Langsung ke konten utama

Beberapa Wisata Yang Bisa Di Kunjungi di Medan Sumatera Utara



Bandara Kuala Namu

Medan Sumatera Utara tidak hanya terkenal dengan Danau Tobanya yang super luas seperti lautan, Namun masih banyak tempat wisata, yang bisa dikunjungi saat kita berwisata ke Sumatera Utara.
Nah kali ini aku ingin berbagi beberapa tempat wisata yang sayang dilewatkan jika sudah berada di Sumatera Utara Jika kita memiliki waktu hanya 2 hari :

1. Istana Maimun dan Masjid Raya

Masjid Raya dan Istana Maimun ini terletak tidak berjauhan, Sehingga untuk menuju ke 2 tempat ini kita bisa jalan kaki saja, Paling 5 menit udah sampai. Terletak di tengah kota Medan.


Istana Maimun Tampak Samping

Istana Maimun

Taman di Depan Istana Maimun

Masjid Raya Medan / Al Mashun

Bagian Dalam Masjid Raya Medan / Al Mashun



2. Danau Toba

Danau terluas di indonesia, dan menjadi icon nya Sumatera Utara, untuk menuju Danau toba, membutuhkan waktu sekitar 4 jam dari kota Medan, Bisa menggunakan Bus dari stasiun bus amplas dengan biaya sekitar Rp 40.000 maupun bisa menggunakan Travel dengan biaya kurang lebih Rp 70.000

View Danau Toba dari Pelabuhan 

Duduk Santai di atas Fery menuju Samosir 

Ini bukan Lautan...Tapi ini Danau Toba


3. PULAU SAMOSIR

Pulau Samosir terletak di tengah tengah Danau Toba, cukup naik ferry dari parapat dengan biaya sekitar Rp 15.000 dan lama perjalanan kurang lebih 1 jam. Di Pulau Samosir terdapat beberapa wisata, salah satunya Makam Raja Siallagan.


Sawah2 yang ada Di Pulau Samosir

Diatas Bukit Pulau Samosir

Huta Siallagan di Samosir


4. TOMOK

Wisata di Tomok masih dalam area  Samosir, sehingga kita cukup berjalan kaki saja ketika sampai dipelabuhan untuk mengelilingi area Tomok. Disini kita bisa melihat atraksi Tarian dari Patung Sigale gale, ada 2 tempat yang menyediakan patung si gale gale, dan sekali pertunjukkan penonton dikenakan biaya Rp 80.000. Serunya disini kita bisa ikutan menari dan mendengar cerita sejarahnya pembuatan patung sigale gale ini. Selain itu juga ada museum tomok, dan pasar oleh2.

Jangan Sungkan untuk menari bersama patung Sigale gale

Bisa Mencoba Baju Adat Sumatera Utara di Museum Tomok


5. Sidamanik

Sidamanik adalah sebuah Desa dimana terdapat beberapa wisata yang bisa dikunjungi antara lain, air terjun bahbiak, pemandian Bahdam, dan Kebun teh. Utk menuju Sidamanik membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Medan dengan biaya sekitar Rp 40.000 ( dari medan naik bus, dilanjutkan naik angkot saat berhenti disimpang 3 sidamanik )


Area Kebun Teh di Sidamanik
Pemandian Bahdam

Jernihnya Air di Bahdam


6. Gunung Simarjarunjung

Gunung Simarjarunjung terletak di kabupaten Simalungun, Udara disini cukup dingin, karena memang letaknya diatas. Dikawasan ini terdapat sebuah hotel yang bernama Siantar Hotel, Duduk di Restaurantnya sembari menikmati pisang goreng dan melihat view yang indah merupakan hal yang sangat menenangkan hati.

Taman yang ada Di kawasan Simarjarunjung

View Dari Restaurant yang ada di Simarjarunjung


7. Bukit Gundaling

Gundaling ada nama sebuah bukit yang ada di Berastagi, Untuk mengelilingi daerah Gundaling, bisa berjalan kaki maupun naik kuda, Karena banyak penyedia jasa kuda dikawasan ini. View dibukit Gundaling sangat indah, Dimana sawah2 dan gunung Sibayak dan Sinabung pun bisa kita lihat dengan jelas ketika cuaca sedang bagus.

View Gunung dilihat dari Bukit Gundaling

Sawah2 yang terlihat dari Bukit Gundaling

View Gunung dari Bukit Gundaling


8. Air terjun si piso piso

Air terjun ini berada di Desa Tongging Kabupaten Karo, Untuk masuk kawasan si Piso Piso kita akan dikenakan retribusi sebesar Rp 4.000/ orang, Dari area air terjun ini kita masih bisa melihat pesona Danau Toba yang indah.


Air Terjun Si Piso Piso 

View Danau Toba dari Si Piso Piso

Bonus Pemandangan Syantik dari si Piso Piso


9. Taman Alam Lumbini
Taman Lumbini terletak di Desa Tongkoh, kecamatan Dolatrayat Kabupaten karo, Untuk masuk ke area Taman Lumbini, tidak dikenakan biaya, hanya saja kita mengisi buku tamu dan tidak diperkenankan membawa makanan. Disini terdapat replika pagoda Shwedagon, dan taman taman yang tertata rapi.


Pagoda Shwedagon  yang megah 

Area Pagoda yang Luas


Selain tempat wisata diatas, kita bisa mampir di Berastagi untuk membeli buah buahan, dan berhenti di spot spot cantik yang kita jumpai di sepanjang perjalanan. Selamat berwisata ya teman teman.

Tips :
  • Jika berpergian sendiri jangan segan untuk bertanya pada supir atau warga tentang keadaan / lingkungan yang akan dikunjungi.
  • Jika menyewa mobil usahakan supirnya hafal tempat wisata, sehingga kita gak buang buang waktu dijalan hanya untuk mutar mutar mencari tempat yang dituju
  • Jika dari luar daerah, usahakan cari penerbangan pertama, dan pulangnya cari penerbangan paling terakhir.

Happy holiday ya guys..


































































Komentar

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Serunya Bermain Cable Ski di Batam Wake Park Bengkong

Mendengar permainan Cable Ski biasanya kesan pertama itu harganya MUAHAL ! dan hanya orang orang berduit lah yang sanggup menikmati water sport ini. karena dihari sabtu dan minggu harga bermain cable ski ini  Rp 250.000/ jam. Namun jangan minder duluan, karena Batam Wake Park yang ada di Bengkong ini memberikan harga promo di weekday hanya RP 50.000/ hari, Nah loh ?? masih gak pengen nyobain main watersport yang seru ini ? promo dari Batam Wake park Beralamat di kawasan golden city bengkong, Batam wake park ini hadir untuk meramaikan permainan yang penuh tantangan di atas air.  Ada dua area danau buatan yang disediakan bagi peserta yang ingin bermain cable ski. 1 Danau kecil  Disinilah tempat bagi pemula belajar cara memainkan wakeboarding/ cable ski. pertama tama kita wajib memakai life jacket, helmet, wakeboarding dan mengikatnya dengan erat.  Kemudian pelatihnya akan mengajari teknik teknik bermain cable ski. Kedengarannya simple dan mudah ya ? Tapi percayalah, kam

Indahnya Pantai Glory Melur Barelang Batam

Siapa ni disini yang paling senang hunting pantai baru yang ada di Batam ? Yang tunjuk tangan satu hati dong sama aku hehehe. Gatal aja bawaan kaki kalo udah dengar ada pantai baru yang dibuka. Apalagi kalo didaerah Barelang, karena aku tau disana lautnya bagus, pasirnya lembut serta kalo air laut sedang pasang, duuh jernih banget airnya, sejernih hatiku, eaaaa. Sejak di buka pada akhir Desember 2020, baru di bulan Februari 2021 aku bisa mengunjungi Pantai Glory Melur yang semakin hari semakin diminati oleh para pengunjung ini. Tak salah menurutku karena kalo dilihat dari foto foto yang bertebaran di media sosial, Pantai Glory Melur memang indah dan rapi penataannya. Minggu pagi sengaja aku turun dari rumah jam 6.00 lantaran aku juga ingin melihat moment sunrise di daerah Jembatan 1. Namun sayang karena harus mampir membeli sarapan dan mengisi bahan bakar, akhirnya aku kesiangan juga. Matahari sudah naik saat aku sampai di Jembatan 1 Barelang. Perjalanan tetap aku lanjutkan dengan sena