Langsung ke konten utama

Perjalanan dari Harbour Front Singapura Menuju Terminal Bus Larkin Johor Bahru

Ini perjalanan kedua buatku ke Johor Bahru melalui Singapura, bukan tanpa alasan aku memilih rute panjang ini ya, namun karena keadaan memaksa aku memang harus lewat Singapura, jadi segala macam pengalaman kudapat selama perjalanan yang bisa ditempuh dalam waktu 2 jam itu jika tidak macet dan tidak ramai di imigrasi, namun jika macet dijalan atau di imigrasi bisa bisa 4 jam perjalanan akan dilalui.


Singapura ke Johor Bahru
Johor Bahru Menjelang Sunset


Berawal dari Harbour Front Singapura, aku menuju stasiun MRT South East Line (Line ungu NE1)  menuju outram park (NE3 ) kemudian turun dan berpindah ke Jurong Region Line ( Line hijau EW 16) menuju stasiun Jurong East EW24, kemudian keluar dari MRT dan pindah MRT NS1 / Line merah menuju stasiun Kranji NS7.

Singapura ke Johor Bahru
Pintu Keluar dari Imigrasi Harbour front

Petunjuk Menuju MRT Harbour Front

Stasiun MRT Harbourfront Singapura

Line Ungu disebelah Kiri
Keluar dari MRT Line Ungu di outram park, naik keatas menuju MRT Green Line
Pilih MRT sebelah kiri arah Tuas Link

Stasiun MRT Kranji


Setelah sampai di Kranji aku  turun kebawah untuk mencari bus menuju woodland untuk mendapatkan stamp imigrasi keluar dari Singapura, untuk bus ini bisa kita gunakan bus SBS dengan nomor 160, 170,170X, atau caswaylink 001 mobil nya warna kuning dengan harga tiket sekitar S$3.00, jika kamu sudah punya kartu EZ LINK kamu tinggal scan saja kartunya. Nah nanti penumpang akan diturunkan di woodland, lama perjalanan sekitar 15 menit tergantung macet atau gaknya situasi jalanan pada saat itu, oh ya aku menggunakan EZ Link ya, sehingga aku tinggal scan kartunya saja. Kartu EZ LINK ini bisa dibeli di stasiun MRT dengan harga S$ 12.00 dapat saldo S$ 7.00, dan apabila membeli tiket bus, maka potongan tiket bus harus disimpan untuk naik bis berikutnya, dengan catatan bus yang dinaiki harus nomornya sama, dan disini bus bernomor sama itu banyak, jadi tak perlu menunggu terlalu lama.


Petunjuk dari Stasiun Kranju menuju Bus

Petunjuk di Stasiun Kranji

Bus SBS 170, 170x 160


Woodland untuk stamp imigrasi keluar singapura


Setelah diturunkan di woodland, aku mengantri cukup lama diimigrasi karena suasana sedang ramai, tapi tak masalah aku tetap bersabar mengantri, setelah proses imigrasi selesai aku turun kebawah dan mencari bus 170x, ya ampuuun ternyata antriannya panjang banget, satu jam aku berdiri mengantri :( capek eeii.

Turun setalah mendapatkan stamp imigrasi keluar Singapura


Tempat antrian menuju Bus 170,160, 170X, causewaylink


Jadwal Bus ke Larkin / JB Sentral

Setelah naik ke bus, dan menempuh perjalanan selama 10 menit, kami diturunkan lagi di Johor Bahru imigrasi untuk stamp masuk Malaysia. Disini antrian lagi lagi seperti ular kadut panjang banget, hampir 1.5 jam aku disini. Saat giliran antrian ku tiba,  ternyata prosesnya tak lama cukup 3 menit saja, pasport ku pun mendapat stamp. Alhamdulillah kelar, dan aku pun keluar menuju terminal bus, dan kali ini aku salah menuju terminal, semestinya aku tidak turun ke bawah, namun tak masalah lah, karena terminal bus malaysia ini juga ada tujuan ke Larkin meski aku menunggu sekitar 40 menit. Saat sang kernet memanggil penumpang tujuan terminal larkin, aku pun bergegas naik bus dengan membayar RM2.00, harga sebenarnya RM 1.80 karena aku gak punya uang pas, jadinya bayar dua ringgit. 20 Menit akhirnya sampai juga di terminal larkin saat itu sudah azan maghrib.

Bus Stop di Johor Bahru , Pemeriksaan imigrasi untuk masuk Malaysia


Belok kiri untuk menuju Terminal Bus jurusan Malaysia, Lurus untuk Bus ke Larkin by  SBS atau CW


Terminal Bus di Johor Bahru utk jurusan area malaysia dan larkin

Suasana Terminal Bus di Johor Bahru

Bayar Bus dengan memasukkan uang kedalam mesinnya

Semoga bermanfaat :)








Komentar

  1. Pengen nyobain kapan2 tp kyknya agak ribet yaa kak. kyknya harus ada temennya niih biar gak bingung dijalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ribet karena belum pernah si kak...kalo udah pernah sekali pasti bisa :)

      Hapus
    2. HI Kak mau nanya total pengeluaran dari mrt dan busnya di singapore berapa ya?

      Hapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Serunya Bermain Cable Ski di Batam Wake Park Bengkong

Mendengar permainan Cable Ski biasanya kesan pertama itu harganya MUAHAL ! dan hanya orang orang berduit lah yang sanggup menikmati water sport ini. karena dihari sabtu dan minggu harga bermain cable ski ini  Rp 250.000/ jam. Namun jangan minder duluan, karena Batam Wake Park yang ada di Bengkong ini memberikan harga promo di weekday hanya RP 50.000/ hari, Nah loh ?? masih gak pengen nyobain main watersport yang seru ini ? promo dari Batam Wake park Beralamat di kawasan golden city bengkong, Batam wake park ini hadir untuk meramaikan permainan yang penuh tantangan di atas air.  Ada dua area danau buatan yang disediakan bagi peserta yang ingin bermain cable ski. 1 Danau kecil  Disinilah tempat bagi pemula belajar cara memainkan wakeboarding/ cable ski. pertama tama kita wajib memakai life jacket, helmet, wakeboarding dan mengikatnya dengan erat.  Kemudian pelatihnya akan mengajari teknik teknik bermain cable ski. Kedengarannya simple dan mudah ya ? Tapi percayalah, kam

Indahnya Pantai Glory Melur Barelang Batam

Siapa ni disini yang paling senang hunting pantai baru yang ada di Batam ? Yang tunjuk tangan satu hati dong sama aku hehehe. Gatal aja bawaan kaki kalo udah dengar ada pantai baru yang dibuka. Apalagi kalo didaerah Barelang, karena aku tau disana lautnya bagus, pasirnya lembut serta kalo air laut sedang pasang, duuh jernih banget airnya, sejernih hatiku, eaaaa. Sejak di buka pada akhir Desember 2020, baru di bulan Februari 2021 aku bisa mengunjungi Pantai Glory Melur yang semakin hari semakin diminati oleh para pengunjung ini. Tak salah menurutku karena kalo dilihat dari foto foto yang bertebaran di media sosial, Pantai Glory Melur memang indah dan rapi penataannya. Minggu pagi sengaja aku turun dari rumah jam 6.00 lantaran aku juga ingin melihat moment sunrise di daerah Jembatan 1. Namun sayang karena harus mampir membeli sarapan dan mengisi bahan bakar, akhirnya aku kesiangan juga. Matahari sudah naik saat aku sampai di Jembatan 1 Barelang. Perjalanan tetap aku lanjutkan dengan sena