Langsung ke konten utama

Budget Umroh Mandiri Selama 9 Hari Start Batam

Berawal dari postingan jalan jalanku awal tahun 2023 yang dikomentari oleh saudaraku, Beliaupun berkata padaku, jika punya uang pergilah umroh. Ntah apa yang ada dipikiranku saat itu membalas komentarnya, dengan mudah sekali Aku menjawab, Insyaallah Tahun ini kak. 

Apa Aku punya tabungan berjuta juta ? jawabannya tidak,

Apa Aku sudah mendaftar di Travel untuk umroh tahun ini ? juga tidak sama sekali

Jadi ? bagaimana dengan enteng sekali Aku menjawabanya tahun ini umroh ? padahal Aku gak punya tabungan dan belum mendaftar ? ntahlah Akupun tak tau, ASJAB = Asal Jawab

Doa Dan Usaha 

Ya Berdoa, siapa yang masih meragukan kekuatan Berdoa ? Apapun yang tak mungkin bisa jadi mungkin, jika kita selalu berdoa dengan sungguh kepada Allah jika kita menginginkan sesuatu.  Mulailah Aku berfikir bagaimana caranya agar Aku bisa punya uang, jawabannya dengan main arisan dan menyimpan uang THR sebisa mungkin, walau kenyataannya duit THR hampir ludes :( sehingga harapan terakhirnya uang arisan. 

umroh mandiri 2023

Aku rajin mengikuti info group umroh mandiri, disana Aku mulai belajar tentang umroh mandiri, bagaimana cara umroh mandiri, berapa budgetnya dan apa saja yang perlu dipersiapkan.

Akhir bulan Maret 2023, group dihebohkan dengan promo tiket SOLO- JEDDAH dengan harga 4-5 juta saja PP. Akupun sungguh tak tenang dengan promo ini, karena masih ragu ambil atau tidak. Tapi karena kelamaan mikir, akhirnya Akupun gagal mendapatkan tiket promo tersebut :(. Aku kelamaan mikir karena saat itu bingung mau beli tiket namaku 1 kata dipaspor. Sementara nama 1 kata dipaspor tidak bisa masuk ke negara Arab Saudi.

Nama Satu Kata di Paspor Tidak Bisa Masuk Saudi Arabia, Jadi Harus Endors

Aku baru tau bahwa nama satu kata SARAH, itu tidak bisa masuk ke Arab Saudi, dan jalan satu satunya adalah dengan melakukan endorse nama / penambahan nama di paspor, yakni tambahan nama bapak dan kakek. Contoh namaku SARAH dihalaman depan paspor, nanti dihalaman 4 paspor akan ada nama tambahan menjadi SARAH  ACHMAD DENI. 

contoh endorse nama di paspor
contoh paspor yang sudah diendor/tambah nama

Dan untuk mengurus penambahan nama ini, kita harus langsung datang ke imigrasi biayanya gratis, dengan membawa beberapa syarat seperti :

  • KK
  • KTP
  • IJAZAH
  • AKTA LAHIR
  • Surat Rekomendasi dari Travel jika pergi melalui Travel
  • Materai 10rb.

Mengurus endors nama diimigrasi cukup cepat jika syarat yang dibutuhkan lengkap, dalam waktu 3 hari, paspor Saya sudah siap dengan nama yang sudah ditambah. Alhamdulillah, 1 usaha sudah saya lakukan, tinggal tahap selanjutnya yakni mencari tiket promo.

Bulan Mei 2023 Dapat Tiket Promo Jakarta - Riyard - Dubai- Jeddah PP 8,1 juta

Setelah gagal dengan tiket promo 4-5 jutaan Solo - Jeddah, dibulan mei 2023 kembali group heboh dengan tiket promo dari Jakarta- Istanbul ( Turki ) - Jeddah 9 jutaan PP, dan ada pula Jakarta- Riyard-Dubai- Jedah 8,1 Jutaan PP. 


tiket promo jakarta-dubai-jedah

Nah disini, Aku yang udah mantap hati untuk mengambil tiket lewat Dubai saja, tiba tiba dipertemukan dengan seorang wanita yang ingin berangkat umroh juga dari group umroh mandiri. Beliaupun sendiri, jadilah kami akhirnya berkomunikasi dengan memantapkan hati untuk pergi berdua. 

1 Hari kami lagi lagi meyakinkan diri, bahwa inilah pilihan kami, Jakarta - Riyard- Dubai- Jeddah tanggal 14 Oktober 2023, pada jam 07.00 pagi menggunakan pesawat Saudi Arabia. Dan setelah mencocokkan kembali pilihan penerbangan dijam dan tanggal  yang sama, akhirnya kami sama sama membaca BISMILLAHIRAHMANIRRAHIM, tiketpun kami klik dan bayar langsung.

ALLAHUAKBAR, disini Aku menangis, airmataku jatuh membasahi pipiku, kalo ditanya kenapa menangis, Akupun tak tau, yang jelas seperti Allah memberiku jalan menuju rumahnya.

Oh iya, saat membeli tiket Aku sudah menggunakan nama endors SARAH ACHMAD DENI didalam tiket penerbangan tersebut. 

Dan darimana aku punya uang 8 juta ini ? dari THR yang Aku sisihkan dan dari dapat Arisan yang aku minta dapatnya dibulan 5 juga. Jadi tanggal 28may aku terima duit arisan, dan tanggal 30may ada tiket promo ini muncul. Seperti jalan yang emang sudah diatur oleh Allah kan ? tiket Aku bayar ditanggal 31 May 2023.

Mengurus Visa di Bulan Agustus 2023 Melalui Admin Group

Dokumen wajib yang harus dipersiapkan selain Paspor, dan Tiket Pesawat PP adalah VISA. Tanpa Visa kita tidak akan bisa masuk ke Saudi Arabia. Dan Visa ini juga ada beberapa jenis, ada yang visa ziarah, ada visa umroh dan visa Multiple, semua Visa ini bisa dipakai untuk umroh, namun yang pasti masa berlaku Visa dan harganya yang berbeda. Dan untuk Visa umroh yang kami urus melalui admin group kami sebesar US180 atau sekitar Rp 2.749.000, dengan menggunakan kurs Rp  15.273.( Visa Umroh ini berlaku hanya untuk 1 kali masuk negara Arab Saudi ) . Aku mengurusnya tanggal 6 Agustus 2023, tapi tanggal 7 Agustus malam sang Admin menginfokan bahwa Visa ku belum bisa diajukan mungkin karena keberangkatan masih lama, alhasil Aku diminta menunggu sampai akhir Agustus atau awal September 2023. Tanggal 25 Agustus akhirnya Visaku jadi juga. Alhamdulillah😍


e Visa Umroh
visa umroh berlaku hanya utk 1 kali masuk saudi arabia

Ternyata Transit Dubai Butuh Visa Transit 

Hal yang tak kusangka sangka adalah harus membuat Visa transit saat berhenti di Dubai, loh kok bisa ? Yess, ini Aku ketahui saat ada calon jamaah umroh juga memberitahukan diriku, bahwa ada calon jamaah yang batal berangkat karena dari pihak Saudi Indonesia tidak mengijinkan terbang jika penumpang tidak memiliki visa transit Dubai, alasannya adalah karena saat membeli tiket itu pemesanan tiketnya MULTIPLE, Jakarta- Riyard- Dubai - Jedah. Bukan Jakarta - Jeddah ( transit Dubai ). Padahal seingatku saat aku mencari Jakarta - Jeddah, dari pihak Skycanner memberikan harga termurah, yakni Jakarta - Riyad- Dubai- Jeddah,  jadilah Aku memilih opsi ini. Ternyata eh ternyata, jika pembelian seperti ini bentuknya, membutuhkan VISA TRANSIT DUBAI 48 Jam.

Visa Transit Dubai
Visa Transit Dubai 48 jam

Saat mendapat aturan aturan terbaru begini, Alhamdulillah tetap aja ada yang berbaik hati memberi tau, dimana Aku harus mengurus pembuatan Visa transit dengan harga yang cukup terjangkau yakni 750rb, sementara yang lain menawarkan 1 jutaan keatas. Proses pengajuan visa transitku memakan waktu sehari saja, subuh serahkan data seperti :

  • Halaman depan paspor
  • Halaman endorse paspor
  • Tiket PP
  • Nama ibu kandung
  • Pekerjaan

Keesokan subuh harinya, Visa transitpun sudah jadi, Allahuakbar, Alhamdulillah, semua berjalan lancar, karena jika ada kendala atau ramai yang mengajukan visa transit ini bisa saja menunggu 3-5 hari. Dan setelah Visa transit jadi, baru kami membayarnya. Masyaallah bener bener baik pak Haryanto ini. Semoga Allah membalas kebaikan beliau, yang bekerja dulu baru menerima uang jasanya :) 

Visa transit dubai dan visa umroh selesai, waktunya melanjutkan mencari penginapan di Madinah dan Mekkah.

Pesan DAR di Mekkah Melalui Jasa 

Biasanya peserta umroh mandiri gini punya group tersendiri, biar bisa jalan barengan, bisa sewa penginapan barengan, atau city tour barengan supaya dapat lebih murah gitu. Jadi sewaktu Aku mendengar ada wanita yang jalan sendiri, dan mencari teman untuk sharing kamar di DAR mekkah, lalu akupun mau bergabung dengan niat, ayuk sama sama saling bantu, biar kita dapat murah.

DAR DURROT AJYAD MEKAH

Awalnya dia bilang harga kamarnya 600ribuan, jadi kalo bagi 5 artinya permalam 120rb dong perorang, ini termasuk murah karena kamarnya juga bersih, walau toilet terpisah. Nah beberapa hari kemudian dia konfirm lagi ke Aku, apakah beneran mau gabung, ya kujawab mau dong, trus kalo ber 4 saja bagaimana ? aku jawab tetap mau, karena kalopun ber 4 artinya 150rb per orang. Nah beberapa hari kemudian dia bilang lagi pasti jadi kan kak ? karena aku udah book , harganya 680rb /4 * 5 malam. Nah disini sebenarnya Aku jadi loh? kok jadi 680rb pulak. Tapi itulah Aku tuh paling begok soal menolak, karena gak enakan, jadi tetaplah Aku ya udah deh, ambil aja. Artinya sekarang jadi 170rb perorang.  Dan karena katanyaaaaaaa dia sudah bayarkan full. Jadi dia minta Akupun transfer uangnya, 170rb x 5 malam totalnya 850rb dong ya, eeh dia bilang dong genepin 900rb ya kak. Jbleeekkk, Aku menghela nafas sembari berucap, kukira disini saling bantu dan memang dia seorang traveller mandiri yang nyari teman untuk bener2 sharing, ternyata gak begitu pembaca, mungkin dia juga menjual jasa pengurusan penginapan di mekkah. Nah setelah aku transfer, wajar dong Aku minta bukti book penginapannya, eeeh malah yang dikasi invoice, yang ada tulisan  SILAHKAN TRANSFER, setelah berdebat sana sini, akhirnya dia suruh Aku dong telpon orang yang urus dimekkah tentang bukti booking ini, katanya dia tak faham masalah beginian. Ya Allah.. menghela nafas panjang Aku, tapi lagi lagi ya udahlah, Aku mau ibadah malas ribet. Kalopun nanti tak cocok, ya udah keluar dari sana dan cari lain. 

Pesiapan berangkat dari Bandara Soekarno Hatta

Karena Aku dari Batam, Alhasil Aku harus kejakarta terlebih dahulu, disini Aku mendapatkan harga tiket 1.1 juta sekali jalan, uuh mahal sih menurutku, tapi ya udahlah, lagi lagi Aku percaya Allah memampukanku dengan caranya.  

Tibalah tanggal 14 oktober jam 7.30 pagi kami sudah berada di konter maskapai Saudi bandara Soekarno Hatta Jakarta, sambil berdoa tak henti2 agar semuanya dipermudah dan dilancarkan.

Yang dipersiapkan saat checkin di konter maskapai Saudi.

  • Tiket Pesawat PP 
  • Visa Umroh
  • Visa Dubai

Alhamdulillah dapat petugas masih muda, dan tak banyak tanya ini dan itu, hanya saja karena koper kabin lebih dari 7kg, akhirnya harus masuk bagasi, katanya si mamas, bagasi bakalan bisa diambil di Jeddah, baiklah kita tunggu saja nanti :) 

Naik Maskapai Saudia Arabia Ternyata Seenak Itu

Ini pertama kali pengalamanku naik maskapai Saudia Arabia, sekaligus pengalaman pertama umroh, deg degan campur bahagia berkecamuk dalam hati, ketika Aku menaiki satu persatu anak tangga pesawat Saudi Arabia. Alhamdulillah Aku dapat kursi disamping jendela, sehingga Aku dengan leluasa bisa melihat keadaan dibawah. 

Fasilitas Saudia Airlines

Selama didalam pesawat penumpang diberi beberapa fasilitas, seperti :

  • Bantal,
  • Selimut, 
  • Handsfree
  • Sikat gigi, tutup mata, busa tutup telinga, kaos kaki
  • Makan nasi + ayam
  • Roti,
  • Pizza
  • Pudding
  • Salad
  • Teh, Kopi dan Juice Apel, Mineral Water

Makanan diatas sangat mengenyangkan, apalagi dinikmati sembari menonton movie yang ada didepan tempat duduk kita, alhasil Aku memang tak tertidur sedikitpun selama diperjalanan. Hingga pesawat tiba di Dubai

Transit Dubai Tetap Checkin Ulang Dan Dapat Simcard Gratis 5Gb

Kami sampai di Dubai malam hari, dan ternyata waktu transit kami hanya 2 jam saja, dari awalnya 4 jam, ( perubahan dari maskapai saudi yang bikin menghela nafas ), alhasil waktu 2 jam ini kami pergunakan dengan sebaik mungkin, lari sana sini mencari arah untuk menuju imigrasi. Antrian saat itu sangat panjang sekali, hanya doa yang bisa kami panjatkan agar kami tak ketinggalan pesawat. 

Lagi lagi Allah permudah kami dengan lancarnya proses imigrasi di Dubai, mereka tak banyak tanya saat kami menyerahkan boarding pass, visa transit dan paspor, langsung distamp dan kami di kasi sim card buat internetan di Dubai 5 gb, tapi sayangnya kami tak sempat menggunakannya karena kami harus segera  mencari pesawat tujuan Jeddah.

Dubai Yang indah
Transit Dubai dapat Stamp :)

Terus bertanya pada siapa saja disana, dimana gate menuju pesawat Saudia yang akan berangkat ke Jeddah, akhirnya kami naik turun kereta demi pindah terminal, hedeww lumayan bikin deg degan disini.  Kami sampai di gate pesawat Saudi tepat waktu boarding pass, sambil mengatur nafas karena berlari lari mengejar waktu, kamipun akhirnya masuk pesawat dan memilih duduk sambil perbanyak istiqfar dan sholawat. 

Ya Allah kalo bukan karena kemurahan hatimu ntah apalah jadinya kami malam ini, baru pertama kali masuk kenegara Dubai dan  hanya dikasi waktu 2 jam untuk mencari tau seluk beluk bandara sebesar ini :( 

Pesawat take off, Aku memilih tidur karena sudah merasa lelah dengan perjalanan semalaman ini, saat kami terbang dari Dubai pukul 11 malam, dan di Indonesia sudah jam 2 tengah malam, dan kami mendarat di Jeddah pukul 1.30 malam, artinya jam di Indonesia sudah jam 5.30 pagi. 

Selisih waktu Indonesia - Dubai  ( lebih lambat Dubai 3 jam )

Selisih waktu Indonesia - Saudi Arabia ( Lebih Lambat Saudi 4 jam )

Dari Jeddah - Madinah Menggunakan Kereta Cepat Haramain

Setelah proses imigrasi selesai jam 9 pagi waktu saudia ( berarti Indonesia jam 1 siang ), kamipun menuju pintu keluar dan melihat Aquarium raksasa yang indah, dimana didalamnya berbagai macam jenis ikan ada disana, membuat badan yang tadinya lelah karena perjalanan panjang menjadi segar kembali :) 

Aquarium Raksasa di Dalam Bandara Jeddah

Aku mengikuti petunjuk untuk menemukan loket kereta cepat, ternyata tak sulit, karena petunjuknya begitu jelas sekali, sesampainya kami diloket tiket, Aku dan temanku membeli tiket kereta secara offline saja dengan harga sekitar Rp 815.000 ( 189.75 SAR ) untuk kelas ekonomi dan Aku membayar pake debit saja, jika beli melalui aplikasi harganya sekitar Rp 740ribuan ( 172.50 SAR ), lumayan jauh lebih murah beli online. Kalo mau beli online bisa melalui applikasinya di https://sar.hhr.sa/home# apalagi kalo belinya 1 minggu sebelumnya bisa dapat harga sekitar Rp 590ribuan ( 138 SAR) untuk rute jeddah - madinah

Harga Tiket Kereta Cepat Haramain Jeddah - Madinah

Perjalanan Jeddah- Madinah ditempuh 1 jam 54 menit, jauh lebih cepat dibanding menggunakan taxi atau bus yang bisa mencapai 4-6 jam. Ketika jam 11 pagi kami berangkat dari Jeddah, jam 12.54 kami sudah sampai di stasiun kereta madinah.  Dan dari sini kami melanjutkan perjalanan kehotel dengan menggunakan taxi seharga 27 SAR / Rp 120.000 dengan jarak tempuh sekitar 25 menit.

Hotel Al Ansar Golden Tulip Madinah Dekat Dengan Masjid Nabawi

Soal hotel dimadinah memang kuserahkan pada temanku yang mengurusnya, sehingga Aku hanya menyetor uang Rp 1.000.000 untuk 3 malam disana, total 3 malam 3 jutaan kayakna, utk 3 orang.  Hotelnya dekat banget sama masjid Nabawi sehingga jalan dikit aja udah sampai dipelataran masjid. Alhamdulillah, hotelnya juga bagus, banyak banget jemaah dari berbagai negara menginap disini. Jam 4 kurang setelah sholat Ashar di hotel Al Ansar, Aku memilih untuk tidur, karena 2 hari belum tidur  ( 14 oct jam 5 subuh udah bangun , kemudian perjalanan panjang ke saudia sampai hotel madinah jam 3 lewat sore  ( 8 malam indo ) tgl 15 oct 2023.😨, aku tidur dari jam 3 lewat hingga 6 sore bangun utk sholat maghrib, kemudian tidur lagi, sampai 7 malam bangun, baru mandi dan cuss ke masjid nabawi sholat Isya serta makan malam. 

1juta perorang utk 3 malam

Dari Madinah Ke Mekkah Pake Bus Numpang Sama Teman

Untuk biaya ke Mekkah kali ini Aku tak mengeluarkan sepeserpun, karena temannya temanku menawarkan untuk ikut rombongan mereka saja, karena kebetulan Bus mereka masih ada seat kosong, Alhamdulillah ya Allah. dari ikut rombongan mereka, kami bisa ikut ambil miqot di masjid Bir Ali juga.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 6 jam, akhirnya kami sampai dimekkah juga. Rombongan temanku menginap di Hotel Hilton, sehingga kami bisa numpang titip barang2 kami disana, dan kami melanjutkan prosesi umroh malam itu juga berdua. Keesokan paginya baru kami mengambil barang2 kami di hotel dan kami menuju DAR penginapan kami untuk beristirahat.

Dari Mekkah ke Jeddah Pake Kereta Haramain Lagi

Karena Bus gratis Mekkah - Jeddah tidak beroperasi lagi, dan bus Saptco juga tidak ada, maka pilihan kita untuk ke Jeddah hanya taxi dan kereta cepat, karena Aku sendiri Aku ngerasa lebih nyaman naik kereta, hanya saja dari tempatku menginap daerah AJYAD aku naik taxi dulu dengan harga 25SAR, ( ini proses tawar menawar pake bahasa tubuh dan tunjukkan gambar stasiun dari Hape, karena Supir taxi tak pandai bahasa inggris, Aku tak pandai bahasa arab, heheh )

Nah sampai di Stasiun kereta, Pas di lorong parkiran itu kita lurus aja terus nanti bakalan ketemu plang ticket kereta haramain, masuk kesana, trus ambil antrian pembelian tiket, kemudian ke konter dan bayar 86.50SAR, padahal kalo online harganya 69SAR, tak apalah lebih mahal yang penting bisa beli tanpa gangguan aplikasi yang kadang sistemnya bikin deg degan, uang kepotong, tiket gak keluar :(. Nah setelah tiket kereta ditangan, tinggal duduk diruang tunggu menunggu kereta datang, jangan khawatir ya, petunjuknya lengkap kok disini, jadi insyaallah gak akan nyasar.

Menu Albaik Jadi Favoritku 

Selama di madinah dan mekah, Aku lebih sering makan Albaik dibanding makan nasi, soalnya Albaik dengan harga 12.50riyal udah dapat 5 potong Ayam Goreng, 1 porsi kentang dan juga 1 roti, dan ini buatku bisa dimakan 2 x. Jika Aku kangen nasi barulah Aku coba makan nasi dengan harga 15-25 Riyal, dan sesekali beli popmie vegetarian yang menurutku enak juga.

Makanan di Madinah dan Mekkah

Beli Air Zam Zam Di Pintu B2 Bandara Jeddah, 5 Liter dengan Harga 8.21 SAR

Saat mengantri checkin untuk pulang ke Jakarta, Aku melihat banyak sekali orang orang menenteng sebuah kotak, akhirnya Aku memberanikan diri bertanya pada salah satu penumpang, Apa itu didalam kotak ? dia menjawab Air Zam Zam, lalu Aku bertanya beli dimana ? dia lalu menunjukkan arahnya, saat itu juga Aku keluar dari antrian checkin dan bergegas menuju arah yang ditunjuk, namun aku masih saja tidak menemukannya, akhirnya Aku tanya lagi sama petugas bandara, dan Ia menunjukkan Aku harus keluar pintu B2 , dan Aku ikutin arahannya, ternyata benar, setelah keluar pintu B2, disebelah kanannya ada konter pembelian air zam zam 1 kotak 5 liter, Alhamdulillah akhirnya Aku bisa bawa oleh oleh air zam zam untuk orang orang terdekat. Syarat membeli air zam zam hanya menunjukkan paspor saja.

Pintu B2 Bandara Jeddah

konter beli air zam zam bandara jeddah

Setelah membeli air zam zam, Aku kembali mengantri untuk checkin, dan Alhamdulillah air zam zam bisa masuk bagasi dengan aman sampai tiba dijakarta.

Pesanku, bawa spidol ya, agar kita bisa menulis nama kita di kotak air zam zam, hal ini tentunya memudahkan kita untuk mengenali air zam zam miliki kita saat pengambilan bagasi khusus air zam zam.


Berikut Total Pengeluaran Aku selama Umroh dari Batam - Jakarta- Dubai- Jeddah ( PP ) 14 oct -23 oct 2023

Tiket pp 8.187.000

Visa umroh 2.749.000

Visa transit Dubai 750.000

Tiket pesawat batam jkt PP 2.300.000

Isi paket telkomsel roaming 275.000 (5gb)

Tiket Kereta Haramain Jedah- Madinah 815.000

Hotel Golden Tulip Al Ansar Madinah  1.000.000per 3 malam

DAR Durrot Ajyad 900.000 per 5 malam

Tukar duit 3.000.000 ( 700riyal )  - ini utk pengeluaran selama di madinah dan mekkah

Total Pengeluaran = 19.976.000


#umrohmandiri2023  Untuk menukar uang Riyal sebaiknya tukar langsung di Money Changer Madinah / Makkah atau ambil dari ATM saja, karena nilai tukarnya bisa lebih murah daripada tukar di Indonesia.  Dan di Madinah / Makkah sebagian pedagang juga menerima uang rupiah saat kita berbelanja :) 

Untuk Contact Person Dar Durrot Ajyad Mekkah atau city tour Mekkah dan Madinah bisa ke Mas Agni di nomor +966 56 650 4043, Beliau mahasiswa dari Indonesia yang menetap di Mekkah.

Update harga Air zam zam per desember 2023, 5 liter ( 1 galon ) 12.5 Riyal


















Komentar

  1. Mbaaak terimakasih ulasannya yang panjang, detail, dan informatif sekali. Aku juga ingin umtah mandiri semoga Allah mengabulkan doaku dan memberikan kesempatan aku menjadi tamuNya, Aamiiin.

    Masya Allah aku terharu bacanya, mbak. Perjalanannya benar-benar dimudahkan ya.

    Pingin tanya mbak, klo ambil miqot apakah harus punya rombongan? Seandainya tidak ada rombongan bagaimana ya mbak?
    Trus untuk melaksanakan ibadah umrah apakah semua orang bebas keluar masuk masjidil haram (seperti masuk masjid pada umumnya) atau ada aturan khusus mbak? Dan apakah perlu imam pendamping umrah? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan putus berdoa mbak agar Allah memanggil kita untuk menjadi tamunya, Insyaallah Allah panggil.. Ibadah Umroh itu ibadah personal, jadi kita bisa ambil miqot sendiri di masjid yang telah ditentukan, yang terdekat dengan masjidil haram adalah masjid Aisyah (utk ambil miqot ) kita bisa pergi ke masjid Aisyah dengan menggunakan bus gratis yang ada diterminal Jabal Omar 1km dari masjidil haram jaraknya, atau kita bisa pergi naik taxi bayarnya 40riyal PP, nanti kita ditungguin supirnya selama kita sholat sunah dimasjid dan ambil niatnya/ miqot. Untuk masuk masjidil Haram bebas saja, apalagi untuk melakukan umroh juga 24 jam bebas kita mau melakukan umroh kapan saja, tanpa perlu pendamping /imam jika kita memang merasa bisa sendiri. Jika ingin sendiri usahakan bawa buku panduan untuk umroh. Insyaallah bisa, karena saya juga melakukannya sendiri, malah lebih khusyuk. Dan saat mau umroh, kita mandi sunah terlebih dahulu, baru ambil miqot dan segeralah melaksanakan umroh, lama waktu umroh dari mulai dari tawaf 7putaran, kemudian sai 7 puratan, sampai tahalul paling lama 3 jam udah selesai. Nanti tahalul ( gunting ujung rambut mbak ), mbak harus minta bantu sama orang yang sudah selesai umroh ya. minta bantu aja sama jamaah dari indonesia disana, insyaallah bakalan ketemu kok, jadi jangan lupa bawa gunting ya.

      Hapus
  2. Ya Allah serasa ikut kakak umroh eka baca tulisannya, alhamdulillah bisa merasakan air zam-zam juga, yang terpenting adalah akak PP dengan selamat. di tunggu cerita lainya kak.thaks buat detail ceritanya.

    BalasHapus
  3. Ga sampe 20jt jatohnya murah sih, soalnya kalo travel start 25jtan biasanya..
    Ini kalo gapake ke jakarta dulu juga lebih murah, cuma kalo sendiri gini tibet ga sih? Kendalanya apaan aja kak yang dirasain dari umroh mandiri ini?

    BalasHapus
  4. keren ini mbaa sarah berani lhooo umroh mandiri...emang lebih hemat sie jatuhnya
    kalo umroh mandiri gitu emang ada grub nya kah mba? kok aku baca pengurusan visa dibantu admin grup? berarti ada grup khusus yaa buat teman-teman yang ingin umroh mandiri? kalo ada grub nya berarti ada penjelasan2 nya terlebih dahulu kah mb semacam kayak manasik?

    aku dulu juga alhamdulillah dapat naik saudi arabia airlines..enak yaa pelayanan nya komplit tapi sayang pas berangkat pramugarinya pihak indonesia menurutku lebih care kebersihan drpd pas pulang pramugarinya dari pihak arab duhh toiletnya penuh tisu tapi gak dibersihin loo sama petugasnya sedih sie :(

    BalasHapus
  5. Baru tahu aku kalau ada nama-nama khusus yang tidak diizinkan masuk ke Arab Saudi. Tapi dilihat dari nama lengkapku sepertinya tidak ada halangan, hehe. Semoga bisa segera menjejakkan kaki ke tanah suci. Senang sekali menyimak cerita seperti ini, jadi makin semangat buat bisa ke sana juga.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah umroh mandirinya berjalan lancar ya mbak. Jujur, baca tulisan ini saya jadi ikut deg2an hehe. Walopun banyak dramanya tapi pasti jadi pengalaman tak terlupakan seumur hidup. Btw saya juga dulu pas umroh pake nama endors nama ayahku, soalnya namaku cuma 2 kata. TFS mbak Sarah

    BalasHapus
  7. Budget umroh selama 9 hari dari Batam bisa menjadi referensi yang sangat bermanfaat untuk calon jamaah.

    BalasHapus
  8. Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Ali Sayyidina Muhammad. Membaca tulisan Mba aku sembari sholawatin, semoga dapat kesempatan dan rezeki bisa umroh juga.

    Insight banget tulisannya buat aku mba. Terima kasih banget untuk infonya mba

    BalasHapus
  9. Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Ali Sayyidina Muhammad. Membaca tulisan Mba aku sembari sholawatin, semoga dapat kesempatan dan rezeki bisa umroh juga.

    Insight banget tulisannya buat aku mba. Terima kasih banget untuk infonya mba

    BalasHapus
  10. MasyaAllah mbaa makasih sharingnya, semoga aku dan sekeluarga bisa menyusul kesana dan dimudahkan jalannyaa aamiin ya Allah.. Ngomong2 mba, skg klo umroh + al aqsa masih bisa ngga ya klo kondisi nya kyk skg? Mungkin mba punya info dari sana.

    BalasHapus
  11. Shinta Dwi ANovember 26, 2023

    Masya Allah kalau niat memang Allah beri jalan ya & dipermudah urusannya. Seru baca ceritanya, lengkap sekali bisa buat referensi umroh mandiri. Mudah²an aku bisa segera menyusul juga. 🥰

    BalasHapus
  12. Wah info bagus ini kebetulan tante Saya ada rencana umroh mandiri tahun depan tapi masih bingung di budgetnya nah saya share aja ya artikel ini ke beliau

    BalasHapus
  13. Ya Allah ngeliat bentuk visa jadi inget kerjaan aku di travel umroh bagian handling visa. Btw thanks ya kak infonya, semoga kita diberikan rezeki sehat dan cukup materi untuk pergi umroh. Amiin

    BalasHapus
  14. Izin save ya mba, saya pengen cobain umroh mandiri tapi masih khawatir karena belum pernah ke sana dan khawatir ibadahnya kayak ada yang kelewat jadi kayaknya butuh pembimbing gitu, tapi baca ini seperti bisa dicoba dengan ngikutin tips dari mba Sarah

    BalasHapus
  15. wah hemat banget ini ya, mbak. Kapan-kapan saya bolehjapri lah ya mbak untuk tanyalebih lanjut. btw, klo umroh mandiri begini ambil niat miqotnya gimana sih mbak.

    BalasHapus
  16. MasyaAllah... bermanfaat banget mbak, tulisannya. Jadi ada gambaran tentang umroh mandiri. Bayanganku kalau umroh tuh ya bareng rombongan besar di biro umroh gitu. Makasiii udah share pengalaman umroh mandiri ini.

    BalasHapus
  17. MasyaAllah... ikut semangat baca ceritanya mbak Sarah, luar biasa.. Sering sekali saya baca kisah umroh mandiri ini, semoga ada jalan untuk mengikuti jejak datang ke tanah suci.

    BalasHapus
  18. MasyaAllah, berasa dapat ilmu yang benar-benar rinci dari awal mula keberangkatan, sampai ibadah Umroh. Keren mbak, bisa umroh mandiri. Biayanya juga lebih murah yaa, daripada ikut agen. Semoga bisa dipanggil juga, pengen deh rasanya umorh secara mandiri juga

    BalasHapus
  19. Masyallah Tabarakallah, sy baru tau biaya umroh berapa sgala rincian dan perjalananyanya,. Semoga sy bisa mengunjungi dan beribdah disana kak, aamiin Ya allah.

    BalasHapus
  20. Masyallah Tabarakallah, sy baru tau biaya umroh berapa sgala rincian dan perjalananyanya,. Semoga sy bisa mengunjungi dan beribdah disana kak, aamiin Ya allah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid

Cara Naik MRT dari Terminal 4 Changi Singapura

Nah ceritanya ini adalah pengalaman pertama aku traveling sendiri keluar negeri. Gak jauh jauh sih, hanya ke Pulau Langkawi Malaysia saja, berhubung dapat tiket murahnya dari Langkawi airport Malaysia menuju Changi airport Singapura, mau tak mau aku harus browsing sana sini dan tanya sana sini sama teman teman yang udah pernah turun di Changi khususnya di terminal 4 untuk penerbangan Air Asia. Terminal 4 Changi Singapura