Langsung ke konten utama

Menjelajah Sumatera Utara 2D 1N

                                                       2D1N

            MEDAN- DANAU TOBA- SAMOSIR-TOMOK-TUK TUK- AEK SIDAMANIK
                                   KEBUN TEA SIDAMANIK- MEDAN

12 october 2015

Jam 8 pagi kami sudah tiba diterminal Amplas,dan kami membeli tiket tujuan Amplas -Parapat seharga Rp.40 rb/ per orang.. Bus yang kami naiki adalah Bus Sejahtera ( Bus nya besar dan dilengkapi dengan Kipas Angin ) dan jarak waktu yang ditempuh 5 jam menuju pelabuhan Ajibata parapat ( Danau Toba )

tiket bus sejahtera menuju danau toba (parapat )


konter pembelian Tiket


Dari Pelabuhan Ajibata ini kami menaiki Ferry menuju Tomok, biayanya 8Rb/ orang, dan lama tempuh perjalanan 1 jam. selama perjalanan menuju Tomok, pemandangan Danau toba sangat tidak indah, karena tertutup kabut asap..:(  k e  c e w a  pake banget dah.



kapal yang kami gunakan dari ajibata menuju Tomok


view danau toba yang tak indah


Sampai di Tomok jam 1, waktunya kami mengisi perut karena disekitaran pelabuhan Tomok terdapat banyak rumah makan, dari rumah makan Halal sampai Non Halal pun ada, dan harganya juga tak terlalu mahal lah..1 porsi untuk 2 lauk berkisar 27 rb, enak pula tuh....hehehehe menurut lidah saya seeh, setelah mengusap usap perut yang sudah terisi dan kenyang.... skrng waktunya menjelajah Area wisata Tomok, cukup dengan jalan kaki saja ya karena tempat wisatanya Sigale gale nya gak jauh kok.





Wisata pertama yang kami kunjungi ialah patung sigale gale, jika ingin menonton pertunjukkan patung sigale gale ini kita harus membayar Rp 80 rb + dpt mendengar cerita sejarah dari pembuatan patung sigale gale ini..kita juga diperbolehkan ikut menari dan menggunakan ulos dan ikat kepala khas sumatera...seru bangetlah... ( jika mau hemat Rp 80 rb ini bisa dishare dengan pengunjung lainnya yang mau ikut pertunjukkan sigale gale .. )



foto bersama patung sigale gale..
Puas menari dan berfoto foto, kamipun melanjutkan wisata kami ke makam raja Sidabutar, disini juga kita diberi kain ulos..hanya saja nanti dipintu keluar dari area pemakaman ini penjaga meminta sumbangan ala kadarnya, jadi buat kamu...pastikan siapkan uang pecahan sesukarelanya sajalah... yang penting ikhlas booooo :)






Dari mengunjungi makam raja Sidabutar kami berjakan lagi menuju Batak Museum Tomok, disini juga tempatnya kecil saja, hanya ada 1 bangunan museum dan beberapa gazebo untuk beristirahat melepas penat.
museum Tomok

beristirahat sejenak..

Tak mau membuang2 waktu, kamipun berbelanja oleh2 di Tomok...harganya juga gak terlalu mahal lah..Untuk kaos Lake Toba 20Rb, Sandal wanita Lake Toba 15 rb, dan baju kaos anak lengkap ( baju + celana ) 30 rb.. pintar2 lah menawarnya.



Puas berbelanja kami pun beranjak menuju hotel Caroline didaerah TUK TUK SIADONG, namun dari Tomok  ke Tuk Tuk jaraknya lumayan jauh, jadi kami harus menggunakan angkot atau jasa ojek..nah saat itu kami memilih menggunakan ojek..tarif yang mereka kenakan 20 rb/ per orang..namun saat dikasi 50 rb tuh ojek cuma bilang terimakasih dan pergi ...hedewww punya penyakit lupa ingatan ya pak.....ikhlas....:)

10 menit perjalanan kami sampai di Hotel Caroline, kami langsung menuju receptionist dan mulai memesan kamar, awalnya mereka bilang kamar ekonomi full, jadi mereka tawarkan kami kamar standart Rp 200rban keatas, cuma kami menolak..karena sebelum sampai dihotel ini kami sudah mau booking 
kamar ekonomi, hanya disuruh datang langsung..ada perdebatan sedikit karena mereka ngotot gak mau kasi kamar ekonomis, dan saya juga ngotot bahwa saya mau booking sebelumnya, namun di suruh datang langsung..Akhirnya mereka mengalah dan memberikan kami kamar ekonomi hadap pantai Rp. 180 rb/ permalam...( masih kategori mahal...krn yang kami mau ekonomis hrg Rp 125 rb)
tapi ya sutralah...kini kami yang mengalah...

Setelah meletakkan barang2..kami pun langsung mandi, dan keluar kamar...Subhanallah indahnya danau Toba sore ini...udaranya segar dan hotel caroline ini pun dibilang bersih dan nyaman meski dikejauhan sana masih berkabut...tak mau terlewatkan momen sore ini..kami pun berfoto2 dan berkeliling hotel dan daerah sekitarnya sampai malam 




kamar kami dilantai atas tampak depan

area kamar mandi

closet..heheheh buat merenung mencari inspirasi sambil....

view dari  teras depan kamar kami

kasur yang empuk..
sebenarnya kami masih ingin meng explore daerah samosir..namun karena sewa motor disini  sudah Rp 200.000 /perhari, dan perjam Rp. 40rb.. maka kami memutuskan untuk check out di jam 9 pagi, ( tentunya saya sudah puas berenang didanau toba pagi harinya, : ) ) dan kami melanjutkan wisata kami ke kebun tea daerah sidamanik.. Nah dari hotel caroline ini kami cukup menunggu dari belakang receptionist dan kapal yang tiap jam lewat menjemput kami.   
Adapun hotel yang dilewati kapal fery ini yakni Villa samosir, Hotel Caroline, Hotel Silintong dan Sibigo Hotel, ke 4 hotel ini letaknya ditepian danau toba..sehingga tamu dari hotel ini cukup menunggu ditepian danau dan fery akan menjemput..biaya penyebrangan Rp 15 rb/ orang..kurang lebih 1 jam juga kami sampai di Pelabuhan Tigaraja.

lokasi menunggu fery
Dari Pelabuhan tiga raja ini kami lanjut naik angkot dan bilang kesupirnya ke parapat, mau naik bus sejahtera. biaya angkot ini cuma Rp 4 rb/per orang., didalam Bus sejahtera kami menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam, kami pun turun disimpang sidamanik dengan biaya Rp 15 rb /orang, Patokannya simpang 3 ada SPBU . nah dari simpang 3 ini kami naik angkot lagi, bilang aja ama supirnya mau ke pemandian BAHDAM, waktu tempuh sekitar 25 menit dan biaya Rp 8rb/per orang, nah setelah turun dari angkot kita kudu jalan kaki sekitar 10 menitan untuk turun kewisata pemandiannya..wow..wow..dingin dan ademnya kurasa ketika sampai disana...daku pun bernyanyi santai...GAK MAU PULANG..MAUNYA LIBURAN... hahah senang senang senang....kami tiba dipemandian ini sekitar jam 1 kurang, oh iya...masuk kawasan pemandian ini bayar Rp 4rb/orang ya...dan bisa mandi sepuasnya sampai kamu menggigil hhhrrggg dingin eeii... sembari menunggu temanku mandi...aku memilih makan siang sajalah...kasian perut ini....oh iya kantinnya cuma menjual berbagai macam mie..dan pilihaku mie goreng 10 rb/ perporsi

Plang pemandian sebagai Patokan saat turun dari angkit

lokasi pemandian

rumah pohon utk beribadah...halan2...sholat tetap donk,.,, :) 

Jam 2 siang target kami harus keluar dari pemandian ini...dan kami menuju kebun tea, naik angkot 2rb/orang saja karena jaraknya cuma 1.5 km dari pemandian ini, dan lagi lagi aku berlari lagi sambil bernyanyi nyanyi saking senangnya dengan keindahan kebun tea yang ampun dah luasnyaaaaaaaa... GAK MAU PULANG MAUNYA LIBURAN...tak ada rasanya capek atau lelah setelah melihat pemandangan disini kawan...aku rasanya ingin lebih lama disini...tapi sayang jam 3 kami harus kembali menuju medan..karena bus terakhir jam 5 dari parapat..bahaya kami kalo kemalaman dijalan...secara kami kan wanita cantik..kalo diculik...seisi dunia bisa menangis.....wkwkwkwk lebay...
penyanyi sedang menikmati keindahan alam.... :) 

see u boru sidabutar.....

Dengan berat hati kami pun naik angkot menuju pematang siantar, dengan jarak temputh sekitara 1 .30 menit dan biaya cuma Rp 8rb/per orang...dan minta bantuan ke abang supirnya untuk diturunkan didekat pangkalan bis sejahtera menuju medan. Akhirnya perjalanan kami berakhir dibus sejahtera...kami tiba dimedan jam 20.00wib oh iya biaya nya Rp 25rb/orang.

Rincian biaya perjalanan yang tak bisa di share :
1.  Angkot dari  daerah Bromo ke terminal Amplas            Rp. 4000/ per orang
2.  Bus Sejahtera Ke Parapat ( Pelabuhan AJibata )            Rp .40.000 / per orang
3.  Fery dari Ajibata Ke pelabuhan Tomok                          Rp . 8.000 / per orang
4.  Ojek dari Tomok Ke hotel Caroline   (daerah Tuk2 )      Rp.20.000/ per orang
5.  Fery dari Tuk-Tuk ke Tigaraja                                       Rp.15.000/ per orang
6.  Angkot dari Tiga raja ke pangkalan bus parapat            Rp 4.000/ per orang
7.  Bus Dari Parapat ke simpang 3 Sidamanik                     Rp .15.000/ per orang
8.  Angkot dri Simpang sidamanik ke Pemandian                Rp 8.000/ per orang
9.  Tiket masuk wisata Bahdam                                          Rp 4.000 / per orang
1  Angkot dari Bahdam ke Kebun tea                                Rp.2000/ per orang
     Angkot dari kebun tea ke Pematang Siantar                  Rp. 8000/ per orang
1 Bus P. Siantar ke Medan Amplas                                     Rp. 25.000 / per orang

TOTAL                    Rp. 153.000/ per orang

Rincian yang bisa di share ber 2
1.  Hotel caroline                                                                Rp. 180.000 / per kamar
2.  Pertunjukkan sigale gale                                                Rp. 80.000/ pertunjukan
3.  Tiket batam- medan PP                                                  Rp. 2000.000

TOTAL                    Rp.2.260.000 /2 = Rp. 1.130.000

Biaya belanja dan makan sesuai kebutuhan isi dompet masing2…hehehehehe

Semoga membantu ya…bagi kamu yang pengen jelajah Sumatera Area Danau Toba dan sekitarnya..


salam halan2




Komentar

  1. begitulah yang tertera di pengumuman harga sewa motor di hotel nya

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid