Jumat, 01 Februari 2019

Menyaksikan Perlombaan Keelboat Diantara Kencangnya Angin Dan Ombak Dalam Event 4Th Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2019

Angin utara guys, dimana angin bertiup kencang disertai dengan ombak yang cukup tinggi,  itu tandanya bahwa Batam punya event keren yang setiap tahun ditunggu tunggu oleh para peserta dari berbagai negara di dunia, dan di tahun keempat  kembali Nongsa Point Marina Resort Batam menjadi tuan rumah untuk para peserta Keelboat  bertanding unjuk kebolehan ditengah laut yang dirangkum dalam event 4Th Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2019.

Event yang berlangsung selama 3 hari  25-27 Januari 2019 ini menghadirkan para peserta dari berbagai negara yakni, Singapura, Inggris, Amerika dan New Zealand. Mereka datang sendiri ? tentu tidak dong, mereka datang ke Batam bersama keluarga, Dengan kata lain, event ini sekaligus jadi pintu masuk wisatawan mancanegara ke Croasborder Kepri. 


Keelboat Yang Sedang Bertanding di 4Th Nongsa Regatta 2019

Nah di acara 4th Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2019 kali ini, Saya dan beberapa teman Blogger serta media lainnya mendapat kesempatan untuk menyaksikan langsung perlombaan kapal layar yang berpacu ditengah laut. Untuk menuju ke laut kami menaiki kapal kayu yang berusia 124 tahun bernama RONA. Diawal awal perjalanan semua begitu senang, dan semua begitu gembira, karena laut sepertinya begitu landai, namun ketika semakin jauh kami meninggalkan jetty ternyata ombak besar pun mulai menyapa, sehingga perlahan tapi pasti, kapal RONA yang kuat ini pun terhempas juga dengan kekuatan ombak yang cukup tinggi, alhasil beberapa dari kami yang berada didepan basah karena air mulai naik membasahi kapal. Kapok ? tentu tidak bagi Saya, karena Saya masih penasaran ingin melihat lebih dekat kapal kapal yatch yang sedang bertanding.


Menyaksikan Nongsa Regatta 
Keelboat
Dihari terakhir perlombaan mata Saya melihat sekitar ada 7 kapal yang masih berlomba,  para peserta Keelboat begitu semangatnya bekerjasama menjaga keseimbangan kapal mereka ,agar tidak terbalik karena terhempas ombak dan diterjang angin utara. 


Perlombaan Keelboat
Perlombaan Keelboat

Dinghies
Selain peserta dewasa yang berlomba ditengah laut, ada juga peserta lombanya anak anak yang digelar tak jauh dari jetty kapal. perlombaan yang disebut Dinghies ini merupakan perlombaan dimana peserta nya dari para pelajar Sekolah Dasar ( SD ) untuk kategori Laser dan Sekolah Menengah Pertama (SMP ) untuk kategori Optimist


Perlombaan Dinghies


Perlombaan Dinghies

Radio Control
Setelah menyaksikan Keelboat dan Dinghies, selanjutnya menyaksikan perlombaan Radio Control Sail Boat. Perlombaan ini digelar persis didepan jetty, dan peserta disini tidak perlu basah basahan, karena mereka cukup duduk manis dan memainkan remote controlnya, agar perahu mereka bisa berlayar dengan cepat.  


Perlombaan Radio Control 

Rangkaian acara 4Th Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2019 ini akan ditutup dengan pembagian hadian dan makan malam bersama yang dihadiri oleh peserta perlombaan, Tamu VIP dari pemerintahan dan juga perwakilan dari Nongsa Point Marina Resort

Adapun para pemenangnya sebagai berikut :

Kategori LASER
Laser 4.7 Girls
Champions : Dilla Adilya Safitri – Club (Kepri)
1st Runner Up : Aurora Angel Gayatri Waromi -  Club (Papua)
2nd Runner Up : Siti Zulaikha Bt Mohd Asri – Club ( Kepri)

Laser 4.7 Boys
Champions : Ramadhan Tito -  Club (Kepri)
1st Runner Up : Ariel Maulana – Club ( Kepri)
2nd Runner Up : Aldo Rizki Zulkarnain – Club (Papua)

INA CLOSE
Champions : Ramadhan Tito – Club (Kepri)
1st Runner Up : Dilla Adilya Safitri – Club (Kepri)
2nd Runner Up : Ariel Maulana – Club (Kepri)

Kategori OPTMIS
Optimis Girls :
Champions : Aina Zulaikha Bt Azizul Rahman – Club (Selangor)
1st Runner Up : Emma Ledis Julia Yawan – Club (Papua)
2nd Runner Up : Sintya Bella Putri – Club ( Kepri)

Optimis Boys :
Champions : Rahmad Zhairy – Club (Kepri)
1st Runner Up : Muhd Iman Bin Saiful Anwar – Club (Selangor)
2nd Runner Up : Josua Warobai – Club (Papua)

INA CLOSE :
Champions : Rahmad Zhairy – Club (Kepri)
1st Runner Up : Josua Warobai – Club (Papua)
2nd Runner Up : Fitri Gunawan – Club (Kepri)


Pemenang Kategori RADIO CONTROL 
  • Juara Pertama  - Bart Ouwerling - Netherlands
  • Juara Kedua -  Mark Biggest - UK
  • Juara Ketiga - Willem Edelenbos - Netherlands

Selesai digelar, semua tampak puas dengan kesuksesan event tahunan ini. Bukan hanya penyelenggara saja, tetapi pengunjung dan peserta pun tampak gembira dengan adanya kegiatan ini. Salah satunya pemenang asal Selangor Malaysia yang bermain di kelas Optimis Class F, Aina Zulaikha binti Azizul Rahman. Dia mengatakan, melalui Nongsa Regatta 2019 ia bisa menikmati salah satu sisi terindah Pulau Batam. Sebab, event ini mengajak para peserta untuk menyusuri alur perairan Nongsa. “Nongsa sangat mendukung untuk kegiatan berkelas ini. Ombaknya juga bagus, begitu pun dengan kondisi infrastuktur di lokasi, Pelabuhannya sudah sangat cocok untuk kapal-kapal kami bersandar,” ucapnya penuh semangat.

Hal senada diungkapkan Kurt Metzger dari Waka Terre Club. Ekspatriat di Singapura asal Amerika Serikat menjadi salah satu orang yang ketagihan pada Nongsa Regatta. Tahun lalu, ia sudah ambil bagian dan menyelesaikan tujuh balapan. Menurutnya, angin di pantai Nongsa selalu konsisten. Faktor alam sangat mendukung kegiatan tersebut.  ”Sehebat apa pun keterampilan yang kita miliki, tetap menjadi sia-sia jika tidak didukung dengan kondisi alam yang memadai. Tahun ini saya kembali meramaikan Nongsa Regatta karena saya tahu ombak dan angin di sini sangat bagus. Nongsa is the best!” pujinya.

Bapak Boeralimar selaku Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau  mengatakan, dari tahun ke tahun gelaran Nongsa Regatta berjalan semakin baik. Tak heran jika jumlah peserta pun terus bertambah. Tahun ini, sekitar 78 wisman turut berpartisipasi plus dengan keluarganya diprediksi menembus angka 234 Wisman.

Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati yang hadir di acara penutupan juga  mengatakan, bahwa Nongsa Regatta terus bergerak ke arah yang lebih baik. Dari segi peserta, event ini sudah menunjukkan peningkatan dengan mnculnya peserta domestik. Yaitu atlet nasional dari Papua dan tuan rumah.

Sampai jumpa di Nongsa Regatta berikutnya :) 
Harapan Penyelenggara agar Event seperti ini dapat menarik perhatian baik dari lokal maupun mancanegara terhadap Wisata Bahari Kepulauan Riau khususnya Kota Batam.Dukungan dari pemerintah juga sangat berperan dalam kesuksesan kegiatan ini. Khususnya dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, dan Dinas Pariwisata Kepulauan Riau. Agar setiap tahun perlombaan bertaraf international  ini bisa digelar dengan sukses. 















23 komentar:

  1. wah seru banget ya kak, andai bisa nikmati event tanpa mabok laut pasti makin seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ni...padahal masih pengen liat lebih dekat..tapi apa daya banyak yang nyerah karena ombaknya tinggi banget..

      Hapus
  2. Kerennnn nih event tahunan yang telah 4 kali dilaksanakan oleh Nongsa Point, semoga bisa menyaksikan lagi tahun depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...aku juga berharap NPM terpilih lagi jadi tuan rumah dan kita bisa menyaksikan event bergengsi ini

      Hapus
  3. seruuu, banyak kapal layar. tahun depan pengen nonton lagi pokoknya. keren-keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga tahun depan badan lebih fit, biar gak mabok laut lagi...suka aku nonton nongsa regatta ini..

      Hapus
  4. blom prnah datang ke evnt ni..thun depan semoga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayu kak pindah keBatam, atau liburan keBatam saat angin utara , karena saat itu nongsa regatta hadir

      Hapus
  5. Seru seru nonton aja menegangkan apalagi jadi pesertanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salut ya sama nyali peserta lomba...semoga nyalinya menular pada penonton juga ya hehhe

      Hapus
  6. bacanya ikut deg-degan 😂 mau nonton ah taun depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa ikut ya vita...seru banget acaranya :)

      Hapus
  7. wih kayanya asik bgt ya ini walau ombak lagi tinggi, btw aku salah focus sama tulisan sarahjalan.com di setiap yacht hahahh, kewren

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru seru menegangkan kak...meski mabok gakkan kapok buat nonton lagi

      Hapus
  8. Kayaknya seru liat yacht dilaut gitu ya kak. Pengen liat dari dekat sih, sayangnya jauh. Next la, kalo krucils dah gak rewel ditinggal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga tahun depan bisa ikut nonton nongsa regatta ya kak...seruu loh

      Hapus
  9. Wah seru bais pokoknya saat kapal diterjang ombak, yang pakai kapal besar aja bias oleng, apalagi pesertanya ya, besar banget nyalinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah yang aku salutkan sama pesertanya,, NYALI luar biasa lah mereka

      Hapus
  10. Kakk..mau ikut dtg tahun depan yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuk ayuk..mudahan lagi dibatam ya saat nongsa regatta berlangsung :)

      Hapus
  11. Tapi kayaknya seru ya kak naik kapal di tengah angin laut yang menggelora :D
    Mudah-mudahan infrastruktur Batam bisa dikembangkan lagi supaya lebih siap menyambut wisatawan internasional berbagai kelas.

    BalasHapus
  12. Kereeen banget, Mbak..lihat gambarnya aja terkagum-kagum apalagi bisa lihat langsung :)

    BalasHapus
  13. Keren mba , seru banget ini kayaknya event kellboat ini

    BalasHapus