Senin, 23 Mei 2016

TRI SUCI WAISAK 2560 DI MAHA VIHARA DUTA MAITREYA KOTA BATAM



Hari minggu ini setelah berberes rumah, kulihat cuaca diluar masih cerah. Aku teringat hari ini adalah hari perayaan waisak, dan aku teringat sebuah vihara besar yang ada di kota batam, dimana Vihara ini selain menjadi tempat para wisatawan untuk berkunjung, juga sering mengadakan bazar makanan vegetarian. Vihara Duta Maitreya yang berlokasi di bukit beruntung Sungai Panas ini,  di resmikan pada tanggal 23 Januari 1999 oleh Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Republik  Indonesia Bapak Drs. Marzuki Usman, M.A dan Menteri Agama Republik Indonesia Bapak Prof. Drs.H.A Malik Fadjar, M.Sc

Nah Tanggal 21 may 2016, Umat buddha merayakan hari waisak, yakni perayaan untuk mengenang hari kemenangan Sang Buddha dalam mencapai kebahagiaan yang tinggi. Adapun Tri Suci Waisak ini mencakup dalam 3 Aspek yakni Kelahiran Pangeran Siddharta, Pencapaian penerangan Sempurna, dan terakhir Pencapaian Parinibbana atau wafatnya sang Buddha.

Suasana Vihara begitu ramai, ada ribuan orang yang begitu hikmad silih berganti, melakukan ritual sembahyang didalam ruangan yang terbilang besar ini. mereka mengambil alat dupa yang akan mereka bakar dan mereka letakkan di tepi patung Buddha. Dan juga terlihat antusias umat buddha mengantri untuk memandikan patung buddha. Pemandian Patung ini bermakna untuk membersihkan hati dan bathin.







Dalam perayaan Tri Suci Waisak, turut diadakan Bazar makanan dan Minuman mulai dari Nasi lemak, prata, Nasi goreng, Martabak india, Nasi padang, sushi yang pastinya semua bahan tersebut bebas dari daging hewani, alias bernuansa vegetarian, dan beraneka jenis jus serta minuman. Antusias warga kota batam begitu terasa tak hanya dari kalangan umat buddha, namun dari masyarakat non buddha juga begitu menikmati bazar makanan ini, oh iya untuk membeli makanan dan minuman disini kita bisa menukarkan nya dengan kupon.


Martabak India Vegetarian


Ketika kami berkeliling melihat stand bazar yang disediakan, kami berhenti disebuah stand yang menjual minuman Kopi Kebahagiaan Alami. Sebiji kopi yang kecil namun penuh kebahagiaan, terkandung keharuman alami bunga bunga herbal, buah buahan, membuat kopi kebahagiaan ini terasa alami, Kopi kebahagiaan dibuat dengan biji kopi mentah pilihan yang dipanggang dengan suhu ringan untuk mempertahankan unsur alami dari biji kopi, sehingga menghasilkan biji kopi yang beraroma harum dengan rendah cafein.

Kopinya berwarna kemerahan



Indonesia memang kaya kebudayaan, dan tradisi, dan perbedaan ini semoga selalu bisa menjadikan kita masyarakat yang saling menghormati , menjaga, dan menjunjung tinggi kebudayaan dan tradisi masing masing.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar