata ga bisa masuk.
    Kalau ada kesempatan mau datang lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas yopie orang penting... makanya bisa masuk diluar imlek..hehehhe

      Hapus
  7. Babang belum pernah kesini malah, eh itu jumlahnya emang seribu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaah babang mah..besok kalo mau juga nyampai kesini..xixixi

      Hapus
  8. Joss kak... Kapan boah udik diajak jalan bareng?

    BalasHapus
  9. Joss kak... Kapan boah udik diajak jalan bareng?

    BalasHapus
  10. Hi mba, sy mau nanya nih kalo dr pelabuhan punggur mau ke vihara patung seribu bisa pakai transportasi online ga ya ? Kayak gojek atau gocar gitu ? Trims :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Serunya Bermain Cable Ski di Batam Wake Park Bengkong

Mendengar permainan Cable Ski biasanya kesan pertama itu harganya MUAHAL ! dan hanya orang orang berduit lah yang sanggup menikmati water sport ini. karena dihari sabtu dan minggu harga bermain cable ski ini  Rp 250.000/ jam. Namun jangan minder duluan, karena Batam Wake Park yang ada di Bengkong ini memberikan harga promo di weekday hanya RP 50.000/ hari, Nah loh ?? masih gak pengen nyobain main watersport yang seru ini ? promo dari Batam Wake park Beralamat di kawasan golden city bengkong, Batam wake park ini hadir untuk meramaikan permainan yang penuh tantangan di atas air.  Ada dua area danau buatan yang disediakan bagi peserta yang ingin bermain cable ski. 1 Danau kecil  Disinilah tempat bagi pemula belajar cara memainkan wakeboarding/ cable ski. pertama tama kita wajib memakai life jacket, helmet, wakeboarding dan mengikatnya dengan erat.  Kemudian pelatihnya akan mengajari teknik teknik bermain cable ski. Kedengarannya simple dan mudah ya ? Tapi percayalah, kam

Indahnya Pantai Glory Melur Barelang Batam

Siapa ni disini yang paling senang hunting pantai baru yang ada di Batam ? Yang tunjuk tangan satu hati dong sama aku hehehe. Gatal aja bawaan kaki kalo udah dengar ada pantai baru yang dibuka. Apalagi kalo didaerah Barelang, karena aku tau disana lautnya bagus, pasirnya lembut serta kalo air laut sedang pasang, duuh jernih banget airnya, sejernih hatiku, eaaaa. Sejak di buka pada akhir Desember 2020, baru di bulan Februari 2021 aku bisa mengunjungi Pantai Glory Melur yang semakin hari semakin diminati oleh para pengunjung ini. Tak salah menurutku karena kalo dilihat dari foto foto yang bertebaran di media sosial, Pantai Glory Melur memang indah dan rapi penataannya. Minggu pagi sengaja aku turun dari rumah jam 6.00 lantaran aku juga ingin melihat moment sunrise di daerah Jembatan 1. Namun sayang karena harus mampir membeli sarapan dan mengisi bahan bakar, akhirnya aku kesiangan juga. Matahari sudah naik saat aku sampai di Jembatan 1 Barelang. Perjalanan tetap aku lanjutkan dengan sena