Langsung ke konten utama

Teman Kreasi Indonesia Natuna Kembangkan Usaha Kuliner Dan Kerajinan Tangan

Natuna merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, karena posisinya berada ditengah tengah laut, tentu saja membuat Natuna memiliki hasil laut yang melimpah.


Selain itu wisata alam di Natuna tak kalah indahnya, sehingga sangat disayangkan jika wisatawan yang datang kesana tidak membawa buah tangan atau oleh oleh yang menjadi ciri khas dari Natuna.


Adapun beberapa oleh oleh kuliner khas Natuna adalah :

Kerupuk Ikan

Karena Natuna dikelilingi laut, maka tak heran jika hasil laut seperti ikan, udang, cumi,  menjadi bahan dasar untuk dibuat sebagai makanan khas dari Natuna, seperti kerupuk udang, kerupuk cumi maupun kerupuk ikan.


Kernas

Kernas merupakan nugget yang dibuat dari ikan tuna atau tongkol, kemudian dihaluskan dengan campuran bahan khusus yaitu sagu. Kernas biasanya dimakan dengan dicocol sambal khas natuna. 


Ikan Tongkol Asap

Banyak para pedagang yang menjajakan ikan tongkol asap di Natuna, sehingga tak heran makanan ini menjadi oleh oleh yang bisa dibawa pulang oleh para wisatawan.


Kerajina Tangan Anyaman Rotan

Tak hanya oleh oleh kuliner yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan, kerajinan tangan berbentuk anyaman rotan juga menjadi usaha dari masyarakat natuna. Berbagai bentuk anyaman yang disediakan mulai dari tas, aksesoris, dan lain sebagainya


Produk Teman Kreasi Insonesia
Sumber foto : temankreasiindonesia


Untuk itu banyak pengusaha kecil menengah yang mulai gencar mempromosikan hasil usahanya, namun karena keterbatasan dana dan juga media promosi, sehingga hasil usaha yang mereka buat belum bisa menembus pasar yang lebih luas lagi, Hadirnya Teman Kreasi Indonesia yang didukung oleh Smartfren  dalam membantu pengembangan usaha melalui digital sangat dibutuhkan oleh para UMKM.


Teman Kreasi Indonesia

Teman Kreasi Indonesia adalah wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital. 


Saat ini sudah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota, diantaranya :

1. TK Kopi & Topi Bambu Kabupaten Tanggerang dengan produk unggulan kerajinan bambu dan kopi

2. TK Talenta Muda Asia Kota Tanggerang dengan produk Penulisan buku dan percetakan

3. TK Kopi Nineteen Kota Tangsel dengan produk kopi / kafe & keripik tempe

4. TK KumaKamu Kreatipiti Bandung dengan produk Kuliner, Conten Creator

5. TK Gunung Ilmu Bandung Barat dengan produk Pot Concrete

6. TK Bhina Swakarya Bandung Barat dengan produk Jajanan khas Bandung Barat, Mug Cetak

7. TK Digilancer Bandung Barat dengan produk Digital Marketing

8. TK Putra Cirebon dengan produk Banana chip & fashion

9. TK Kuningan dengan produk Digital Accessoris

10. TK Dheny Zoo Bekasi dengan produk Optik, digital marketing

11. TK Jajan Mamake Cilacap dengan produk Jajan Khas Cilacap

12. TK Pati dengan produk Madu

13. TK Pasar Sayoor Pekalongan dengan produk Startup applikasi belanja rumahan

14. TK Selawi Tegal dengan produk fashion, percetakan

15. TK Kristal Blora dengan produk Bimbel

16. TK Sale Garut dengan produk Sale Pisang Garut

17. TK Bojonegoro dengan produk Pakan Burung , Digital Marketing

18. TK Gresik dengan produk Kuliner Gresik

19. TK Eco Printing Mojokerto dengan produk Percetakan, Kuliner, Fashion

20. TK Aji Perak Blitar dengan produk Kerajinan Perak

21. TK Paralon Subang dengan produk Lampu Lampion Paralon

22. TK Surabaya dengan produk Digital Marketing

23. TK Serang dengan produk Digital Marketing

24. TK Kopi Depok dengan produk Kopi / Kuliner

25. TK Light Bali dengan produk Event Organizer

26. TK Lampung dengan produk Digital Accesoris

27. TK Tanah Laut dengan produk Kuliner khas Tanah Laut

28. TK Gowa dengan produk Kopi / Kuliner

29. TK Purwokerto dengan produk Kopi / Kuliner

30. TK Malang Raya dengan produk Digital Marketing , Kuliner

31. TK Pekanbaru dengan produk Forwarding

32. TK Natuna dengan produk Kerajinan & Kuliner Khas Natuna


Sejarah Teman Kreasi Indonesia

Juni 2019 CSR Smartfren bidang Industri Kreatif untuk Komunitas Topi Bambu Tangerang.


Januari 2020 Smartfren Community mendirikan Rumah Kreatif pertama di Kab Bandung Barat. Rumah Kreatif adalah cikal bakal Teman Kreasi Indonesia.


Maret 2021 Secara resmi diluncurkan nama Teman Kreasi Indonesia, dengan tujuan membuka peluang bagi generasi muda untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif.


Peresmian Teman Kreasi Indonesia Mar 21
Sumber foto : Teman kreasi indonesia

Misi Teman Kreasi Indonesia

Adapun misi dari Teman Kreasi Indonesia adalah mengembangkan semangat kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif di berbagai daerah dimana Smartfren Community berada.


Upaya untuk memajukan dan membantu masyarakat diwujudkan Smartfren dengan memanfaatkan teknologi, inovasi produk dan layanan, serta inisiatif yang membawa perubahan dan kebaikan nyata bagi masyarakat. 


Dukungan Smartfren Untuk Teman Kreasi  Indonesia

Peserta program Teman Kreasi mendapatkan dukungan modal berupa koneksi internet 4G LTE Advance yang tentunya sangat bermanfaat digunakan untuk menjalankan kegiatan wirausaha online. 


Smartfren Sukses Raih Anugrah Inovasi Indonesia 2021

Karena banyak inovasi yang telah dilakukan oleh Smartfren, tak heran jika Smartfren meraih award setiap tahunnya. contohnya saja ditahun 2021 ini Smartfren kembali meraih  penghargaan untuk kategori khusus : 

Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021


Dan ini merupakan penghargaan kedua kalinya, karena ditahun lalu Smartfren juga mendapatkan penghargaan dengan kategori Integrated Community Development 2020.


Bapak Djoko Tata Ibrahim menerima Award


Dari kedua penghargaan yang diterima setiap tahunnya menjadikan Smartfren sebagai operator telekomunikasi terbaik dalam memberikan dampak sosial berkelanjutan di masyarakat.


Bapak Djoko Tata Ibrahim Selaku Deputi CEO Smartfren juga  mengucapkan terimakasih atas penghargaan dalam kategori khusus : Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang diterima selama dua tahun berturut turut semoga menjadi pemacu semangat bagi keluarga Smartfren untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif Indonesia.


Sekali lagi Selamat buat Smartfren🙏

Dan bagi kalian yang ingin mendapatkan info positif mengenai kewirausahaan dan tips2 memasarkan produk secara digital, kalian bisa loh bergabung di instagramnya  :

@temankreasi_id dan @smartfrencommunity







Komentar

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid