Indahnya Pantai Glory Melur Barelang Batam

4 comments

Siapa ni disini yang paling senang hunting pantai baru yang ada di Batam ? Yang tunjuk tangan satu hati dong sama aku hehehe. Gatal aja bawaan kaki kalo udah dengar ada pantai baru yang dibuka. Apalagi kalo didaerah Barelang, karena aku tau disana lautnya bagus, pasirnya lembut serta kalo air laut sedang pasang, duuh jernih banget airnya, sejernih hatiku, eaaaa.


Sejak di buka pada akhir Desember 2020, baru di bulan Februari 2021 aku bisa mengunjungi Pantai Glory Melur yang semakin hari semakin diminati oleh para pengunjung ini. Tak salah menurutku karena kalo dilihat dari foto foto yang bertebaran di media sosial, Pantai Glory Melur memang indah dan rapi penataannya.


Pantai Glory Melur Barelang


Minggu pagi sengaja aku turun dari rumah jam 6.00 lantaran aku juga ingin melihat moment sunrise di daerah Jembatan 1. Namun sayang karena harus mampir membeli sarapan dan mengisi bahan bakar, akhirnya aku kesiangan juga. Matahari sudah naik saat aku sampai di Jembatan 1 Barelang.


Perjalanan tetap aku lanjutkan dengan senang hati, karena saat itu suasana jalan masih lancar dan hanya beberapa kendaraan saja yang lewat. Dengan kecepatan 80-90km / perjam dalam waktu 45 menit aku sudah sampai di Pantai Glory Melur yang berada di Pulau Galang setelah jembatan 5.


Pantai Glory Melur Barelang



Biaya Masuk Pantai Glory Melur

Untuk masuk ke kawasan pantai, aku membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 dan biaya parkir motor Rp 5.000, kalo mobil Rp 10.000. Setelah memarkirkan motor aku berjalan masuk menuju pantai. Hmmm bisikku dalam hati, ternyata Glory Melur memang bagus, kesan rapi dan dikelola dengan baik pun aku temukan disana, dimana area masuk pantai bersih, gazebo tertata rapi, tanaman hijau menghiasi jalan masuk pantai. 


Pantai Glory Melur Barelang


Saat aku tiba disana, tamu sudah mulai ramai aja, ntah yang memang camping dari malam sebelumnya atau yang baru datang juga aku tak tau, yang jelas sudah banyak juga yang sedang berenang karena saat itu air juga sedang pasang. Para petugas juga masih membersihkan area pantai. Duuh memang bagus dan menyenangkan disini.


Biaya Sewa Fasilitas di Pantai Glory Melur

Saat petugas sedang membersihkan area pantai, aku pun menghampirinya dan mulai bertanya tanya tentang biaya sewa fasilitas yang ada disini, nah berikut biaya biayanya :

  • Tenda Kecil Untuk 2 Orang  Rp 180.00
  • Tenda Besar Untuk Dewasa 2 Anak 2 Rp 260.000
  • Kano Rp 50.000
  • Beanbag + Payung Rp 30.000
  • Gazebo Rp 150.000-200.000
  • Alat BBQ Rp 50.000
  • Pemakaian Toilet Rp 5.000 ( Buang Air Kecil, Besar dan Mandi )

Untuk minimarket juga tetap buka 24 jam selama ada yang camping disana, namun untuk cafe dan kantin ditutup hingga jam 7 malam saja. Dan untuk biaya toilet rasanya aku pengen nahan untuk tidak pipis deh, kemahalan bayarnya  palingan  3 centong pakainya bayar 5 ribu, gak sebanding banget sama pengunjung yang pakai air buat mandi.


Pantai Glory Melur Barelang


Air Laut Jernih 

Saat pasang, air laut yang ada di Pantai Glory Melur sangat jernih dan bersih, sehingga tak salah jika pengunjung tak bisa menahan diri untuk tidak membasahkan diri disana.  Apalagi anak anak ya rasanya surga banget buat mereka bisa mandi disana. Pasirnya juga lembut sehingga tak membuat kaki jadi sakit. 


Pantai Glory Melur Barelang


Aktivitas Apa Yang Bisa di Lakukan di Glory Melur

Selama berada di area pantai Glory Melur pengunjung bisa berenang, bersantai di beanbag, gazebo, main kano, camping, bbq tentunya pengunjung juga bisa bermain game, karena area pantai memang luas.  Seru seruan bersama teman dan keluarga memang cocok disini. Meski semakin siang cuaca menjadi sangat panas, namun tak menyurutkan niat para pengunjung untuk tetap melakukan banyak aktivitas. 


Pantai Glory Melur Barelang


Cara Menuju Pantai Glory Melur

Untuk transportasi umum hanya ada jenis APV yang disebut Kandap, dimana transportasi ini bisa dijumpai hanya di daerah SP Plaza Batu Aji, dan jadwalnya juga hanya sampai sore hari. Rute yang dilalui hanya sampai ke depan gerbang pantai, kemudian pengunjung akan melanjutkan jalan kaki sekitar 1 km, hal ini tentu saja melelahkan, jadi disarankan memang membawa kendaraan pribadi dari kota.


Pantai Glory Melur Barelang


Pantai Glory Melur Barelang


Hingga Aku datang kesana, pembangunan Pantai Glory Melur masih berlangsung, bisa jadi beberapa bulan kedepan pantai ini akan semakin cantik. Semoga saja :) 


Baca juga Pantai Melur


Pantai Glory Melur

Jalan Trans Barelang  Setelah Jembatan 5

Pulau Galang

Open Jam 7 Pagi - 7 Malam










Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

4 komentar

  1. Sekarang antaip baru di Batam, udah banyak yang bagus penataannya ya kak, Pantai Glory Melur ini salah satunya. Ingin kakiku meluncur kesana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. meluncur kak, sarannya camping aja atau datangnya pagi2 banget jam 7-8 gitu,.diatas itu udah rame banget, gak asik buat foto2 atau menikmati pantainya

      Hapus
  2. Wah, jadi pengin ke Batam. Dulu hanya transit saja di Batam. Setelah membaca artikel Pantai GLory Melur ini jadi pengin berkunjung ke Batam. Walau kondisi Covid begini, semoga angan angan ke Kota Batam bisa terlaksana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin... iya batam khususnya barelang bisa jadi destinasi wisata, sebab lautnya cukup indah

      Hapus

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)