Langsung ke konten utama

Cara Mengurus Perpanjangan SIM dari Luar Kepri Di Polresta Barelang Batam

Sejak april 2020 Surat Ijin Mengemudi ( SIM ) C aku yang dibuat di Kalimantan sudah expired, mau perpanjang namun pelayanannya masih tutup karena alasan covid-19. Rasa cemas pun datang jika sedang berada di jalan raya, khawatir saat ada razia dan SIM sudah expired bakalan kena denda tilang deh diriku. Maklum saja sejak tamat SMA aku sudah diijinkan membawa motor, aku tak pernah lalai dengan SIM, dan STNK, buat ku kedua barang ini merupakan benda wajib yang harus ada didompet. SIM harus tetap hidup, begitu juga dengan STNK harus selalu ada stempel pajak setiap tahunnya ( pengendara soleha :) 

Kecemasanku mulai hilang ketika tau informasi bahwa  pada tanggal 8 Juni semua kantor pelayanan di Batam  telah dibuka kembali, termasuk pelayanan SIM dan pajak kendaraan, dan akhirnya akupun bisa memperpanjang SIM C tersebut. Memang aku tidak langsung datang di tanggal 8 Juni tersebut, karena aku yakin bakalan ramai orang disana, sehingga aku memilih pertengahan bulan saja aku mengurusnya dengan harapan para pemohon SIM sudah tidak terlalu ramai.

Sebenarnya untuk mengurus perpanjangan bisa dilakukan dibeberapa tempat yakni :
  • Mall Pelayanan Publik Batam Centre buka dari jam 8.00-15.00wib
  • BCS Mall buka dari jam 10.00-15.00
  • Mega Mall Batam buka dari jam 10.00-15.00
  • Polresta Barelang buka dari jam 8.30-15.00
Namun karena SIM ku berasal dari luar daerah Batam / Kepri maka aku diarahkan untuk langsung ke Polresta Barelang Suka Jadi. Pagi itu aku pun menuju Polresta Barelang, setelah memarkirkan motor aku masuk ke gerbang dan berhenti di pos penjagaan, disana aku bertanya dimana gedung untuk mengurus perpanjangan SIM.

Cara Urus Sim C di Polresta Barelang Batam

Oh iya adapun syarat untuk perpanjangan SIM di Polresta Barelang adalah :
  • Foto copy E-KTP
  • SIM asli
  • Surat kesehatan Biaya Rp 40.000
  • Surat Psikotest Rp 100.000
Surat kesehatan ini bisa dibuat di klinik yang berada di luar gedung Polresta Barelang, kira kira jaraknya 1KM dan biaya nya 40ribu.

Setelah persyaratan diatas lengkap, maka carilah gedung untuk pengurusan SIM, letak gedung nya pas dibelakang gedung utama. Masuk saja kesana dan cari bagian informasi untuk meminta formulirnya, setelah diisi formulir kemudian antar ke loket Bank BRI didepan meja informasi, setelah bayar perpanjangan untuk SIM C sebesar 75ribu, maka masuk kedalam dan ambil nomor antrian, dan duduklah manis menunggu panggilannya.

Cara Urus Sim C di Polresta Barelang Batam


Ada 2 tahapan yang dilalui saat pengurusan perpanjangan SIM di Polresta Barelang :
  • Penyesuaian Data
  • Pengambilan Foto ,Sidik Jari, Tandatangan
Kemudian duduk lagi sembari menunggu panggilan untuk pengambilan SIM. Pengalaman aku kemarin, pengambilan SIM tidak langsung bisa diambil saat itu juga sehingga aku datang jam 9 pagi namun SIM baru bisa diambil saat sore hari sekitar jam 2-3 atau keesokan harinya. Bukti pengambilan SIM cukup dengan menunjukkan KTP asli saja ya.  

Oh iya karena aku mengurus SIM saat masa pandemic, jadi saat masuk dan mau keluar ruangan pengurusan aku mencuci tangan ditempat yang telah disediakan. Tetap menggunakan masker dan juga tetap membawa hand sanitizer, serta tempat duduk juga dijarak sekitar 1 meter dari para pemohon lainnya.

Jadwal Urus Sim C di Polresta Barelang Batam

Karena alasan Covid-19 juga, semua SIM yang habis masa berlaku dari bulan april hingga bulan juni ini dikasi kebijakan untuk tetap melakukan perpanjangan tanpa harus test, namun jika kamu mengurus diatas bulan Juni 2020 maka kamu dianggap mengurus SIM baru lagi, sehingga persyaratan yang di ikuti juga sesuai dengan persyaratan untuk membuat SIM baru dengan pertambahan beberapa tes baik tertulis maupun praktek.

Cara Urus Sim C di Polresta Barelang Batam

So, buat kamu yang mau perpanjangan SIM A,B,C segera urus, karena persyaratan nya mudah dan sistemnya juga lebih baik, dalam satu hari bisa kelar semua dengan biaya yang terjangkau.


Berikut biaya pembuatan SIM di Polresta Barelang Batam :
SIM A, B1, BII  ( Pengendara Mobil )
Baru Rp 120.000
Perpanjangan Rp 80.000

SIM C, C1, CII ( Untuk Pengendara Motor )
Baru Rp 100.000
Perpanjangan Rp 75.000

SIM D, D1
Baru Rp 50.000
perpanjangan Rp 30.000

Keterangan mengenai fungsi SIM yang saya baca dari wikipedia :

  • SIM A untuk pengendara mobil penumpang dan barang perseorangan tidak lebih dari 3.500kg
  • SIM B1 untuk pengendara yang membawa penumpang  dan barang perseorangan yang dibolehkan lebih dari 3.500kg
  • SIM BII untuk pendendara yang mengemudikan alat berat, kendaraan penarik yang bisa lebih dari 1 ton.

  • SIM C untuk pengendara bermotor dengan kapasitas mesin dibawah 250cc
  • SIM C1 untuk pengendara bermotor dengan kapasitas mesin diantara 250cc- 500cc ( MOGE)
  • SIM CII untuk pengedera bermotor dengan kapasitas mesin diatas 500cc ( MOGE )


  • SIM D diperuntukkan untuk penyandang disabilitas yang ingin mengendarai sepeda motor
  • SIM D1 diperuntukkan untuk penyandang disabilitas yang ingin mengendarai mobil


Update terbaru pembuatan SIM di Polresta Barelang Batam  03 April 2024
Buat Pagi hari, 30 menit kemudian sudah jadi SIM nya.

persyaratan & Biaya Perpanjangan SIM C

Foto Kopi Ektp 1 Lembar
Sim Lama asli
Surat Kesehatan biaya Rp 40.000
Surat Tes Psikologi Rp 100.000
Biaya perpanjangan SIM Rp 75.000
Total perpanjangan SIM C = Rp 215.000

Dan Buat baru serta perpanjangan SIM hanya dilakukan di Polresta Barelang, Untuk Mall sudah ditiadakan sejak tahun 2020.

Semoga Bermanfaat

Komentar

  1. Tulisan ini jadi reminder SIM ku bakal habit masa berlakunya tahun depan. Siap2 Baca2 buat perpanjangan nanti

    BalasHapus
  2. Postingan seperti ini memudahkan orang yang akan mengurus SIM yang asalnya dari luar Provinsi Kepri. Great, Mbak.

    BalasHapus
  3. sekarang udah dipermudah yaa soal urus sim hihihi, jadi inget ih sim aku udah abis masanya dan lupa diperpanjang huhuhu, jadinya harus bikin ulang huhu

    BalasHapus
  4. Makasih ya mba for sharing it. I suppose the process is the same or similar where ever we are doing it

    BalasHapus
  5. Ada untungnya juga sih sekarang jadi nggak usah bebikinan di kota asal tempat SIM dibikin. Itulah kelebihannya ya kalau sistemnya sudah online.

    BalasHapus
  6. Wadoh,membaca postingan ini, jadi keingetan SIM A dan C aku udah expired, lupaaa ketambah pas pandemic kemaren huhuu.
    Harus ke Kabupaten juga urus2nya, soale rumah di perbatasan kota/kab,huhu.

    BalasHapus
  7. Ku belum punya sim. Hahahah. Emang belum bisa mengendarai motor maupun mobil juga sih. Motor bisa, tapi paling dalam kompleks aja. Itu juga belum berani bonceng orang. Belum yakin dan berani wkwkw.

    BalasHapus
  8. Baca ini jadi ingat SIM C saya, Mbak. Jangan-jangan udah expired huhu

    BalasHapus
  9. Kok aku bikin perpanjang SIM di Polresta barelang kena 200 ribu ya... Aku juga aneh, aku tanya jawabannya mencla mencle

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam pak
      apaka ada pakai test tertulis mauapun praktek ?

      Hapus
  10. Biaya test kesehatan berapa ia pak??
    Biaya test psikolog berapa y
    Ia pak??

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid