Aman Dan Praktis Menabung di Jenius BTPN

68 comments

Saat salah satu admin di group WA yang aku ikuti membuka donasi untuk anak anak panti asuhan, Akupun tertarik untuk ikut serta menjadi bagian dari para donaturnya. Akupun menjapri beliau untuk menanyakan nomor rekeningnya agar Aku bisa mentransfer uangnya.


Tak perlu menunggu lama, sang admin membalas pesanku dan berkata transfer ke Jenius aja ya mbak, dan beliau memberikan nomor rekeningnya. Jujur saat itu aku bingung, Jenius ini bank atau apa sih ? Kok aku baru dengar. Namun beliau menjelaskan bahwa Jenius juga merupakan tabungan. Sesuai dengan arahannya akupun mentransfer sejumlah uang direkening yang beliau kasi, dan ternyata uangku sampai dan diterima langsung olehnya. Alhamdulillah ya, kebingungan dan kekhawatiranku tentang tabungan Jenius ini jadi hilang. 



Bukan hanya sekali ini saja aku mendengar Jenius, tapi beberapa hari ini pun Jenius lagi ramai diperbincangkan di group, katanya buka rekening Jenius itu gak perlu ke bank, karena cukup lewat aplikasi saja. Whaat ?? Aah aku jadi makin penasaran dong, apa benar bisa buka tabungan cuma dari hape ?  Biar gak makin penasaran akhirnya aku googling tentang Jenius.


Apa Itu Rekening Jenius BTPN

Jenius adalah aplikasi perbankan revolusioner yang dilengkapi dengan kartu debit Visa untuk membantu kamu melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas dan simple.


Jenius pertama kali dirilis pada tanggal 11 Agustus 2016, artinya Jenius BTPN sudah 5 tahun dipercaya oleh masyarakat sebagai applikasi perbankan. Aplikasinya sendiri sudah tersedia baik untuk Android maupun iOS.



Pakai Jenius Selalu Aman Dengan Berbagai Fitur Ini 

Aplikasi tabungan Jenius ini tentunya cocok untuk kita yang ingin menabung dan berinvestasi deposito, karena terdapat beberapa produk tabungan unggulan, seperti FLEXI SAVER, DREAM SAVER, dan MAXI SAVER dengan bunga yang kompetitif.


Selain untuk menabung dan berinvestasi, fitur fitur Jenius juga bisa digunakan sebagai dompet digital dengan segala kemudahannya untuk membayar belanjaan, bahkan juga bisa untuk TOP Up GOPAY, OVO, DANA, dan LinkAja.


Apakah Applikasi Jenius Aman

Nah ini yang pasti jadi pertanyaan kita semua, apalagi orang awam sepertiku, bener gak ya tabungan yang dibuka melalui aplikasi itu benar benar aman. Jawabannya sangat melegakan Aku, karena dari semua teman teman yang sudah lebih dahulu menjadi nasabah Jenius, semua mengatakan Jenius AMAN.


Aplikasi Jenius aman karena dibutuhkan otentifikasi 2 tingkat untuk mengakses dan melakukan transaksi keuangan didalamnya, selain itu Jenius merupakan bagian dari BTPN ( Bank Tabungan Pensiunan  Tbk ) yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ) sehingga bisa dipastikan uang kita disana aman.


Bagaimana Cara Jenius Menjaga Keamanan

Jenius terus berupaya menyediakan platform yang aman buat nasabah untuk mengelola keuangan lebih aman dan nyaman, oleh karena itu Jenius dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis untuk memastikan keamanan transaksi dan penyimpanan data seperti :

  • Menggunakan teknologi keamanan dan enkripsi data terkini yang memenuhi standar kelas dunia
  • Menerapkan autentikasi berlapis ( PIN, Password, CVV, OTP ) untuk memastikan data hanya bisa diakses oleh pemilik akun
  • Semua kegiatan finansial Jenius diawasi oleh Bank Indonesia ( BI ) dan Otoritas Jasa Keuangan ( OJK )
  • Jenius sudah menegaskan kepada seluruh nasabah untuk tidak memberikan 6 digit kode OTP ( One-Time Password ), PIN, Password, alamat e-mail, nama ibu kandung, dan nomor kartu Debit Jenius kepada siapapun


Selain beberapa cara diatas, Jenius juga mengambil langkah extra untuk menjaga keamanan tabungan kita, dengan cara melakukan penutupan akses log in melalui website ( https://2secure.jenius.co.id/ ) dan pengkinian kebijakan unlink device.  Selain itu Jenius juga meningkatkan efisiensi waktu proses unlink device melalui jenius Help 1500365 menjadi 2 jam ( khusus dihari kerja pukul 08.00-17.00 WIB).



E-card Jenius


Setelah membaca dengan seksama sistem keamanan yang diberikan Jenius, apalagi setelah tau bahwa Jenius dilindungi oleh  Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ) Aku semakin yakin untuk membuka tabungan di Jenius juga.


Cara Daftar Jenius Tanpa Perlu Ke Bank

Karena membuka tabungan di Jenius bisa melalui handphone, maka hal pertama yang Aku lakukan adalah segera mendownload aplikasi Jenius melalui google play. Kemudian Aku mengikuti beberapa langkah dibawah ini sesuai perintah  yang ada di aplikasi :

  • Menyiapkan KTP dan NPWP untuk registrasi
  • Melanjutkan proses registrasi dengan menekan tombol Aktifkan pada aplikasi Jenius untuk menghubungi Jenius.
  • Mengisi data pribadi dengan memasukkan alamat e-mail dan nomor handphone yang aktif
  • Ambil foto KTP dan harus terlihat dengan jelas.
  • Menentukan nama untuk $Cashtag, lalu nama di Kartu Debit Jenius
  • Membuat password dan PIN, disini kita diminta membuat password yang terdiri dari kombinasi huruf kecil, kapital dan angka untuk autentikasi transaksi di Jenius, kemudian tentukan 6 digit untuk PIN yang digunakan  untuk log in ke aplikasi Jenius.
  • Pilih aktivasi sekarang untuk mengaktifkan Jenius. Ada dua pilihan aktivasi yakni Aktivasi dengan Video Call atau Kelokasi Jenius & Cabang BTPN
  • Jika tidak ingin ke Bank, maka pilih Aktivasi dengan Video Call, nanti crew yang akan membantu aktivasi rekening melalui video call atau meet up.  Saat memilih Video Call, pastikan koneksi internet stabil ya, agar pembicaraan bisa terdengar dengan jelas.

Video Call Untuk Konfirmasi Aktivasi Jenius


Setelah Video Call selesai, ternyata hanya berselang puluhan menit, rekeningku sudah diaktivasi, duuh sesimple itu ternyata membukan tabungan melalui applikasi Jenius, senang banget Aku tuh :) 


Pengalaman Pake Jenius

Nah setelah rekening Jeniusku aktif, hal pertama yang Aku lakukan adalah, mengutak atik fitur yang ada di aplikasi Jenius, meski terlihat simple dihalaman utama yang namanya baru pertama kali menggunakan tabungan melalui aplikasi Aku tetap harus perlahan lahan memahami setiap fitur yang ada disana. 


Untuk tabungan pertamaku, Aku mulai melakukan transaksi pertama dengan menabung sebesar 50.000, Aku melakukan transfer dari bank lain, dan hasilnya cukup melegakan karena dalam waktu beberapa menit saldo pertamaku telah terisi.


Tabungan Jenius


Inilah yang Aku senang dari Jenius, buka tabungan tanpa minimal saldo, sehingga tidak memberatkan nasabah, dan tentunya Aku akan terus menabung walau sedikit demi sedikit. 


Segitu dulu pengalaman pertamaku menggunakan Jenius sebagai nasabah baru ya, jika nanti sudah banyak transaksi yang Aku lakukan, Aku akan mengupdatenya lagi. 








Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

68 komentar

  1. Menarik banget nih bahasan soal bank digital yang lagi rame belakangan. Apalagi ini Jenius ya, salah satu aktor lama di bank digital, dulu sih sempet skeptis ya karena banyak kejadian saldo ilang gitu aja. Tapi sekarang keamanannya terlihat lebih proper dan serius, jadi nasabah bisa tenang dan aman. Gak perlu kwatir ngecek2 saldo mulu hehehe.. Makasih atas ulasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenius akan memberikan layanan terbaik untuk nasabahnya, termasuk keamanan yang berlapis,tinggal nasabahnya juga harus smart jangan sembarangan kasi nomor OTP apalagi kepada orang yang tak dikenal

      Hapus
  2. Wah praktis banget ya. Btw mamah saya kan nasabah btpn, bisa gak pakek app ini juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain deh kak, download dulu aplikasi Jenius, disana ada Call Centernya, dan jika sesama nasabah mungkin gak perlu daftar lagi :)

      Hapus
  3. aku udah pakai Jenius dari tahun 2020 awal, lumayan praktis memang dan sekarang makin banyak fiturnya. Sayangnya biaya admin 10.000/bulan jadi kendala pdhal di awal di klaim akan bebas biaya admin. Tapi di balik itu inovasi jenius patut diacungi jempol

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga biaya admin bisa diperkecil ya kak, atau bisa dihilangkan malah lebih makin cinta kan sama Jenius ya kak :)

      Hapus
  4. Alhamdulillah sekarang membuka rekening dan menabung nggak harus antri di depan teller bank ya. Jadi memudahkan nasabah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kak, gak perlu ke bank, gak perlu antri, gak perlu datang pagi2 banget demi dapat antrian nomor 1, cukup dari Hape persiapkan KTP , NPWP, udah deh jadi tabungannya

      Hapus
  5. Saya pengguna Jenius juga, digunakan unk transaksi internasional bisa mba.
    selama makai aman2 aja, dan layanan yang diberikan juga kekinian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah senang banget saya dengar reviewnya, jadi makin semangat ni mau coba juga transaksinya, maklum saya masih baru jadi masih sebatas top up dan transfer2 dalam negeri aja

      Hapus
  6. Serius nih, kak? Tanpa minimal saldo, ya? Tapi kalau di capture emang iya sih bisa aktif dan ditransfer rekening jeniusnya. Besok apply juga, ah! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kang, saldo o juga bisa jadi rekeningnya, Sesenang itu apply rekening di Jenius

      Hapus
  7. Baru ngeh ternyata Jenius itu dari BTPN ya. Registrasi nya juga mudah banget ternyata. Noted deh keunggulannya banyak juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Kak Dian, Jenius dari BTPN juga dan aman karena di awasi OJK dan dilindungi sama LPS

      Hapus
  8. Cara daftar nya mudah banget ya cukup via aplikasi ga perlu ke bank. Dan yg penting bisa buat top up berbagai ewallet. Penting banget ini karena kepakai nih top up saldo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess daftar nya mudah, dari hape aja udah bisa jadi rekeningnya :)

      Hapus
  9. Baru tsu nih tentang si jenius, sepertinya mudah juga ya daftarnya. Bermanfaat juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bermanfaat banget kak, Aku jadi mudah buat transaksi digital buat belanja, bayar tagihan dan isi pulsa

      Hapus
  10. Wahhh asyikk ya fiturnya lengkapp di jenius ini. Aku sndiri blm punya akunnya jadi penasaran pengen cobain bikin jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Kak, karena gak ada minimal saldo, buka aja dulu rekeningnya, cepat banget jadinya, cuma dari hape aja

      Hapus
  11. Bisa dibilang, Jenius adalah bank digital pertamaku. Dan memang serius semudah itu untuk bergabung jadi nasabah dan melakukan berbagai kebutuhan keuangan. Cuma modal HP dan asli sih aman banget, mana tampilan UI-nya keren juga hehehe. Yuk dicoba Jenius-nya kaak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada seniornya ni, iya Aku masih pemula, nabung dikit dikit dulu dan sengaja belum mau buat ATM nya biar gak usah diambil, heheh

      Hapus
  12. Sekarang buka rekening makin praktis banget ya. Ngga perlu lagi antri lama di bank, cuma hitungan menit rekening bisa dibuka. Apalagi Jenius ini tanpa saldo minimal dalam pembukaannya, jadi sangat memudahkan para nasabah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat praktis, awalnya aku ragu bener gak ya sesimple ini buka tabungan di Jenius, udah dibuktikan ternyata bener, dan sekarang masih nyobain fitur2 yang ada di aplikasinya :)

      Hapus
  13. Zaman sekarang mau nabung makin gampang aja ya. Apalagi pakai Jenius, yang bukan cuma bisa buat nabung, tapi juga transaksi lainnya. Sip deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa buat top up e wallet, bayar tagihan, isi pulsa dan masih banyak lagi transaksi yang bisa dilakukan melalui melalui Jenius :)

      Hapus
  14. aku baru tahu tentang jenius ini mb, memudahkan nasabah banget ya. udah ga ribet, tanpa minimal saldo pula..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yang Aku suka, tanpa minimal saldo rekening dah jadi aja :)

      Hapus
  15. Semakin yakin daftar Jenius karena dijamin LPS. Pasti aman yah apalagi menerapkan autentikasi berlapis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya kak, karena dijamin LPS udah diawasi OJK juga, insyaallah aman tabungan di Jenius

      Hapus
  16. teknologi serba canggih begini sekarang buka rekening tidak harus repot-repot lagi ya. Mudah banget nggak eprlu ngantri, tapi rekening juga aman meski dibuka via daring.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlu pagi pagi ke Bank demi dapat antrian terdepan, hehehe sekarang dari Hape juga udah bisa nabung :)

      Hapus
  17. Sekitar 4 tahun yang lalu saya sempet ditawarin buat bikin rekening Jenius. Tapi waktu itu belum ngeh sama aplikasi keuangan dan ngerasa belum perlu. Tapi ngelihat fiturnya kayaknya menarik juga nih buat punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kak, Udah banyak yang pakai Jenius, makanya AKu pakai juga biar bisa ngerasain sendiri fitur fiturnya :)

      Hapus
  18. Simpel banget cara bukanya ya kak, gak perlu banget deh antre di bank. Aku kayaknya harus buka juga nih ehhehee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simple,praktis, cepat pula cara registrasi di Jenius

      Hapus
  19. Mudah banget jadinya buka rekening di Jenius ya kak. Gak perlu ngantri" lagi, lebih efisien juga waktu buat kita di dunia digital ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu yang jadi alasan aku mau buka Jenius, transaksi udah bisa dimana aja, gak perlu pake antri antri segala dah

      Hapus
  20. enak ya buka rekening ga perlu ke bank mba, aku pernah juga pake tabungan yang flexi saver deh, lumayan bisa bikin target2 keuangan sesuai goals yang mau dikejar

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak..tak perlu ke Bank, tak perlu antri, heheheh semudah itu ya

      Hapus
  21. Aku sebenarnya tertarik untuk nabung di jenius dari dulu. Apalagi fiturnya yang cuma satu rekening tapi bisa buat alokasi banyak kayak dipotong buat tabungan dll. Jangan lupa, jenius pelopor bikin rekening ga ke cabang haha

    BalasHapus
  22. Gak perlu datang langsung ke bank nya bisa lewat ponsel aja daftarnya, Cuss jadi deh punya rekening kece ini. Buat transfer'² juga mudah ya, karena pernah denger juga cepet gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu yang Aku suka, gak perlu ke Bank, dari Hape juga udah bisa punya rekening

      Hapus
  23. Kemudahan transaski digital sekarang ga harus di bank konvensional ya Kak. Salah satu kelebihan Jenius juga transaksi dan transfer beda bank gratis. hehehe

    BalasHapus
  24. Saya termasuk yang belum pernah pakai Jenius nih, Kak. Ketinggalan zaman gak ya saya? Hahaha ..
    Memang saya sudah dengar juga dari beberapa teman di sekitar saya yang sudah pakai Jenius, banyak keunggulannya, sama halnya seperti yang dipaparkan dalam tulisan Kak Sarah ini. Next, saya akan pertimbangkan untuk coba juga deh.

    BalasHapus
  25. Pertimbangan utama pake bank digital sih emg keamanannya. So sejauh ini pertimbangan pake Jenius selain kelola keuangan jg pengembangan bisnis online cocok.

    BalasHapus
  26. Sebagai new user Jenius, saya pun amazed pas lihat-lihat fitur-fiturnya yang kece badai semua. Apalagi gak ada saldo minimal untuk mendaftar Jenius ini, auto gercep deh daftar Jenius. Makin happy pas tahu jika biaya admin untuk transfer antar bank juga free, cihuy deh Aplikasi Jenius ini.

    BalasHapus
  27. Aku baru tahu kalau Jenius bagian dari BTPN. Patut diapresiasi nih langkah Jenius yang memberikan layanan maksimal hingga keamanan ekstra buat nasabahnya. Two thumbs up.

    BalasHapus
  28. Wah, gampang banget ya buka akun Jenius, pantesan banyak teman2 saya suka pakai akun ini, ga perlu repot-repot antri ke bank. Aman juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak, salah satu alasan aku buka Jenius, karena bisa dari hape aja daftarnya :)

      Hapus
  29. Oh iya, di Jenius kalo nggak salah ada fitur Flexi Saver ya? Katanya kita bisa buka sampe 3 tabungan lho. Gimana gimana, mantap banget nggak tuh

    BalasHapus
  30. Wah senangnya mempunyai aplikasi Jenius di mana ada fitur tabungan yang aman dan nyaman. Sistem Jenius nih pasti selalu di update ya. spaya selalu dapat pembaharuan keamanan

    BalasHapus
  31. Mudah ya aktivasi Jenius ternyata ada pilihan via video call, praktis bisa dari rumah saja.

    BalasHapus
  32. memang semudah dan seaman itu mba bertransaksi pake Jenius saya juga nabung di dream saver Jenius dan merasakan manfaatnya. Bisa jajan ke mall dgn QRis tanpa harus bawa ATM bahkan bisa tarik tunai di ATM tanpa kartu dengan Jenius ini

    BalasHapus
  33. Memang keren nih Jenius, bisa top up e-wallet dalam satu e-wallet center

    BalasHapus
  34. Bener banget, selama pakai Jenius itu keamanannya berlapis. Proses verifikasi dan kombinasi passwordnya juga unik. Dan itu cuma kita doang yang tahu.

    BalasHapus
  35. kalau urusan menabung Aman dan praktis memang menabung di Jenius BTPN ya kak. fix no debat deh sayapun juga menabung disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes fix no debat, buat rekening Jenius praktis :)

      Hapus
  36. Semoga memang benar-benar aman dari sekarang sampai nanti karena dibutuhkan otentifikasi 2 tingkat untuk mengakses dan melakukan transaksi keuangan didalamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...karena Jenius pasti selalu berusaha memberikan kenyamanan dan keamanan untuk dana nasabahnya :)

      Hapus
  37. Sebagai pecinta cashless, aku suka nih kalau ada aplikasi dompet digital yang bisa mengakomodir hal seperti ini. Terutama untuk bayar belanjaan. Mantab juga ini Jenius memudahkan emak-emak transaksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah aku juga senangnya ada aplikasi e wallet nya di Jenius, jadi tetap bisa top up dana buat belanja belanji , heheh

      Hapus
  38. Jenius tidak hanya untuk transaksi saja. Menabung di Jenius juga aman karena terdapat beberapa produk tabungan unggulan, seperti FLEXI SAVER, DREAM SAVER, dan MAXI SAVER dengan bunga yang kompetitif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dengar bunga kompetitif, telingaku langsung berdiri ni kak..hehehe

      Hapus
  39. Iyap. Meski saya baru pake Jenius ini setahunan ini tp rekomendasi utk pake Jenius udh lama. Cmn belum tertarik waktu itu. Dan emg Aman & ga ribet sih makenya. Cocok jg lho buat bisnis online fitur2nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru ni nabung di Jenius, dan aman aman saja buat transaksi :)

      Hapus
  40. Sejak lama aku penasaran sih sama jenius dari Bank BTPN ini. Yang katanya transfer tanpa biaya itu jenius bukan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yess benar, jenius transfer free biaya

      Hapus

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)