Langsung ke konten utama

Komponen Ini Wajib Ada di Surat Resmi Perusahaan, Apa Saja?

Surat resmi menjadi sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan dalam kegiatan operasional sebuah perusahaan. Surat resmi digunakan untuk berbagai keperluan perusahaan, seperti untuk pengiriman barang, perjanjian-perjanjian, sampai penerimaan barang. Buat kamu yang pernah menerima atau membuat surat resmi ini pasti sudah tidak asing dengan format yang ada di dalamnya. 


Namun buat kamu yang belum pernah membuat atau mendapatkan surat resmi pasti cukup kesulitan ketika diminta untuk membuatnya. Namun, jangan khawatir! Karena di sini akan dibahas secara menyeluruh tentang cara pembuatan surat resmi untuk perusahaan. Jadi, pastikan membaca artikel ini hingga selesai, ya! 



Komponen  ini wajib ada di surat resmi perusahaan



Pengertian Surat Resmi

Surat resmi merupakan surat yang digunakan untuk berkomunikasi secara formal atau resmi. Surat resmi ini sering digunakan oleh berbagai pihak seperti perusahaan, lembaga, ataupun instansi tertentu yang ingin menyampaikan informasi penting. Karena sifat resmi yang dimiliki oleh surat-surat resmi ini, dalam penulisannya kamu harus memperhatikan kaidah-kaidah yang berlaku. Kamu juga harus menggunakan bahasa yang singat, padat, dan jelas. Ada berbagai jenis surat resmi yang sering digunakan perusahaan, seperti surat keputusan, surat undangan, surat permohonan, surat pemberitahuan, surat edaran, surat perintah, dan lainnya.


Fungsi Surat Resmi

Berikut beberapa fungsi yang dimiliki oleh surat resmi:

  1. Untuk menyampaikan pemberitahuan penting yang biasanya harus dikomunikasikan secara tertulis.
  2. Dalam rangka mengajukan permohonan seperti pada permohonan izin ataupun permohonan dana.
  3. Dapat dijadikan sebagai pedoman kerja pada aktivitas-aktivitas yang ada di perusahaan dan organisasi.
  4. Untuk dijadikan bukti tertulis yang isinya dapat dipertanggungjawabkan, seperti dalam surat perjanjian kerjasama yang digunakan untuk tidak membenarkan hal-hal yang ada di luar perjanjian.
  5. Sebagai bukti yang dapat diarsipkan.


Jenis-Jenis Surat Resmi Perusahaan

Ada berbagai jenis surat resmi perusahaan yang sering digunakan, apa saja?

  1. Surat pemberitahuan
  2. Surat perintah
  3. Surat permintaan atau permohonan
  4. Surat peringatan atau surat teguran
  5. Surat panggilan
  6. Surat edaran
  7. Surat penawaran
  8. Surat permintaan penawaran
  9. Surat undangan
  10. Surat perjanjian


Komponen Surat Resmi

Dalam membuat surat resmi, terdapat beberapa komponen yang harus ada di dalamnya. Komponen-komponen ini yang akan membedakan surat resmi dengan surat lainnya. Berikut beberapa komponen yang wajib ada di surat resmi:


1. Kepala Surat

Kepala surat atau kop surat merupakan bagian yang di dalamnya berisi informasi data perusahaan, yaitu mulai dari nama, alamat, nomor telepon, hingga website resmi. Kamu juga bisa menyertakan logo perusahaan di kepala surat ini untuk menambah identitas dari perusahaan.


2. Tanggal Surat

Tanggal surat menjadi komponen yang harus ada dalam surat resmi. Tanggal surat ditulis dengan tujuan untuk memberikan informasi waktu penulisan surat tersebut. Dari tanggal surat ini, penerima surat dapat menilai relevensi surat tersebut.


3. Nomor Surat

Nomor surat merupakan bagian penting yang berhubungan dengan sistem administrasi perusahaan. Di dalam kode nomor surat terdapat infomasi penting seperti waktu surat dibuat, identitas perusahaan, tujuan penulisan surat, nomor surat, dan lainnya.


4. Lampiran

Pada bagian lampiran berisi informasi berapa banyak lembar lampiran yang disisipkan di surat resmi tersebut. Biasanya, di bagian lampiran ini terdapat berbagai jenis dokumen, seperti laporan keuangan, foto kegiatan, dan lainnya.


5. Perihal

Pada bagian perihal di dalamnya berisi informasi singkat tentang tujuan penulisan surat kepada penerima.


6. Alamat

Alamat menjadi bagian yang harus ada dalam surat resmi selanjutnya. Alamat ini ditulis lengkap dengan nama penerima dan alamat penerima. Jika kamu tidak mengetahui nama dari penerima, kamu dapat menuliskan jabatan dari penerima.


7. Salam Pembuka

Salam buka ditulis sebagai bentuk sopan santun pengirim surat kepada penerima surat. Salam pembuka ini ditulis di bagian sebelum isi surat.


8. Isi Surat

Ada tiga bagian yang ada dalam isi surat, yaitu bagian pembuka, bagian inti, dan bagian penutup. Pada bagian pembuka, di dalamnya berisi sebagai bagian pengantar. Pada bagian inti dijelaskan secara rinci tujuan dari penulisan surat tersebut, dimana dalam penulisannya harus singkat, padat, dan jelas. Sedangkan bagian penutup biasanya berupa kesimpulan, penegasan, harapan, ataupun ucapan terima kasih.


9. Salam Penutup

Salam penutup ditulis sebagai bagian pelengkap dari dalam salam pembuka. Ada berbagai jenis salam penutup yang sering digunakan tapi pastikan kamu membuat salam penutup yang sesuai dengan dalam pembuka.


10. Tanda Tangan

Bagian selanjutnya adalah tanda tangan dan nama terang pengirim. Kamu juga bisa menambahkan cap atau stempel untuk memperkuat legalitas surat tersebut.


11. Tembusan

Terakhir, pastikan surat resmi yang kamu tulis memiliki tembusan. Tembusan ini berisi pihak yang memiliki hak mendapatkan atau memperoleh isi surat resmi tersebut.


Buat Surat Resmi Lebih Mudah di Kledo

Membuat surat resmi sebenarnya bukan sesuatu yang sulit, namun buat kamu yang belum pernah membuatnya pasti merasa bingung ketika diminta membuat surat resmi ini. Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk memudahkan pembuatan surat resmi ini, salah satunya adalah dengan contoh surat resmi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang di dalamnya disediakan contoh surat resmi secara lengkap. Klik di sini untuk mendapatkan contoh surat resmi dengan mudah.


Kesimpulan

Surat resmi menjadi sesuatu yang sering dibutuhkan dalam kegiatan bisnis. Surat resmi tidak bisa ditulis dengan asal karena harus mengikuti kaidah-kaidah yang berlaku dan ditulis dengan bahasa formal. Untuk mempermudah penulisan surat resmi, pastikan kamu memilih contoh terbaik dan yang mudah dimengerti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid