Menyaksikan Trial 5G Dari Smartfren Bersama Kominfo Dan Media

No Comments

Jaringan 5G, apa itu  Jaringan 5G ? seperti apa lagi teknologi jaringan yang mengusung 5G ? pasti pertanyaan ini akan memenuhi isi kepala kita saking penasarannya.  Jaringan 5G merupakan generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel untuk meneruskan jaringan sebelumnya yakni 4G sebagai jaringan utama untuk perusahaan selular dan produsen telepon.


Tak hanya itu, kemampuan jaringan internet 5G juga disebut memiliki kecepatan 10 kali lipat lebih cepat dari jaringan 4G, sehingga mampu memberikan layanan streaming film dan video tanpa nge-lag dan tentunya berkwalitas tinggi, cloud gaming dengan latensi rendah, ketersediaan dan kapasitas data besar, kualitas video call lebih lancar dan jernih.


Trial 5G Smartfren


Smartfren Uji Coba Teknologi 5G Bersama Kominfo Dan Media

Jaringan 5G tentunya menjadi harapan bagi semua pelaku operator selular untuk memberikan layanan terbaik bagi para konsumennya, untuk itu Smartfen pada tanggal 17 Juni 2021 di Galery Smartfren Jakarta  disaksikan oleh Kominfo dan awak media, menggelar pengujian jaringan 5G tahap kedua. Uji coba teknologi 5G ditujukan untuk memperlihatkan kinerja dan kemampuan teknologi telekomunikasi terbaru. 


Bapak Mulyadi, ST.,MT., Sebagai Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, dalam pembukaan acara Trial 5G mengatakan " hasil uji coba ini tentu saja ditunggu tunggu oleh semua orang, karena ingin melihat seberapa efektif penggunaan frekuensi tinggi  untuk layanan 5G sehingga kita bisa me-review dan merencanakan kembali bagaimana pita frekuensi tinggi ini digunakan untuk layanan 5G dimasa depan.




Beberapa hal yang dilakukan pada uji coba saat memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat, diantaranya :

  • Penggunaan 5G pada Modem WIFI ( MiFi )
  • Pemutaran video 360
  • Virtual Reality ( VR )
  • Virtual Reallu Game
  • Augmented Reality ( AR )


Dalam trial 5G yang diadakan di Galery Smartfren Jakarta dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi Smartfren seperti :


Bapak Merza Fachys, selaku President Director Smartfren

Beliau mengatakan, kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk dunia industri telekomunikasi di Indonesia. Dalam pengujian tahap kedua ini, skenario yang diujikan menggunakan MiFi kemudian menghubungkannya ke headset VR dan AR. Setelah itu pada headset VR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia milik Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, streaming game VR melalui laptop gaming serta menggunakan headset AR yang terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu.


Bapak Shurish Subbramaniam, selaku Chief Technology Officer Smartfren

Selaku Chief Technology Officer Smartfren, Bapak Shurish mengatakan bahwa Smartfren akan selalu mengedepankan pengalaman terbaik untuk semua pelanggannya. Untuk itu guna mendukung semua skenario penggunaan 5G yang mengandalkan kecepatan, keamanan, dan koneksi berlatensi rendah sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan perusahaan, maka Smartfren telah menunjukkan kemampuan infrastruktur end-to-end dalam jaringan 5G nya.


Smartfren juga telah meletakkan pondasi 5G diseluruh negeri, dengan memanfaatkan inti berbasis teknologi cloud, transportasi yang ditentukan oleh piranti lunak. Radio akan diaktifkan sesuai kebutuhan brand dan spektrum. Setiap uji skenario yang ditunjukkan disini telah menunjukkan kemampuan Smartfren untuk memenuhi semua skenario penggunaan 5G termasuk koneksi data berkecepatan tinggi, pendidikan cerdik melalui VR, perjalanan virtual, pemantauan jarak jauh dan masih banyak lagi.


Untuk memperlancar Trial 5G, Smartfren didukung penuh oleh ZTE dan Qualcomm. Dalam pengujian tahap kedua ini, berhasil memperlihatkan kecepatan hingga lebih dari 1,8 Gbps diberbagai perangkat Customer Premise Equipment ( CPE ) seperti modem dan MiFi 5G.


Trial 5G Smartfren



Mr. Warren Huang, selaku Chief Marketing Officer, ZTE Indonesia mengatakan, bahwa kami percaya 5G mampu menciptakan inovasi dan mendorong pengembangan yang lebih baik di berbagai perangkat dan teknologi. Kami sangat senang dapat mendukung Kementrian Komunikasi dan Informatika yang bekerja sama dengan Smartfren dalam uji coba 5G untuk memberikan gambaran tentang manfaat 5G, dan kedepannya, kami akan terus bekerja sama dengan Smartfren untuk membawa kemampuan terbaik kami dalam meningkatkan manfaat 5G untuk kehidupan kita.


Sementara dari Managing Director Qualcomm Indonesia  Bapak Shannedy Ong, menambahkan bahwa Qualcomm menyambut baik kerjasama Kementrian Komunikasi dan Informatika dengan Smartfren dalam mendukung Indonesia mencapai Industri 4.0 diman 5G memainkan peran penting dalam industri dan pengalaman konsumen. 


Para tamu begitu antusias mencoba jaringan 5G baik melihat kwalitas  video yang diputar  bahkan saat memainkan VR Game, begitu juga dengan awak media yang semakin penasaran kapan 5G akan dilaunching oleh Smartfren. Namun dari beberapa Nara sumber menjawab " SOON" sembari tersenyum penuh keyakinan. Hayuk kita doakan Smartfren segera melaunching 5G diberbagai kota di seluruh Indonesia, dan semoga Batam termasuk didalamnya :) 


Foto bersama trial 5G Smartfren

Sesi terakhir dari acara Trial 5G Smartfren diadakan foto bersama baik dengan para tamu dan juga media. Namun bagi yang masih ingin melihat keseruan Trial 5G bisa melihat kembali acaranya melalui akun Youtube resmi Smartfren










Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)