Langsung ke konten utama

Snorkling dan Santai Asik di Pulau Labun Barelang Batam

Pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Labun tahun 2015, dimana saat sampai aku dan beberapa teman dari blogger disambut dengan rintik hujan dan beningnya air laut, karena air juga sedang surut. Dari atas jembatan kita sudah bisa melihat terumbu karang dan juga ikan ikan yang berenang, duuuh gak sabaran ingin nyebur gaes. Namun keinginan itu tertahan karena kami harus bertemu dengan perwakilan pengelolanya dan berkeliling dulu melihat suasana pulau.

Kali ini di bulan November 2019 aku kembali ke Pulau Labun, tentunya suasana pulau sudah berubah lebih dan lebih bagus lagi. Dari mulai kapal yang digunakan menuju pulau lebih besar, sehingga bisa membawa puluhan tamu, dan juga fasilitas yang disediakan lebih baik.

Ciri khas view Bukit yang menyerupai Gunung dari Pulau Labun

NAIK MOTOR SENDIRI MENUJU DERMAGA PULAU LABUN

Dermaga Pulau Labun terletak di Pulau Galang setelah jembatan 6 Barelang, untuk menuju kesini dibutuhkan waktu sekitar 1.5jam dari kota, namun aku sangat menikmatinya karena jalan raya trans Barelang begitu mulus dan viewnya juga bikin otak aku menjadi semakin waras, wew..

Pagi yang cerah membuat aku asik asik aja mengendarai motor sendirian, aku hanya berhenti beristirahat di jembatan 5 sembari menikmati sarapan yang aku bawa dari rumah. Setelah puas mata ini melihat pemandangan laut cantik didepan sana, aku pun melanjutkan kembali perjalananku menuju dermaga.

View dari jembatan 5 Barelang
Plang dan gerbang masuk Pulau Labun tertulis besar di sebelah kanan jalan jika dari arah kota, jadi sangat mudah menemukannya, Kemudian ikuti saja jalannya sampai mentok pelabuhannya. Setelah memarkiran kendaraan yang dibawa, pergilah menuju dermaga dan bilang saja pada petugas kapalnya mau ke Pulau Labun dan sudah reservasi.

Gerbang Masuk Dermaga Menuju Pulau Labun

NAIK KAPAL KAYU MENUJU PULAU LABUN

Aku dan puluhan tamu di persilahkan naik sebuah kapal kayu yang ukurannya cukup besar dan 2 tingkat. Dikapal telah tersedia lifejacket, sehingga setiap penumpang bisa menggunakannya demi keamanan. Perjalanan dari dermaga menuju Pulau Labun hanya 15 menit saja namun view sepanjang perjalanan bikin takjub :) mungkin pengaruh cuaca yang cerah juga ya gaes. Tak hanya aku saja yang mengabadikan moment perjalan ini dengan berfoto dan mengambil video, tamu tamu yang lain pun tak kalah hebohnya bergantian berfoto di ujung kapal.

Menuju Pulau Labun Barelang Batam
Tamu yang akan gathering ke Pulau Labun

Ketika sampai di  Pulau Labun, air pasang , serta sapaan ramah pun menyambut kedatangan kami, dan kami dipersilahkan untuk duduk di lobby / restaurant yang telah disediakan. Dan seperti biasanya aku paling semangat untuk mencari spot foto mumpung cuaca begitu mendukung.

Restoran Pulau Labun Barelang Batam
Lobby sekaligus restaurant untuk tamu Pulau Labun

EXPLORE AREA PULAU LABUN DAN MENIKMATI FASILITAS ONE DAY TRIP

Untuk paket one day trip ke Pulau Labun aku dikenakan biaya Rp 330.000/ orang untuk wisatawan lokal, dimana aku mendapatkan fasilitas berupa :
  • Snorkling lengkap dengan alat nya serta pemandu yang berpengalaman
  • Makan siang dengan 2 lauk dan 1 sayur
  • Air mineral / teh/ kopi
  • Bermain Kayak
  • Santai manjah di area Pulau Labun
  • Kapal dari dermaga menuju pulau (pp )

Hal pertama yang aku lakukan adalah mengelilingi area Pulau Labun, supaya hilang penasaranku apa sih yang berubah dari Pulau Labun dari tahun 2015.  Ternyata oh ternyata banyak yang berubah, kawasan yang tadinya kosong sekarang sudah di buat tempat santai yang terdiri dari ayunan, gazebo, kursi dari drum serta spot spot selfie yang masih dalam tahap finishing. Setelah puas berfoto akupun segera kembali ke lobby untuk bersiap siap snorkling.

Area Bersantai di belakang lobby Pulau Labun

Ayunan di Belakang Lobby Pulau Labun

Area Pulau Labun Barelang Batam
Kursi Santai di belakang Lobby Pulau Labun

Ayunan dan Gazebo di Belakang Lobby Pulau Labun

Hujan rintik rintik dan air pasang tak menyurutkan niatku yang sudah tak tahan untuk menceburkan diri dan melihat biota laut di Pulau Labun.  Setelah memasang life jacket dan mendapat pelatihan dari instrukturnya aku pun perlahan masuk kedalam air, dan wow senang kali melihat terumbu karang dan ikan ikan kecil yang ada disana, geram pengen ku ambil tapi lagi lagi, aku datang untuk melihat mereka bukan mengganggu ketenangan mereka dan rumahnya. Satu jam berada di dalam air akhirnya perutku merasakan lapar yang cukup menganggu, heheheh.  Akhirnya aku naik dan berganti pakaian kemudian menikmati sajian makan siang.

Snorkling Pulau Labun Barelang Batam
Masker Snorkling lebih cocok untuk Pemula yang ingin mencoba snorkling
Spot Snorkling Terbaik di Pulau Labun

Dokumentasi by : Labun Island

Ikan Nemo di Pulau Labun Barelang Batam
Dokumentasi by  : Labun Island

Hari itu bukan aku dan teman temanku saja yang ikut one day trip, tapi ada juga rombongan para dokter dan tamu yang menginap bergabung jadi satu di restaurant, namun untuk menu makanan kami dibuat terpisah. Nah karena kami hanya ber delapan, maka makan siang kami dihidangkan dimeja. Ada dua jenis lauk dan satu sayuran yang disediakan, yakni sotong goreng tepung, ikan asam pedas dan sayur buncis wortel. Hmmm menggugah banget, pas lah untuk mengisi perut yang memang sudah kelaparan, heheh

Oke makan siang selesai waktunya bersantai sembari melihat teman yang bermain kayak. Setelah itu kami berencana untuk pulang, namun karena menunggu kapal akhirnya kami ditawari untuk berkaraoke. Eiitts karaoke ini free hanya untuk tamu yang menginap saja ya, kalo one day trip dikenakan biaya tambahan.

Bermain Kayak di Pulau Labun Barelang Batam
Tamu yang sedang bermain kayak di Pulau Labun

Keasikan karaoke ternyata waktu terlewati hampir satu jam, dan kami pun dengan terpaksa mengakhiri kerusuhan yang tak mau berhenti, bernyanyi itu asik gaess walau suara pas pasan yang penting nyanyi, happy toh ?? happy dong :)

PAKET MENGINAP TAHUN BARU 2020

Sebelum pulang aku sempat melihat beberapa villa dan isi dalamnya,  dan meminta harga kepada pengelolanya, mana tau suatu saat nanti aku dan kamu akan berakhir pekan disini, eaaaa :)  Oh iya villanya terdiri dari 1Queen Bed untuk 2 orang dewasa, dan 2 Single Bed untuk anak anak, jadi memang satu villa bisa diisi oleh 4 orang, ada toilet didalam dan juga ada Kipas Angin / AC.

Berikut daftar harga yang aku dapatkan dari pengelolanya

Khusus untuk malam tahun baru menginap di villa  + sarapan :

• Rp 2.400.000/ room maximal 4 pax ( Untuk anak usia 5-10 mendapat potongan Rp 600.000
  • RM 800/ room maximal 4 pax ( Untuk anak usia 5-10 mendapat potongan RM 200
  • SGD 240 / room maximal 4 pax ( Untuk anak usia 5-10 mendapat potongan SGD 60

Khusus untuk malam tahun baru menginap di tenda  + sarapan :

• Rp 900.000/ room maximal 4 pax ( Untuk anak usia 5-10 mendapat potongan Rp 150.000
  • RM 300/ room maximal 4 pax ( Untuk anak usia 5-10 mendapat potongan RM 75
  • SGD 100 / room maximal 4 pax ( Untuk anak usia 5-10 mendapat potongan SGD 25

Villa Pulau Labun Barelang Batam
Villa di Pulau Labun

Kamar Villa di Pulau Labun max 4 orang

Tenda Pulau Labun Barelang Batam
Tenda di Pulau Labun
Nah diatas itu kan harga untuk menyambut tahun baru 2020, Jika untuk hari biasa atau weekend juga bisa menginap disana dengan harga yang tentunya lebih murah, yakni :

Paket menginap 2D1N Rp 650.000 untuk 2 orang lokal, Wna Rm 465 serta Sgd 160
Paket menginap 3D2N Rp 1.300.000 untuk 2 orang lokal, Wna Rm 765 dan Sgd 260
Include :

• Transportasi dari dermaga ke Pulau Labun ( PP )
  • Snorkling dan peralatannya serta instruktur berpengalaman
  • Kayak
  • Dokumentasi bawah laut
  • Permainan balon air
  • Banana Boat  dan Fishing ( Khusus Wna )
  • Makan 6-7 x

Atau ada juga ni paket DINNER dengan minimum 30 pax seharga Rp 200.000/ pax, dimana acaranya di mulai dari jam 6.30- 8.00pm, disini tamu juga akan menikmati sajian seafood segar seperti daging ayam, daging sapi, udang, sayuran, kerupuk dan sambal, serta ada buah buah segar dan juga pastinya live music yang akan menambah meriah suasana malam di tepi pantai Pulau Labun.

Sebenarnya masih ingin berada di Pulau Labun, masih ingin snorkling karena aku senang melihat beraneka ragam ikan, terumbu karang dan juga ubur ubur, namun apa daya tour kali ini yang aku ikuti hanya one day, artinya pergi pagi pulang sore. Semoga suatu saat aku bisa menginap disini deh, biar lebih puas dengan fasilitas yang disediakan Pulau Labun.

Jalan trans barelang setelah jembatan 6
Wa : +62 81277493335
Email : admin@labun-island.com
IG : labun.islandbatam

Komentar

1. ihhh jadi pengen snorkeling di labun *.*

Balasan
    1. eaaaa menyenangkan banget snorkling di Labun...ikannya banyakk...siap ditangkap dan digoreng...*eeh

Hapus
  2. waaah. seru banget. jadi pengen balik lagi ke pulau labun.

Balasan
    1. KUY...kita agendakan kepulau Labun sama sama :)

3. Duh Pulau Labun makin keren aja nih kak, pengen main kesini jadinya

Balasan
    1. Yuk yuk...kita rencanakan Nenda di Pulau Labun biar puas liburannya 2 hari 1 malam

Hapus
  4. Tempatnya seru bangett ����.

Balasan
    1. iya kak...betah ada disini apalagi untuk yang senang snorkling pasti suka, karena ikannya banyak

5. disana ada signal ga kak ? bagus ini buat referensi tahun baruan kesana

Balasan
    1. di Pulau Labunnya ada signal, jadi tetap bisa eksis sembari liburan :)

Hapus
  6. Yaaa ampuun kak, ku pikir ini tadi di NTT lhoo ternyata di Batam. IIIhhhh kece kalii kak, pengeeen kesana jugaaa

BalasHapus
  7. Apakah jalanan di kampung cukup panjang untuk riding ???
    Kira kira kalo dikelilingi berapa kilometer ??

1. paling 2 km aja kok, gak terlalu panjang di dalam pulaunya

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid