Sabtu, 20 Juni 2020

Mudahnya Melakukan Covid Test Melalui Halodoc

Sudah hampir 4 bulan wabah Coronavirus Disease 2019/ Covid-19 masuk ke Indonesia, dan ternyata peningkatan pasien positif terpapar virus  pun semakin hari semakin bertambah, hal ini membuktikan bahwa begitu cepatnya virus itu menyebar ke manusia. 

Untuk memutus mata rantai  penyebaran virus tersebut, pemerintah dan masyarakat pun mulai bersatu dengan melakukan pola hidup sehat dengan cara : 
  • Tidak keluar rumah jika tidak memiliki kepentingan
  • Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik
  • Menggunakan masker saat keluar rumah
  • Membawa hand sanitizer saat berpergian


Cara Covid Test Melalui Halodoc


Memasuki era New Normal atau tatanan hidup baru, masyarakat sudah boleh keluar rumah untuk beraktifitas untuk bekerja, namun tetap saja harus sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Bandara, Pelabuhan serta terminal bus juga sudah di buka seperti biasa. Namun untuk berpergian keluar kota penumpang tidak hanya wajib membawa KTP namun  harus disertai surat Covid Test dari rumah sakit.  

Seperti pengalaman saudara saya saat harus mendadak keluar kota untuk urusan bisnis, maka dia harus melakukan rapid test dirumah sakit, Ia pergi dari pagi dan harus mengantri dengan pasien lainnya sehingga pekerjaan diluar  menjadi terkendala gegara harus menunggu giliran namanya dipanggil. Dari pengalaman buang buang waktu tersebut akhirnya akupun mulai mencari cari applikasi mengenai repid test ini, dan aku menemukan Halodoc.

Tentang Halodoc
Halodoc adalah sebuah applikasi kesehatan yang berisi pelayanan konsultasi  dokter  yang bisa di unduh di handphone berbasis Android dan IOS.

Halodoc dibuat untuk menjawab persoalan yang banyak dialami oleh masyarakat.  Dimana dokter sangat dibutuhkan oleh banyak orang, namun untuk berjumpa dokter bukanlah hal yang mudah, ada prosedure yang harus dilakukan, dan tak ayal masyarakat harus mengantri berjam jam demi bertemu dengan dokter yang ia butuhkan di rumah sakit. Apalagi di masa Covid ini, kerumah sakit  dan bertemu banyak orang merupakan hal yang cukup riskan. Sehingga Halodoc disarankan menjadi cara paling efektik untuk berjumpa dokter yang dibutuhkan.

Halodoc Memberikan Layanan Rapid Test 
Sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam menekan laju peningkatan kasus COVID-19, kini Halodoc menyediakan layanan rapid test yang berlokasi di Jabodetabek yang bekerja sama dengan berbagai mitra rumah sakit. Pemeriksaan rapid test ini menggunakan sampel darah untuk diuji. Darah yang diambil akan digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, yakni antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Dengan begini, pasien pada tahap awal infeksi dapat diidentifikasi lebih cepat.

 Cara Covid Test Melalui Halodoc


Cara Melakukan Rapid Test Melalui Halodoc

     Cara melakukan rapid test melalui Halodoc  cukup mudah yakni:
  1. Pertama-tama, buka aplikasi Halodoc dan klik tombol "COVID-19 Test" kemudian kamu klik ini: Lokasi Rapid Test Drive.
  2. Setelah itu, kamu bisa memilih tempat dan waktu untuk melakukan rapid test ini.
  3. Kamu akan diminta untuk mengunggah foto/scan informasi diri (KTP untuk orang dewasa, dan Kartu Keluarga untuk anak di bawah umur) dan melakukan pemesanan. 
  4. Jika sudah mengunggahnya, kamu akan melanjutkan ke tahap pembayaran. Biaya akan bergantung kepada biaya jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang diberikan oleh pihak rumah sakit.
  5. Setelah berhasil, maka kamu akan menerima kembali SMS konfirmasi tentang jadwal tes dan detail pesanan. SMS tersebut harus ditunjukkan kepada petugas medis saat melakukan pemeriksaan kelak.  


Yang Harus Dilakukan Saat Melakukan Rapid Test

Sebelum pergi ke lokasi tes untuk melakukan rapid test, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni : 
  • Pastikan datang tepat waktu berdasarkan jadwal yang telah dikonfirmasi (hindari datang terlalu awal). Jika memungkinkan, mintalah orang terdekat untuk menemani kamu pergi ke lokasi tes.
  • Pastikan kamu selalu mengenakan masker selama perjalanan maupun saat sudah sampai di lokasi tes.
  • Sesampai di lokasi tes, akan ada pemeriksaan KTP (Kartu Keluarga untuk yang di bawah umur) dan SMS konfirmasi di Pos 1 oleh petugas. Pastikan membawa smartphone yang kamu gunakan untuk melakukan booking. Tes hanya berlaku bagi 1 (satu) pasien sesuai dengan KTP yang telah didaftarkan.
  • Prosedur pengambilan sampel darah dan penamaan test kit akan dilakukan di Pos 2. 
  • Setelah melakukan serangkaian tes, kamu disarankan untuk segera meninggalkan area fasilitas tes. Kamu tak perlu menunggu hasil tes, karena hasilnya akan dikirimkan melalui SMS atau notifikasi Halodoc di smartphone kamu satu hari setelahnya. 

Cukup mudah dan praktis bukan melakukan Covid Test melalui halodoc ? kita pun tak perlu membuang waktu hanya untuk mengantri, karena waktu sudah ditentukan sebelumnya.  Dan buat kamu yang membutuhkan rapid test untuk keperluan perjalanan  keluar kota atau membuktikan bahwa diri dan keluarga bebas dari Covid 19, download segera applikasinya  ya dan buat urusanmu menjadi mudah bersama Halodoc.

12 komentar:

  1. Halodoc ini memudahan sekali ya
    Setelah sebelumnya membantu kita dengan konsultasi kesehatan online, sekarang juga memudahkan untuk rapid test yang waktunya juga menyesuaikan dengan kondisi kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok bagi mereka yang sibuk, sehingga gak ada istilah ngantri

      Hapus
  2. Aku juga pernah cek dgn halodoc mbak, sangat menudahkan aplikasi ini..
    Apalagi saat pandemi spt ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, setidaknya cocok untuk mereka yang full aktifitas sehingga bisa langsung buat janji temu tanpa harus antri

      Hapus
  3. ini nih harus di terapkan juga di beberapa rumah sakit agar semua masyarakat bisa memanfaatkan layanan dengan baik, beberapa rekan masih bingung dimana bisa cek covid

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumah sakit sudah ada covid test hanya saja melalui prosedure utama yakni daftar kemudian mengantri lagi, sehingga bagi yang punya kerjaan diluar ini membuang waktu

      Hapus
  4. Nah ternyata mudah ya. Aku denger emang antrian rapid test ini lumayan loh lama. Belum lagi nunggu hasilnya. Kalau via halodoc gini bisa lebih hemat waktu.

    BalasHapus
  5. Kalau mudah seperti ini bakalan lebih membantu orang orang yang penasaran dengan statusnya. Kalau bisa langsung mendaftar begini jauh lebih memudahkan lagi, ngga terlalu lama di RS

    BalasHapus
  6. Bagus banget nih sistem rapid test di Halodoc. Apalagi untuk orang-orang yang sibuk. Oh ya kak, berapa ya harga rapid test kalau daftar lewat halodoc ini?

    BalasHapus
  7. Oh, cepat tanggap juga ya halodoc. Kita jadi lebih mudah dan lebih cepat dapat akses tes Covid. Semoga ini akan membantu menekan cepatnya penyebaran pandemi ini

    BalasHapus
  8. Keren banget ya sekarang, cuma lewat aplikasi Halodoc kita udah bisa mendapatkan pelayanan untuk melakukan Rapid Test COVID, ini memudahkan banget sih karena kita gaperlu antri-antri lagi.

    BalasHapus
  9. aku juga berobat selalu ke halodoc sekarang
    apalagi ada pelayanan rapid testnya
    beneran memudahkan banget

    BalasHapus


Yang bijak itu membaca sampai selesai baru memberi komentar, Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat
Terimakasih :)