Rabu, 24 Juni 2020

Cara Mengurus Perpanjangan SIM dari Luar Kepri Di Polresta Barelang Batam

Sejak april 2020 Surat Ijin Mengemudi ( SIM ) C aku yang dibuat di Kalimantan sudah expired, mau perpanjang namun pelayanannya masih tutup karena alasan covid-19. Rasa cemas pun datang jika sedang berada di jalan raya, khawatir saat ada razia dan SIM sudah expired bakalan kena denda tilang deh diriku. Maklum saja sejak tamat SMA aku sudah diijinkan membawa motor, aku tak pernah lalai dengan SIM, dan STNK, buat ku kedua barang ini merupakan benda wajib yang harus ada didompet. SIM harus tetap hidup, begitu juga dengan STNK harus selalu ada stempel pajak setiap tahunnya ( pengendara soleha :) 

Kecemasanku mulai hilang ketika tau informasi bahwa  pada tanggal 8 Juni semua kantor pelayanan di Batam  telah dibuka kembali, termasuk pelayanan SIM dan pajak kendaraan, dan akhirnya akupun bisa memperpanjang SIM C tersebut. Memang aku tidak langsung datang di tanggal 8 Juni tersebut, karena aku yakin bakalan ramai orang disana, sehingga aku memilih pertengahan bulan saja aku mengurusnya dengan harapan para pemohon SIM sudah tidak terlalu ramai.

Sebenarnya untuk mengurus perpanjangan bisa dilakukan dibeberapa tempat yakni :
  • Mall Pelayanan Publik Batam Centre buka dari jam 8.00-15.00wib
  • BCS Mall buka dari jam 10.00-15.00
  • Mega Mall Batam buka dari jam 10.00-15.00
  • Polresta Barelang buka dari jam 8.30-15.00
Namun karena SIM ku berasal dari luar daerah Batam / Kepri maka aku diarahkan untuk langsung ke Polresta Barelang Suka Jadi. Pagi itu aku pun menuju Polresta Barelang, setelah memarkirkan motor aku masuk ke gerbang dan berhenti di pos penjagaan, disana aku bertanya dimana gedung untuk mengurus perpanjangan SIM.

Cara Urus Sim C di Polresta Barelang Batam

Oh iya adapun syarat untuk perpanjangan SIM di Polresta Barelang adalah :
  • Foto copy E-KTP
  • SIM asli
  • Surat kesehatan
Surat kesehatan ini bisa dibuat di klinik yang berada di luar gedung Polresta Barelang, kira kira jaraknya 1KM dan biaya nya 40ribu.

Setelah persyaratan diatas lengkap, maka carilah gedung untuk pengurusan SIM, letak gedung nya pas dibelakang gedung utama. Masuk saja kesana dan cari bagian informasi untuk meminta formulirnya, setelah diisi formulir kemudian antar ke loket Bank BRI didepan meja informasi, setelah bayar perpanjangan untuk SIM C sebesar 75ribu, maka masuk kedalam dan ambil nomor antrian, dan duduklah manis menunggu panggilannya.

Cara Urus Sim C di Polresta Barelang Batam


Ada 2 tahapan yang dilalui saat pengurusan perpanjangan SIM di Polresta Barelang :
  • Penyesuaian Data
  • Pengambilan Foto ,Sidik Jari, Tandatangan
Kemudian duduk lagi sembari menunggu panggilan untuk pengambilan SIM. Pengalaman aku kemarin, pengambilan SIM tidak langsung bisa diambil saat itu juga sehingga aku datang jam 9 pagi namun SIM baru bisa diambil saat sore hari sekitar jam 2-3 atau keesokan harinya. Bukti pengambilan SIM cukup dengan menunjukkan KTP asli saja ya.  

Oh iya karena aku mengurus SIM saat masa pandemic, jadi saat masuk dan mau keluar ruangan pengurusan aku mencuci tangan ditempat yang telah disediakan. Tetap menggunakan masker dan juga tetap membawa hand sanitizer, serta tempat duduk juga dijarak sekitar 1 meter dari para pemohon lainnya.

Jadwal Urus Sim C di Polresta Barelang Batam

Karena alasan Covid-19 juga, semua SIM yang habis masa berlaku dari bulan april hingga bulan juni ini dikasi kebijakan untuk tetap melakukan perpanjangan tanpa harus test, namun jika kamu mengurus diatas bulan Juni 2020 maka kamu dianggap mengurus SIM baru lagi, sehingga persyaratan yang di ikuti juga sesuai dengan persyaratan untuk membuat SIM baru dengan pertambahan beberapa tes baik tertulis maupun praktek.

Cara Urus Sim C di Polresta Barelang Batam

So, buat kamu yang mau perpanjangan SIM A,B,C segera urus, karena persyaratan nya mudah dan sistemnya juga lebih baik, dalam satu hari bisa kelar semua dengan biaya yang terjangkau.


Berikut biaya pembuatan SIM di Polresta Barelang Batam :
SIM A, B1, BII  ( Pengendara Mobil )
Baru Rp 120.000
Perpanjangan Rp 80.000

SIM C, C1, CII ( Untuk Pengendara Motor )
Baru Rp 100.000
Perpanjangan Rp 75.000

SIM D, D1
Baru Rp 50.000
perpanjangan Rp 30.000

Keterangan mengenai fungsi SIM yang saya baca dari wikipedia :

  • SIM A untuk pengendara mobil penumpang dan barang perseorangan tidak lebih dari 3.500kg
  • SIM B1 untuk pengendara yang membawa penumpang  dan barang perseorangan yang dibolehkan lebih dari 3.500kg
  • SIM BII untuk pendendara yang mengemudikan alat berat, kendaraan penarik yang bisa lebih dari 1 ton.

  • SIM C untuk pengendara bermotor dengan kapasitas mesin dibawah 250cc
  • SIM C1 untuk pengendara bermotor dengan kapasitas mesin diantara 250cc- 500cc ( MOGE)
  • SIM CII untuk pengedera bermotor dengan kapasitas mesin diatas 500cc ( MOGE )


  • SIM D diperuntukkan untuk penyandang disabilitas yang ingin mengendarai sepeda motor
  • SIM D1 diperuntukkan untuk penyandang disabilitas yang ingin mengendarai mobil

8 komentar:

  1. Tulisan ini jadi reminder SIM ku bakal habit masa berlakunya tahun depan. Siap2 Baca2 buat perpanjangan nanti

    BalasHapus
  2. Postingan seperti ini memudahkan orang yang akan mengurus SIM yang asalnya dari luar Provinsi Kepri. Great, Mbak.

    BalasHapus
  3. sekarang udah dipermudah yaa soal urus sim hihihi, jadi inget ih sim aku udah abis masanya dan lupa diperpanjang huhuhu, jadinya harus bikin ulang huhu

    BalasHapus
  4. Makasih ya mba for sharing it. I suppose the process is the same or similar where ever we are doing it

    BalasHapus
  5. Ada untungnya juga sih sekarang jadi nggak usah bebikinan di kota asal tempat SIM dibikin. Itulah kelebihannya ya kalau sistemnya sudah online.

    BalasHapus
  6. Wadoh,membaca postingan ini, jadi keingetan SIM A dan C aku udah expired, lupaaa ketambah pas pandemic kemaren huhuu.
    Harus ke Kabupaten juga urus2nya, soale rumah di perbatasan kota/kab,huhu.

    BalasHapus
  7. Ku belum punya sim. Hahahah. Emang belum bisa mengendarai motor maupun mobil juga sih. Motor bisa, tapi paling dalam kompleks aja. Itu juga belum berani bonceng orang. Belum yakin dan berani wkwkw.

    BalasHapus
  8. Baca ini jadi ingat SIM C saya, Mbak. Jangan-jangan udah expired huhu

    BalasHapus


Yang bijak itu membaca sampai selesai baru memberi komentar, Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat
Terimakasih :)