Langsung ke konten utama

Menyaksikan Trial 5G Dari Smartfren Bersama Kominfo Dan Media

Jaringan 5G, apa itu  Jaringan 5G ? seperti apa lagi teknologi jaringan yang mengusung 5G ? pasti pertanyaan ini akan memenuhi isi kepala kita saking penasarannya.  Jaringan 5G merupakan generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel untuk meneruskan jaringan sebelumnya yakni 4G sebagai jaringan utama untuk perusahaan selular dan produsen telepon.


Tak hanya itu, kemampuan jaringan internet 5G juga disebut memiliki kecepatan 10 kali lipat lebih cepat dari jaringan 4G, sehingga mampu memberikan layanan streaming film dan video tanpa nge-lag dan tentunya berkwalitas tinggi, cloud gaming dengan latensi rendah, ketersediaan dan kapasitas data besar, kualitas video call lebih lancar dan jernih.


Trial 5G Smartfren


Smartfren Uji Coba Teknologi 5G Bersama Kominfo Dan Media

Jaringan 5G tentunya menjadi harapan bagi semua pelaku operator selular untuk memberikan layanan terbaik bagi para konsumennya, untuk itu Smartfen pada tanggal 17 Juni 2021 di Galery Smartfren Jakarta  disaksikan oleh Kominfo dan awak media, menggelar pengujian jaringan 5G tahap kedua. Uji coba teknologi 5G ditujukan untuk memperlihatkan kinerja dan kemampuan teknologi telekomunikasi terbaru. 


Bapak Mulyadi, ST.,MT., Sebagai Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, dalam pembukaan acara Trial 5G mengatakan " hasil uji coba ini tentu saja ditunggu tunggu oleh semua orang, karena ingin melihat seberapa efektif penggunaan frekuensi tinggi  untuk layanan 5G sehingga kita bisa me-review dan merencanakan kembali bagaimana pita frekuensi tinggi ini digunakan untuk layanan 5G dimasa depan.




Beberapa hal yang dilakukan pada uji coba saat memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat, diantaranya :

  • Penggunaan 5G pada Modem WIFI ( MiFi )
  • Pemutaran video 360
  • Virtual Reality ( VR )
  • Virtual Reallu Game
  • Augmented Reality ( AR )


Dalam trial 5G yang diadakan di Galery Smartfren Jakarta dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi Smartfren seperti :


Bapak Merza Fachys, selaku President Director Smartfren

Beliau mengatakan, kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk dunia industri telekomunikasi di Indonesia. Dalam pengujian tahap kedua ini, skenario yang diujikan menggunakan MiFi kemudian menghubungkannya ke headset VR dan AR. Setelah itu pada headset VR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia milik Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, streaming game VR melalui laptop gaming serta menggunakan headset AR yang terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu.


Bapak Shurish Subbramaniam, selaku Chief Technology Officer Smartfren

Selaku Chief Technology Officer Smartfren, Bapak Shurish mengatakan bahwa Smartfren akan selalu mengedepankan pengalaman terbaik untuk semua pelanggannya. Untuk itu guna mendukung semua skenario penggunaan 5G yang mengandalkan kecepatan, keamanan, dan koneksi berlatensi rendah sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan perusahaan, maka Smartfren telah menunjukkan kemampuan infrastruktur end-to-end dalam jaringan 5G nya.


Smartfren juga telah meletakkan pondasi 5G diseluruh negeri, dengan memanfaatkan inti berbasis teknologi cloud, transportasi yang ditentukan oleh piranti lunak. Radio akan diaktifkan sesuai kebutuhan brand dan spektrum. Setiap uji skenario yang ditunjukkan disini telah menunjukkan kemampuan Smartfren untuk memenuhi semua skenario penggunaan 5G termasuk koneksi data berkecepatan tinggi, pendidikan cerdik melalui VR, perjalanan virtual, pemantauan jarak jauh dan masih banyak lagi.


Untuk memperlancar Trial 5G, Smartfren didukung penuh oleh ZTE dan Qualcomm. Dalam pengujian tahap kedua ini, berhasil memperlihatkan kecepatan hingga lebih dari 1,8 Gbps diberbagai perangkat Customer Premise Equipment ( CPE ) seperti modem dan MiFi 5G.


Trial 5G Smartfren



Mr. Warren Huang, selaku Chief Marketing Officer, ZTE Indonesia mengatakan, bahwa kami percaya 5G mampu menciptakan inovasi dan mendorong pengembangan yang lebih baik di berbagai perangkat dan teknologi. Kami sangat senang dapat mendukung Kementrian Komunikasi dan Informatika yang bekerja sama dengan Smartfren dalam uji coba 5G untuk memberikan gambaran tentang manfaat 5G, dan kedepannya, kami akan terus bekerja sama dengan Smartfren untuk membawa kemampuan terbaik kami dalam meningkatkan manfaat 5G untuk kehidupan kita.


Sementara dari Managing Director Qualcomm Indonesia  Bapak Shannedy Ong, menambahkan bahwa Qualcomm menyambut baik kerjasama Kementrian Komunikasi dan Informatika dengan Smartfren dalam mendukung Indonesia mencapai Industri 4.0 diman 5G memainkan peran penting dalam industri dan pengalaman konsumen. 


Para tamu begitu antusias mencoba jaringan 5G baik melihat kwalitas  video yang diputar  bahkan saat memainkan VR Game, begitu juga dengan awak media yang semakin penasaran kapan 5G akan dilaunching oleh Smartfren. Namun dari beberapa Nara sumber menjawab " SOON" sembari tersenyum penuh keyakinan. Hayuk kita doakan Smartfren segera melaunching 5G diberbagai kota di seluruh Indonesia, dan semoga Batam termasuk didalamnya :) 


Foto bersama trial 5G Smartfren

Sesi terakhir dari acara Trial 5G Smartfren diadakan foto bersama baik dengan para tamu dan juga media. Namun bagi yang masih ingin melihat keseruan Trial 5G bisa melihat kembali acaranya melalui akun Youtube resmi Smartfren










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid