Langsung ke konten utama

City Tour Kota Thaif, Sewa Mobil Hiace 600 SAR Include Supir

Saat umroh bulan Oktober 2023 lalu, Aku berkesempatan mengikuti tour ke kota Thaif, Aku memang ingin naik gondolanya /kereta gantung, karena itu Aku sangat antusias mengikutinya. Setelah berdiskusi sama teman teman sekamar dan Mas Agni selaku guide kami, dapatlah kami harga sewa mobil Hiace include supirnya 600SAR ditambah biaya Pembimbing selama diperjalanan 250SAR, artinya total semua 850SAR, dibagi ber 8, jadi 1 orang sekitar 100SAR / Rp 450.000, ini belum termasuk biaya naik cable carnya ya. 

Biaya naik kereta gantung 100SAR/ orang yang VIP, jalur ini kita gak perlu antri, karena memang sudah ada jalur khususnya, tapi kalo mau harga 55SAR kita kudu ikut antrian yang panjang kayak ular kadut :( 

Perjalanan dimulai dari Ajyad Mekah Menuju Kota Thaif

Jam 1.30 setelah sholat zuhur,  kami memulai perjalanan dari Mekah menuju kota Thaif yang berjarak sekitar 86 km atau bisa ditempuh 1 jam lebih 30 menit tergantung kecepatan kendaraannya. 

Kota Thaif adalah kota terbesar ketiga setelah Kota Mekah dan Kota Madinah. Meski dikelilingi bukit dan gunung bebatuan, kota Thaif ini memiliki tanah yang subur sehingga pertanian disini begitu sukses dengan hasil buah buahan seperti Anggur, Kurma, Delima dan lain lain. Karena posisi Thaif juga tinggi, makanya kota Thaif ini dingin.

View dari Telefric Cable Car

Perjalan yang kami tempuh aman dan lancar, jalanan disana mulus hampir tidak ada yang namanya macet, selama perjalanan kami disuguhi pemandanga bukit dan gunung berbatuan yang indah.

Naik Kereta Gantung Telefric di Al Hada Thaif

Memang tujuan utama kami adalah naik kereta gantung biar bisa melihat keindahan kota Thaif. Diloket tersedia paket private cabin yang berisi 6 orang dengan harga 450SAR. Sebenarnya kami udah pas 6 orang dari tim penginapan Ajyad, tapi karena ada 2 orang lagi peserta lain yang ikut, alhasil kami tidak bisa membeli paket 6 orang itu, kami harus membeli tiket normal VIP 100SAR / orang, yang tadi kalo 6 orang mestinya kami hanya membayar 70SAR, akhirnya kami membayar 80SAR per orang. Tak apalah ya, namanya juga rombongan harus berbagi, lagian kita lagi liburan harus tetap happy2 :) 

Telefric Cable Car Thaif
Telefric cable car Al hada


Harga tiket VIP  100 SAR ini tak perlu antri ya, kita langsung bisa naik kereta gantungnya. Dan Alhamdulillah setelah naik kereta gantung isi 8 orang,  kereta pun mulai meluncur diketinggian. Asli takjub dengan keindahan dibawah sana, sekaligus Aku takut karena memang pobia ketinggian ya. Tak berhenti mulut ini berucap syukur dengan keindahan kota Thaif. 

Kota Thaif Sangat Indah, Namun Pengalaman Nabi Muhammad SAW begitu Menyedihkan Saat Berdakwah di Thaif

Namun keceriaanku seketika berhenti, ketika temanku Icay yang sebelumnya sudah pernah naik kereta gantung ini bercerita, bahwa jalan bebatuan dibawah ini, adalah jalan yang pernah dilalui oleh Rasulullah kita Nabi Muhammad SAW, saat Beliau hendak berdakwah menyebarkan agama Islam. Bukan sambutan yang baik yang diterima, Rasulullah malah ditolak kehadirannya, bahkan diusir dan dilempari batu oleh masyarakat Thaif,  sampai badan dan kakinya terluka 😭😭😭😭😭😭😭😭 Ya Allah sampai disini cerita kudengar, tak terasa air mataku menetes, membayangkan betapa kejamnya masyarakat Thaif pada Nabi kita.

Suasana hatiku langsung berubah, Meski keindahan kota Thaif begitu memanjakan mata, fikiranku masih terbayang tentang sedihnya perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Thaif. Sampai sampai aku langsung googling tentang sejarah Thaif. ya Allah, yang tadinya Aku bahagia bisa mengunjungi Thaif, sekarang berbalik rasanya Aku tak pantas terlalu bergembira menikmati keindahan Thaif, sementara Nabiku dulu menderita sekali disini, sampai sampai Rasulullah mencari tempat persembunyian dan mengadukan apa yang Beliau dapatkan disini kepada Allah.

Jejak Rasulullah ke Kota Thaif
jalan yang pernah dilalui Rasulullah

Saat Allah mengutus Malaikat Jibril dan Malaikat lainnya, Malaikat Jibril berkata ke pada Nabi Muhammad SAW, katakanlah wahai Muhammad, apa perlu gunung gunung ini aku hancurkan bersamaan dengan penduduk Thaif ?   Dengan bijaksananya Rasulullah menjawab," Tidak perlu begitu,  Aku hanya ingin anak cucu penduduk Thaif kelak menjadi orang yang beriman." Disini lagi lagi tangisku pecah, ya Allah baik banget Nabi kita, walau sudah diperlakukan dengan kejam, tetap aja mendoakan yang terbaik buat penduduk Thaif, Rasulullah hanya ingin mereka memeluk islam, dan beriman kepada Allah SWT. 

Walau doa Rasulullah dikabulkan, dan penduduk Thaif sudah memeluk agama islam, tanahnya tumbuh subur dan menjadi kota yang indah seperti sekarang ini, tetap saja hatiku sedih.

Turun dari kereta gantung kami mampir sholat ashar, dan setelah ini Aku tak minat untuk menikmati wisata di Thaif lainnya, cuma pengen cepat pulang ke Mekkah saja, biar bisa ibadah lagi. Namun karena kami rombongan dan teman yang lain masih ingin kepasar buah dan beberapa tempat lainnya, ya udah Aku nunggu didalam mobil saja.

Tour berakhir selepas isya sembari kami mampir di Masjid QARNUL MANAZIL untuk mengambil Miqot, karena Aku dan beberapa teman mau lanjut umroh lagi.



Ambil Miqot di Masjid Qarnul Manazil



Total biaya 1 hari ke Thaif

Mobil Hiace + Supir : 600SAR / 8 orang

Muttowif / Pembimbing : 250 SAR / 8 orang

Naik Gondola  : 80SAR / orang

116.25 SAR / orang + 30 SAR beli Ayam Taliwang

CP AGNI : +966 56 650 4043





Komentar

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid