Langsung ke konten utama

Cegah Stunting Sejak Dini Agar Anak Tumbuh Sehat Dan Normal

Setiap orangtua pasti menginginkan anak anaknya lahir dan tumbuh normal, untuk itu seorang Ibu pasti sudah berusaha memberikan gizi dan nutrisi sebaik mungkin pada masa kehamilan. Istirahat yang cukup, kontrol ke dokter senam kehamilan, pastilah dilakukan seorang Ibu saat masa kehamilan tersebut hingga saat melahirkan.


Namun bagaimana jika Ibu sudah berusaha semaksimal mungkin memberikan gizi dan nutrisi yang baik namun tetap saja saat lahir dan ternyata anak mengalami stunting dimasa pertumbuhannya ?


Cegah Stunting Sejak Dini


Apa Itu Stunting

Pasti masih banyak masyarakat awam yang belum paham apa itu stunting. Stunting yakni keadaan dimana anak kekurangan gizi sejak di 1000 hari pertama kehidupan yang berlangsung dalam waktu yang lama, sehingga menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. Karena mengalami kekurangan gizi menahun, maka bayi stunting tumbuh lebih pendek dari standar tinggi balita seumurannya.


Penyebab anak mengalami stunting karena rendahnya akses terhadap makanan bergizi, rendahnya asupan vitamin. Faktor pola asuh yang kurang baik terutama pada praktik pemberian makan kepada anak juga menjadi penyebab anak mengalami stunting apabila ibu tidak memberikan asupan gizi yang cukup baik. Ibu yang masa remajanya kurang nutrisi, bahkan dimasa kehamilan dan laktasi akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh dan otak anak.


Gejala Stunting 

Menurut WHO ( World Health Organization / Organisasi Kesehatan Dunia ) Adapun gejala stunting yang mudah dikenali, antara lain :

  • Memiliki tinggi badan yang rendah
  • Tumbuh lebih lambat dari yang seharusnya
  • Perkembangan lambat seperti dalam berbicara, berjalan, tumbuh gigi


Jika  kita menemukan gejala tersebut pada anak anak kita atau disekitaran kita, maka ada baiknya segera konsultasi ke dokter.  Kita bisa memperbaiki kesehatan anak dalam 1000 hari pertama kehidupannya hingga usia 2 tahun dengan memberikan nutrisi terbaik untuk anak.


5 Cara Mencegah Stunting 

Stunting tentunya bisa dicegah sejak dini, dengan melakukan berbagai langkah langkah berikut ini :

  1. Berusaha memenuhi kebutuhan gizi sejak kehamilan, karena masa kehamilan ini anak sedang bertumbuh sehingga sangat memerlukan gizi lengkap. 
  2. Setelah lahir, sebaiknya Ibu memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan berturut turut , karena Protein whey dan kolostrum yang terdapat pada susu ibu dinilai mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi yang masih rentan
  3. MPASI sehat untuk mendampingi pemberian ASI
  4. Konsisten memantau pertumbuhan anak dengan membawa si Kecil secara berkala ke Posyandu maupun klinik khusus anak. Dengan begitu akan lebih mudah bagi Ibu untuk mengetahui gejala awal gangguan dan penanganannya
  5. Menjaga kebersihan lingkungan dimana anak anak biasa berada. 


Apakah Stunting Bisa di Sembuhkan

Setiap sakit ada obatnya, begitu juga kondisi anak yang mengalami stunting, meski membutuhkan waktu yang tidak cepat, namun stunting bisa disembuhkan dengan cara  memperbaiki nutrisi pada anak, dan memberikan stimulasi pada anak. Namun perlu diingat, IQ anak yang sudah mengalami stunting tetap berbeda dengan anak normal pada umumnya, 


Stunting memang menjadi masalah serius pada anak, namun setiap orangtua akan berusaha melakukan apapun untuk mencegah sejak dini terjadinya stunting, agar anak bisa bertumbuh normal seperti anak lainnya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid