Senin, 09 Mei 2016

Meditasi di Pa-Auk Tawya Barelang - Batam

Liburan panjang bagi sebagian orang memanfaatkannya dengan berbagai macam cara, ada yang pergi keluar negeri, ke luar kota atau ada juga hanya dirumah saja. Ya seperti sayalah, liburan panjang kali ini saya pun membatalkan kepergian saya ke kota Bengkulu untuk melihat bunga Raflesia secara langsung..saya berbenah dirumah saja..memperbaiki yang mulai rusak..maklum saja bulan ramadhan sebentar lagi, saya ingin ada perubahan sedikit suasana dirumah..





Hari ke 3 libur saya masuk kerja,  Maklum saya bekerja di Perusahaan swasta dimana walau sabtu setengah hari, saya kudu kerja agar gaji saya tidak dipotong...sayang dek..dah lah gaji kecil, di potong pula...blom lagi dipotong utk pajak...hhrrgg capek hati kakak kalo liat potongan gaji tiap bulan itu..

Jam 12 siang jam kantor akhirnya berakhir, Suasana hati juga sedang galau..galau krn tak bejalan..hahahah.  Akhirnya ide memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi pun muncul utk menelusuri perjalanan keujung barelang.. Namun karena ada teman yg mau bergabung, ide gila itu di urungkan...nyawa orang lain eei yg ikut dipikirkan..Hujan deras sempat membuat kami mengundur waktu sampai jam 2..cuaca mulai cerah, aku pun menjemputnya..Menelusuri perjalanan santai membuatku berfikir takkan bisa sampai diujung barelang 50 menit seperti yg aku lakukan sendiri.. Akhirnya kami berhenti saja di sebuah vihara yang mulai ramai dikunjungi orang.

Kami berhenti didepan portal yang ada tulisan dilarang masuk.. namun kulihat semua orang sepertinya cuek dengan tulisan tersebut..mereka keluar masuk saja..akhirnya kami masuk juga, sembari niatku mencari pengelola disana untuk menanyakan tulisan tsb. Sampai didalam, kami disambut hangat oleh seorang tamu juga..kami justru di arahkan memarkir kendaraan diatas, supaya gak capek jalan.. makasih ya koko ganteng...sopan lagi..

Sejenak aku melihat disekeliling nya,,indah sekali tempat ini..bersih dan memang terawat. Tangga demi tangga ku lalui, tetap tak ada kutemui orang yg bisa kutanya..sembari menunggi siapa yg bisa memberiku pertanyaan atas tulisan itu, kami menikmati suasana disini.. indah..indaaaah banget.. betah saya mah..hanya saja saya mulai risih dengan kedatangan anak2 remaja yg super heboh..akhirnya kami cari tempat lain lagi utk bersantai.. nah pada saat berteduh dari panas, saya melihat ada orang yg sedang membersihkan ranting2 pohon..disinilah saya bertanya kenapa ada tulisan dilarang masuk.. dan jawaban mereka..memang kawasan ini ditutup jika ada kegiatan ke Agamaan, diluar dari acara, vihara ini bisa dikunjungi.

Puluhan Anak tangga yang harus dilalui





Lokasi Pavorit saya untuk bersantai

Alhamdulillah kegelisahan hati saya terjawab..saya pun semakin nyaman meng explore tempat ini utk sekedar dikujungi dan dinikmati keindahan viewnya..bukan untuk datang , bikin keributan, trus nyampah..

Vihara Pa-Auk Tawya
Vipassana Dhura Hermitage ini berada setelah jembatan 4, tepatnya dipulau rempang . Jalan masuknya sekitar 2km, agak berbatuan karena masih tanah merah.. akses kesini bisa menggunakan motor atau mobil. jalan kaki dan sepedaan juga bisa asal kuat.. :) :) 




















2 komentar: