Friday, 2 September 2016

Pemandian air panas Suban Mas Curup Bengkulu

Air Terjun Dua cabang Suban Mas

Pagi ini, setelah di buatkan sarapan segelas susu dan beberapa buah jagung rebus oleh mbak Tuti, kami pun pergi ketempat wisata pemandian air panas suban mas yang berada di Kelurahan Talang Ulu, kecamatan Curup Timur kabupaten Rejang Lebong Bengkulu. Udara terasa sangat dingin disini, dan aku benar benar bisa menikmati betapa segarnya udara disepanjang jalan yang kulalui.



Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/per orang kita bisa menikmati kolam yang berisi air panas maupun dingin, soal jajanan jangan khawatir, sudah banyak yang berjualan di area kolam.
Yang lebih menyenangkan di pemandian suban mas ini adalah terdapatnya air terjun yang airnya sangat deras, Wow benar benar segar disini, dan diantara dinginnya air terjun, terdapat juga mata air panas, sehingga disaat kedingingan kita bisa langsung ngadem di sumber air panas.  Hanya saja untuk menuju ke air terjun ini, kita harus membayar retribusi Rp 3.000/ per orang, karena kawasan yang di lewati adalah rumah warga, dan jangan khawatir jalanannya bersih kok, karena memang mereka sangat menjaga areanya. Mau duduk santai dirumah warga ini,sembari minum teh panas  disini juga bisa , yang empunya rumah orang yang sangat ramah.

Senang bukan main nemu air terjun yang deras ini..




Kolam Air Dingin

Sebelum Berendam Badan, Rendam kaki dolo..panass eeii tapi enak buat badan

Sudah puas berbasah basahan dingin dan panas ? kita bisa melanjutkan perjalanan keliling area kolam, dan melihat  Cagar budaya Batu Tri Sakti. Sejarahnya Batu ini di kuasai oleh penguasa yang bernama Rajo Bitan ( Orang Rejang ) , kemudian datanglah Rajo Bengkulu serta seorang putri dari Mojopahit yang bernama Putri Selangkah, Ketiga tokoh ini bersama sama bermusyawarah dan saling mendukung dalam hal keamanan wilayah di  lokasi Suban air panas dan duduk di Tiga buah batu yang sekarang dikenal dengan Batu Tri Sakti, Peninggalan Batu ini menjadi tempat yang selalu di ziarahi oleh pendatang, baik lokal maupun dari daerah lain.

Batu Tri Sakti, yang dijadikan tempat jiarah bagi para pendatang

Selain Batu Tri Sakti, ada juga cagar budaya bersejarah Batu Menangis, konon sejarahnya dahulu setiap bulan purnama yang tepatnya malam 14 suro ( Muharam ) sering terdengar suara tangisan perempuan yang diyakini sebagai tangisan Putri Selangka yang sedang bersedih karena anak anaknya sedang hidup sengsara. ( waah saya agak merinding juga dengar cerita ini, namun saya selalu positif thinking, bahwa apapun boleh terjadi di dunia ini atas se izin Allah )

Batu Menangis, yang KATANYA batu ini selalu berisi air.

Untuk area taman bermain anak anak juga disediakan disini, sehingga Pemandian Suban Mas ini tak salah menjadi tempat pilihan berwisata untuk keluarga. Dan saya pribadi juga merasa nyaman berendam cantik di air panas ini..serasa badan menjadi begitu segar.


























6 comments:

  1. Replies
    1. mungkin jinnya yang nangis..hehe

      Delete
    2. itu kepercayaan orang disana loh mas..dan sampai sekarang masih banyak yang datang untuk mengunjungi batu tsb.. kalo saya mah mengunjungi air terjun dan berendam di air panasnya saja sudah alhamdulillah nikmatnya hidup ini...hehehhe

      Delete
  2. keren mba... saya aj yg ada keturunan bengkulu blm pernah kesana

    ReplyDelete
  3. oh ya??? saya betah loh lama2 berada diarea sini.. adeeemmm

    ReplyDelete