Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

1 comment


Bahasa Inggris saat ini sudah menjadi bahasa international yang sudah digunakan ditiap tiap perusahaan, tak heran mulai dari balita hingga dewasa sudah harus terbiasa dengan bahasa inggris. Namun bagaimana jika kita sama sekali tidak faham dengan bahasa Inggris ?


Jangan terlalu khawatir atau takut yang berlebihan jika sama sekali belum bisa bahasa Inggris , karena Ketika kita belajar Bahasa Inggris dari dasar, ada banyak aspek yang harus kita pelajari. Salah satunya adalah belajar menulis, membaca, dan mendengar. 


Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula


Dengarkan radio atau podcast berbahasa Inggris. 

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pemahaman mendengarkan bahasa Inggris mu adalah dengan mengunduh podcast atau aplikasi radio berbahasa Inggris di ponsel atau pemutar MP3 kamu, kemudian harus berusaha mendengarkan podcast atau acara radio setidaknya selama 30 menit per hari. Lakukan di gym, dalam perjalanan ke kantor, atau saat kamu sedang duduk di depan komputer.


Berusahalah untuk memahami apa yang dikatakan, jangan biarkan bahasa Inggris menguasai mu. Ini adalah cara belajar bahasa inggris untuk pemula yang efektif. 


Bahkan jika kamu merasa terlalu cepat, cobalah untuk memilih kata dan frasa kunci untuk mendapatkan gambaran umum tentang isi percakapan. Jika kamu bisa, catat kata atau frasa apa pun yang tidak kamu pahami dan cari terjemahan setelahnya. Kemudian dengarkan podcast atau tampilkan lagi untuk mendengar kata atau frasa baru dalam konteks.


Tonton film dan acara TV berbahasa Inggris. 

Cara lain yang menyenangkan untuk meningkatkan pemahaman mendengarkan mu adalah dengan menonton film dan acara TV berbahasa Inggris. Cobalah untuk memilih film atau acara TV yang akan kamu nikmati -- ini akan membuat latihan terasa tidak terlalu berat. Jika memungkinkan, pilih film atau acara yang sudah kamu kenal, seperti kartun anak-anak atau film blockbuster. 


Jika kamu sudah mengetahui cerita dasarnya, kamu akan menemukan bahasa yang lebih mudah untuk dipahami. Namun, kamu harus menghindari menonton film atau acara televisi dengan teks terjemahan dalam bahasa ibu mu itu hanya akan mengalihkan perhatian mu dan membuat kamu kurang fokus untuk memahami bahasa Inggris, yang merupakan inti dari latihan ini.


Kemudian sering seringlah mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris, apakah lagu untuk anak anak maupun lagu dewasa, dengan seringnya mendengar lagu dan mengikuti liriknya, bisa jadi lidah menjadi terbiasa untuk mengucapkan kalimat kalimatnya.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

  1. duluu waktu SMP pengen banget lancar ngomong inggris, sampe majalah aja aku beli yang full inggris. maksudnya pengen banyakin kosakata gitu
    tapi kalau soal teori, aku ga pinter banget hahaha. padahal udah sering ikut les sana sini

    BalasHapus

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)