Jumat, 13 Mei 2016

Masjid Raya Al Mahsun - Medan Sumatera Utara

Berwisata ke Medan tak lengkap rasanya jika tidak mampir Ke Masjid Raya Al Mahsun, Maklum saja Masjid ini merupakan salah satu Icon wisata di Kota Medan.


Ini kesempatan kedua saya mengunjungi Masjid Raya Al Mashun. Karena letaknya ditengah kota, membuat Lokasi Masjid ini sangat mudah untuk dikunjungi, Mau menggunakan Angkutan umum juga banyak. tapi saya lebih senang menggunakan sepeda motor, karena lebih leluasa melenggang dijalan dan bisa menghindari macet.



Selalu ramai dikunjungi 

Masjid Raya Al Mashun merupakan salah satu masjid yang pernah menjadi Masjid resmi kesultanan Deli. Dibangun pada Tahun 1906 dan selesainya pada Tahun 1909. Di atas lahan seluas 18.000m2, Masjid ini bisa menampung 1.500 jamaah.  Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah IX sengaja membangun Masjid Raya Al Mashun dengan megah sehingga Masjid ini menjadi bukti sejarah penginggalan dari Kesultanan Melayu Deli di Kota Medan.




Saya selalu takjub melihat bentuk bangunan Masjid Raya ini, memiliki bentuk persegi delapan, dengan empat serambi utama di bagian depan, belakang dan samping kiri dan kanan. Keempat serambi tersebut sekaligus menjadi pintu masuk ke dalam Masjid Raya. Dan Dibagian dalamnya, terdapat pilar2 besar yang menyanggah kubah utama. Sedangkan empat kubah lainnya berada di atas keempat serambi. 








Sungguh menyenangkan dan menenangkan hati jika disetiap perjalanan yang saya lakukan saya bisa menemukan Masjid, Dimana saya bisa mengimbangi antara kebahagiaan hati dan kewajiban diri.
Namun ketakjuban saya sedikit memudar ketika saya melihat begitu banyak pengemis yang berjejer diarea depan masuk kawasan masjid, Semoga pemerintah setempat lebih menjaga kenyamana bagi para wisatawan yang berkunjung ke Masjid Raya Al-Mashun ini. Dan untuk jajanan jangan khawatir, diluar pagar kawasan Masjid banyak kok yang berjualan makan dan minuman dengan harga yang sangat terjangkau.  Selamat Berwisata :)















Tidak ada komentar:

Posting Komentar