Langsung ke konten utama

Tidak Bisa Kuliah Karena Biaya? 6 Pinjaman Online Ini Bisa jadi Solusi!

Biaya pendidikan mahal bisa menjadi halangan untuk menapaki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Di Amerika Serikat, mungkin kamu sudah tidak asing sama istilah student loan. Kamu juga bisa mendapatkannya di Indonesia melalui program pinjaman online, lho. CekAja punya rekomendasi pinjaman online untuk dana pendidikan yang bisa jadi pertimbanganmu. 



6 Pinjaman Online untuk dana kuliah


Dana Cita

Platform yang didirikan oleh Susli Lie ini bercermin sama pengalamannya yang menerima Manfaat dari pendidikan tinggi. Maka dari itu, lulusan Yale University ini berinisiatif untuk membuka pinjaman online bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. 


Di sini, kamu bisa mengajukan pinjaman online tanpa jaminan dengan masa pembayaran sampai 12 bulan untuk biaya semester dan sampai 24 bulan untuk uang gedung. Nah, ada biaya yang perlu kamu keluarkan, nih. Pertama adalah biaya persetujuan dengan besaran 3% dari jumlah pembiayaan yang diberikan atau minimal Rp 100 ribu. Selanjutnya adalah biaya platform sekitar 0 -1,75% per bulan dari total pembiayaan berbentuk bunga flat. 


Sayangnya, pinjaman online yang mereka berikan dalam bentuk mitra kerja sama. Beberapa lembaga yang sudah bekerja sama adalah President University dan Institut Teknologi PLN. Tapi, mereka terbuka untuk kerja sama, kok. Coba saja dulu!


Dana Didik

Dengan tagline-nya #SemuaBisaKuliah, Dana Didik fokus sama memberikan pinjaman online untuk mahasiswa. Platform dengan sistem peer to peer (P2P) lending ini mempertemukan peminjam dan pendananya, lho. Jadi, yang diuntungkan tidak hanya peminjam, tapi juga pendana dengan sistem bagi hasil. 


Berbeda dengan Dana Cita yang masih cukup terbatas jangkauannya, Dana Didik memberikan pinjaman online untuk para mahasiswa dari beragam universitas, mulai dari universitas negeri hingga swasta. Mereka memberikan tenor pinjaman online selama 12-24 bulan dengan jumlah pinjaman mulai dari Rp 100 ribu sampai dengan Rp 40 juta. 


Syarat mengajukan pinjaman online di platform ini pun cukup gampang. Kamu harus berkewarganegaraan Indonesia yang sudah terdaftar di perguruan tinggi dan dibuktikan sama kartu identitas. Plus, memiliki orang tua atau wali yang berpenghasilan.


Pintek

Kalau 2 pinjaman online sebelumnya berfokus membantu mahasiswa untuk membayar dana pendidikannya, Pintek membuka kesempatan untuk pengajuan pinjaman online semua jenjang, lho! Mulai dari preschool hingga perguruan tinggi dengan jenis politeknik hingga akademi. Selain itu, mereka juga membantu pembiayaan pinjaman online untuk pendidikan nonformal atau kursus. 


Ada 2 cara cicil dalam pinjaman online Pintek. Cara cicil Reg dikhususkan untuk kamu yang masih kuliah dengan cara mencicil uang pangkal yang diberi tenor sampai 12 bulan dan uang semester yang bisa kamu cicil selama 6 bulan. Pilihan cicilan pinjaman online lain adalah Pro, khusus buat kamu yang kuliah sertifikasi atau sudah tahun akhir dan punya pekerjaan. Saat kamu kuliah, kamu bisa mencicil bunganya dulu dan besaran pokoknya kamu pikir nanti saja. Baik sekali, kan?


Cicil

Perusahaan teknologi finansial ini memberikan fasilitas pinjaman online untuk pembiayaan uang kuliahmu dengan menganalisis beragam variabel, salah satunya profil akademis siswa. Mereka menawarkan cicilan yang ringan yang memiliki margin 2-3% flat setiap bulannya. Dalam hal ini, Cicil meng-cover uang semester, uang pangkal, dan paket uang pangkal dan semester 1 untuk mahasiswa baru. 


Mereka memberikan jangka waktu pinjaman online mulai dari 2 sampai 24 bulan. Nah, besaran cicilan per bulannya bakal disesuaikan juga sama besaran uang muka yang kamu bayar. Cicil memberikan pilihan penjamin, yaitu diri sendiri atau orang tua/wali yang dikategorikan menjadi karyawan, profesional, dan wirausaha. Dokumen yang harus kamu siapkan untuk mengajukan pinjaman online adalah KTP, KTM, KK, dan bukti tagihan dari kampus. Kalau kamu sudah berpenghasilan tetap, kamu bisa menjamin dirimu sendiri dengan memberikan lampiran slip gaji.


KoinPintar

Pinjaman online lain yang bisa kamu coba selanjutnya adalah KoinPintar dari KoinWorks. Mereka menyediakan dana pendidikan untuk formal maupun nonformal. Buat kamu yang sedang kuliah D3 dan S1, kamu bisa mengajukan pinjaman online DEKADE (Dana Edukasi Masa Depan) dengan tenor 3-10 tahun! Wah, sangat fleksibel, kan? Proses pendaftaran pinjaman online untuk pendidikan ini hanya memakan waktu 15 menit. 


Setelah itu, mereka akan memberikan informasi tentang tingkat suku bunga, baru kamu bisa mengunggah dokumen yang diperlukan. Proses pendanaan akan berlanjut dan pinjaman pun dapat dicairkan. Sudah tertarik? Sebelum mendapat dananya, kamu perlu mempersiapkan dokumen siswa, dan pasangan kalau ada, serta penanggung. Dokumen yang perlu kamu unggah nantinya adalah mutasi rekening selama 3 bulan terakhir, KTP, KK, dan bukti pendapatan.


Buana Multidana

Seperti namanya, Buana Multidana sebenarnya tidak hanya berfokus ke dana untuk pinjaman online pendidikan, tetapi juga berbagai macam pinjaman online. Maka dari itu, tidak heran kalau mereka berani memberikan jumlah pinjaman yang cukup besar sampai Rp 250 juta dengan jangka pinjaman hingga 36 bulan. .


Persyaratan umum sebagai ketentuan pinjaman adalah berumur 21-60 tahun, fotokopi data diri, KK, akta nikah (kalau ada), serta fotokopi PBB 2 tahun terakhir. Jadi, pinjaman online dari Buana Multidana ini lebih cocok kamu mintakan ke orang tua atau walimu saja, ya! Soalnya, mereka juga mewajibkan adanya jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor. 


Mengajukan pinjaman online untuk dana pendidikan memang cepat, tapi suku bunganya tinggi. Apalagi pada umumnya, fintech pinjaman online pendidikan bakal menyuruhmu untuk membayar dana kuliah sebesar 20% dulu. Kalau kamu butuh dana pendidikan, mending ajukan saja melalui https://www.cekaja.com/pinjaman-online/ Kamu bisa mendapat plafon tinggi dengan bunga kurang dari 1 persen per tahun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid