Langsung ke konten utama

Syarat Mendapatkan Pinjaman Untuk Kredit Usaha Menengah

Sejak dunia industri Shipyard mengalami krisis orderan, maka sangat berpengaruh dengan hasil gajiku sebagai karyawan yang hanya mendapatkan gaji basic tiap bulannya. Dan karena itu aku memutuskan untuk membuka usaha Travel sebagai sampingan. Bersyukur usaha Travel yang aku jalani ini sedikit demi sedikit mengalami kemajuan. Namun untuk mengembangkan usaha yang sudah aku jalani beberapa bulan belakangan ini tentulah aku membutuhkan dana lebih besar.  Bersyukur dijaman yang serba dimudahkan ini, mendapatkan bantuan  modal usaha bukan lagi kendala terbesar dalam mengembangkan usaha, karena sudah ada Lembaga keuangan yang siap memberikan Kredit usaha menengah untuk para nasabahnya.


Syarat Mendapatkan Pinjaman


Namun sebelum memutuskan untuk meminjam dana untuk Kredit Usaha Menengah, ada beberapa hal juga yang harus di pertimbangkan, agar modal yang didapat nanti benar benar sesuai dengan kebutuhan :

1. Menentukan Besar Pinjaman Untuk Modal Usaha

Sebelum mengajukan jumlah pinjaman yang diajukan, Ada baiknya kita harus  menghitung biaya biaya yang dikeluarkan setiap bulan, baik untuk sewa counter, biaya gaji karyawan, biaya internet, biaya cicilan pinjaman, dan biaya yang lainnya, sehingga disaat pinjaman cair, pengeluaran semua bisa terkontrol sesuai dengan list yang telah diperhitungkan sebelumnya. Tentukan juga lamanya pinjaman, apakah sudah sesuai dengan kemampuan yang akan dibayar setiap bulannya.


2. Lengkapi Persyaratan Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha.

Setiap lembaga keuangan memiliki persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon nasabah sebelum mengajukan pinjaman, adapun syarat umum yang harus dipenuhi oleh si calon nasabah antara lain :
  • Harus Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan identitas
  • Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah, dan maksimal 60 tahun saat kredit lunas
  • Usaha yang dijalankan minimal sudah berjalan selama 2 tahun.
  • Belum pernah memperoleh fasilitas kredit atau jika sudah pernah memperoleh fasilitas kredit namun dengan pembayaran yang lancar / kredit tidak pernah bermasalah.

Sementara itu untuk dokument penting yang harus di persiapkan meliputi :
  • Identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) Kartu Keluarga ( KK ) serta Surat Nikah suami istri bagi yang masih terikat pernikahan, atau Surat Cerai bagi yang memang sudah tidak terikat pernikahan.
  • Khusus pengajuan kredit diatas Rp 50 juta maka calon nasabah harus mempersiapkan dokumen legalitas usaha, seperti Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ), Surat Izin Usaha Perdagangan ( SIUP ), Surat Keterangan Domisili Usaha ( SKDU )
  • Surat Keterangan Usaha dari Desa / Kelurahan, Dinas Pasar atau Otorita setempat dimana calon nasabah memiliki usaha, atau Surat Ijin Usaha.
  • Fotokopi rekening giro / tabungan selama enam bulan terakhir.

3. Pilih Lembaga Keuangan Yang Sudah Memiliki Nama Baik

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya membaca review dari beberapa lembaga keuangan, lihat reputasinya, lihat apa yang mereka tawarkan, dan lihat pelayanannya terhadap nasabahnya. Point ini juga penting loh. 

Lihat juga apakah lembaga keuangan ini sudah memiliki cabang di seluruh Indonesia, ini penting untuk melihat seberapa besar kepercayaan nasabah ke Lembaga Keuangan ini. Hal ini dimaksudkan untuk kenyamanan nasabah juga.

4.  Pilih Angsuran Dan Tenor Yang Sesuai Dengan Kemampuan

Angsuran/ cicilan perbulan ini sangat penting untuk nasabah, karena saat memilih angsuran nasabah harus memastikan sanggup untuk membayarnya tiap bulan, jangan sampai ada kendala ditengah jalan dengan alasan tidak sanggup membayar. 

Jadi alangkah baiknya, sebelum menentukan cicilan nasabah sudah menghitung jumlah pengeluarannya tiap bulan, di tambah dengan pengeluaran lainnya, dan sebisanya tetap ada kelebihan dana yang di sisihkan untuk pengeluaran tak terduga lainnya.

Pastikan nasabah disiplin setiap bulan dalam pembayaran cicilan yang sudah ditetapkan,  jangan sampai ada keterlambatan yang nantinya menimbulkan penalti untuk nasabah, dan yang lebih parah membuat nasabah masuk dalam daftar hitam di Bank Indonesia. Hal ini sangat merugikan nasabah itu sendiri, karena tentunya akan sulit mengajukan kredit lainnya dimanapun.

                                                                            *******

Nah biasanya empat hal itu yang penting untuk di persiapkan oleh Nasabah sebelum mengajukan pinjaman modal usaha. Lembaga Keuangan pada umumnya juga akan menerapkan prinsip 5C sebelum memberi pinjaman kepada calon nasabahnya. 5C itu sendiri meliputi Character ( Integritas ) , Capacity ( Kemampuan membayar hutang ) , Capital ( Kekayaan Pokok ), Collateral ( Aset yang dimiliki ) dan Conditions ( Kondisi Usaha Yang Sedang Berjalan ).

Dan sebagai peminjam, nasabah pun harus memiliki prinsip yang sama, harus yakin bahwa nasabah tak memiliki catatan buruk di Bank Indonesia, Nah untuk mengecek catatan pribadi nasabah itu sendiri, bisa dilakukan dengan mengecek status BI Checking melaui website Bank Indonesia.

Bisa memiliki usaha sendiri dan mandiri secara finansial sudah pasti menjadi impian setiap orang,  dimana ada pepatah yang mengatakan, sekecil kecilnya usaha, jika kamu pemiliknya, maka kamu adalah boss. Namun jika kamu tetap bertahan menjadi karyawan, setinggi tingginya jabatanmu tetaplah kamu seorang karyawan. 

Dan untuk mewujudkan keinginan menjadi pengusaha, modal bukan lagi menjadi masalah besar pada saat ini, karena pinjaman modal usaha juga bisa didapat dengan cara yang cukup mudah, kalian bisa membaca laman https://www.cekaja.com/small-business-banking    dimana  sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman untuk modal usaha, kita sudah tau persyaratan, cicilan perbulan, lama waktu pembayaran dan pastinya reputasi serta pelayanannya terhadap nasabah







Komentar

  1. Enggak perlu bingung soal modal ya kalau mau usaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, untuk usaha udah dipermudahkan modal nya dari lembaga keuangan :)

      Hapus
  2. Yang penting usahanya serius, berjalan dengan baik, Insha Allah pinjaman kredit bakal terus bisa dikucurkan :D (jangan lupa cicilannya heheeh).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak..setiap usaha harus dijalani dengan serius, agar gak sia sia pinjamannya

      Hapus
  3. Wahhh makasih tipsnya

    Salam kenal dari Irwin Andriyanto yang mengurus beberapa blog yaitu Tangerang digital |Masirwin Blog

    dan mau Pelatihan Android murah??? Cek Course-net.com

    BalasHapus
  4. Dengan kegembiraan dan kebahagiaan yang besar, saya senang berbagi perbuatan baik 24HOURS FINANCE kepada keluarga saya dan stabilitas keuangan saya.
    Untuk beberapa waktu saya telah mencari pemberi pinjaman pinjaman swasta dan dalam proses mencari pinjaman pribadi, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman pinjaman palsu yang meminta uang dari saya yang saya bayar tetapi saya tidak mendapatkan pinjaman dari mereka. Saya juga menempatkan diri saya dalam hutang besar yang tidak saya tahu cara membayarnya.
               Jadi, saya mengeluh kepada polisi dan mereka bertanya kepada saya apakah pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang saya hubungi memiliki situs web tempat mereka dapat memperoleh informasi, saya mengatakan tidak karena pemberi pinjaman yang saya hubungi tidak memiliki situs web perusahaan. saat itulah saya tahu bahwa sayalah yang kehilangan uang saya karena seharusnya tidak menghubungi perusahaan pinjaman tanpa situs web yang dapat dikunjungi karena itu adalah tanda perusahaan pinjaman palsu.
                 Jadi, suatu hari, saya membaca berita di situs blog, saya melihat komentar oleh Ny. Sarah Ward dan dia berkata bahwa perusahaan pinjaman mereka memberikan pinjaman dan dia juga menulis situs web perusahaan mereka yaitu: www.24hoursfinance.org dan email perusahaan mereka: 24hoursfinance.org@gmail.com
    Ini adalah kontak Whatsapp mereka: +1 (929) 251-1654
              Saya memutuskan untuk memeriksa situs web perusahaan, saya menemukan bahwa saya benar-benar melihat perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan. jadi saya mengajukan pinjaman 300 juta dari mereka. Saya diminta untuk menyerahkan semua alat identifikasi saya dan setelah verifikasi informasi saya, saya diberi tahu bahwa permohonan pinjaman saya telah dikabulkan, pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya. Saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya akan melakukan yang terbaik untuk membagikan kisah saya sehingga orang lain dapat diselamatkan dari tangan pemberi pinjaman palsu.
    Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut di email saya: rifkyseptiaji90@gmail.com
        Semoga Allah menyelamatkan kita semua dari apa yang tidak benar.

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid