Sabtu, 28 Desember 2019

Kenali Penyebab Siklus Menstruasi yang Tidak Lancar

Pengertian dari menstruasi adalah proses keluarnya darah dari organ kewanitaan karena luruhnya lapisan dinding dalam rahim. Dan setiap wanita yang telah dinyatakan baligh pasti akan mengalami menstruasi atau haid tersebut. Periode menstruasi ini biasanya berlangsung setiap 28 – 35 hari dengan lama menstruasi sekitar  3 -7 hari. Namun kadang kala pula muncul keluhan menstruasitidak lancar yang tidak sesuai dengan siklusnya.


Beberapa wanita bisa mengalami menstruasi yang berbeda dengan siklus biasanya. Ada yang hanya memiliki rentang siklus selama 25 hari dengan jarak menstruasi berikutnya bisa 42 hari. Kondisi ini bisa jadi merupakan tanda ada kelainan pada organ reproduksi wanita terutama rahim.menstruasi yang tidak teratur bisa terjadi karena beberapa faktor dari dalam maupun luar tubuh Anda.





Adapun Penyebab Haid yang Tidak Lancar adalah sebagai berikut :

1. Ketidak Seimbangan Hormon

Kondisi haid yang tidak lancar ini dapat disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Kapankah bisa teradi ketidakseimbangan hormon ini, ketika Anda baru saja melahirkan, masa pubertas, masuk pada usia menopause, dan juga ketika Anda aktif menyusui. Pada masa tersebut kadar hormon Anda akan mengalami kondisi yang yang turun dengan cukup drastis.

Kadar hormon estrogen dan juga progesteron dalam tubuh pada suatu waktu dapat dengan mudah berubah naik dan turun. Hal ini mengakibatkan Anda sulit untuk menebak jadwal menstruasi Anda. selain beberapa hal diatas, penyebab ketidakteraturan menstruasi adalah penggunaan alat kontrasepsi, baik itu dalam bentuk pil, suntik dan juga IUD.

2. Berat Badan yang Naik atau Turun Terlalu Banyak

Kenaikan berat badan yang drastis dapat mempengaruhi hipotalamus dalam otak yang bisa membuat berbagai proses dalam tubuh Anda menjadi tidak sesuai dengan polanya, termasuk siklus menstruasi Anda. penurunan berat badan yang terlalu cepat juga akan membuat produksi hormon estrogen menjadi terlambat, sedangkan ketika berat badan Anda naik produksi estrogen akan berlebihan.

Penurunan maupun kenaikan berat badan yang terlalu cepat akan berpengaruh pada proses pelepasan telur atau yang disebut dengan ovulasi. Apabila ovulasi terhambat maka siklus menstruasi Anda juga akan ikut berubah. Solusi yang paling tepat adalah dengan menjaga berat badan ideal agar hormon dalam tubuh juga terjaga kesimbangannya.

Bagi para remaja yang baru saja masuk pada mas puber, penting juga untuk mengetahui lebih banyak tentang menstruasi. Anda bisa mengunjungi website Laurier yang terdapat banyak informasi penting tentang haid, termasuk cara memakai softex bagi pemula. Pemakaian pembalut yang benar akan mencegah dari munculnya bakteri penyebab infeksi pada saluran kewanitaan Anda. Mari jaga kesehatan area kewanitaan kita agar tetap sehat dengan memilih produk yang sudah terjamin kwalitasnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar