Langsung ke konten utama

Berwisata Mengelilingi Sungai Kapuas Dengan Kapal Lancang Kuning

Ini bukan pertama kalinya saya menaiki sebuah kapal kayu yang menjadi kapal wisata saat bertandang ke kota kelahiran saya Pontianak. Namun baru kali ini Saya sempat menuliskannya. Liburan yang singkat ini, lagi lagi Saya antusias untuk naik kapal kayu yang lebih populer disebut Kapal Lancang Kuning,  untuk menikmati suasana sungai kapuas.


Kapal Lancang Kuning pontianak
Kapal Lancang Kuning Pontianak



Tempat bersandar nya Kapal Lancang Kuning ada di Taman Alun Alun kapuas yang terletak dijalan Rahadi Usman. Setiap sore Taman Alun Alun Kapuas ramai dikunjungi oleh wisatawan baik sekedar untuk bersantai di tepian Sungai Kapuas, maupun mencoba menaiki kapal Lancang Kuning untuk mengelilingi Sungai Kapuas.

Harga tour menggunakan kapal Lancang Kuning ini sebesar Rp 15.000/ orang dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Diatas kapal Lancang Kuning ini tersedia aneka minuman dan makanan, sehingga wisatawan tak perlu khawatir merasakan lapar dan haus.

Selama tour, kapal akan melewati perumahan penduduk, dan disini kita akan  melihat aktifitas warga Pontianak, baik yang mandi maupun mencuci di sekitaran Sungai Kapuas, dan juga kita akan melewati Masjid Jami' Sultan Syarif Abdurahman yang merupakan masjid tertua di Pontianak. Moment yang paling ditunggu saat perjalanan mengelilingi Sungai Kapuas adalah moment sunset dimana langit jingga menghiasi langit khatulistiwa.


wisata kapal lancang kuning
Masjid Jami' Sultan Syarif Abdurahman

wisata kapal lancang kuning
Jembatan Sungai Kapuas Pontianak

Setelah berwisata dengan kapal Lancang Kuning, kita bisa menikmati suasana santai di area Alun Alun Kapuas, karena disini juga tersedia spot spot foto menarik, seperti replika tugu khatulistiwa, air mancur, dan juga ada beberapa pedagang yang menjual makanan dengan menggunakan perahu dipinggir Sungai Kapuas.

penjual di sungai kapuas
Para Pedagang yang berjualan di Pinggir Sungai Kapuas Pontianak

Taman Alun Alun Kapuas bisa jadi taman untuk keluarga yang ingin bersantai menikmati suasana sore, dan bagi kamu yang ingin berlibur di Pontianak, jangan lupa coba juga naik kapal Lancang Kuning dan rasakan pengalaman tournya, agar kamu bisa melihat aktifitas warga Pontianak yang tinggal di pinggiran Sungai Kapuas. 

wisata kapal lancang kuning
Para Penumpang Kapal Lancang Kuning Pontianak

Menuju taman Alun Alun Kapuas bisa menggunakan kendaraan umum, namun jika ingin cepat sampai sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, karena yang Saya tau oplet di Pontianak sudah mulai berkurang jumlahnya, khawatir kamu akan lama menunggu oplet tersebut lewat.



Komentar

  1. Cantik sekali pemandangan di Ponti ini ya. Apalagi kalau sore- sore menikmati suasana semilir angin sambil naik kapal terus setelah lelah jalan-jalan, kulineran olahan bakar yang ada di sana. Mana murah lagi 15K turnya. Jadi mupeng aku kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ada masanya silvi melalak ke kota pontianak, kota yang mulai berkembang berikut wisata kulinernya juga mulai menjamur loh..:)

      Hapus
  2. Kota kite, macem mane sekarang, makin mantap jak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. padat om..dah macam jakarta macet..panas bedengkang...tapi bangunan die dah bagus bagus, tinggal jalan raya aja sepertinya mesti diperbesar lagi

      Hapus
  3. asik yah suasananya,, langka euy,, jualan di atas perahu

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kak bara bisa melanglang ke pontianak juga ya, menikmati kuliner dan wisatanya :)

      Hapus
  4. Ternyata kapal lancang kuning malah eksis di sungai Kapuas ya Kak Sarah.. Padahal identiknya dgn melayu Riau lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pontianak juga ada tanah melayu nya kak...bahkan ada rumah raja sultan melayu di dekat sungai kapuas itu

      Hapus
  5. Impian banget Naik kapal mengelilingi kapuas... Pasti excited banget Kan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalo gitu melalak cantik ke pontianak yuk kak ?

      Hapus
  6. Wah, Pontianak sekarang cantik ya... Pernah kesana dulu tahun 2008an. Asyiknya mengelilingi sungai sambil melihat pemandangan masyarakat Pontianak. Semoga suatu hari bisa ajak Aal Maryam ke sini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin...aal dan maryam pasti suka ni naek kapal

      Hapus
  7. kerennya itu yang pedagang di pinggir sungai,.
    seru banget yaaa.. saya belum pernah ke pontianak
    baca-baca ini jadi kepengen ke sana ,
    kapan ya ...? hehehe
    btw salam kenal mbak, sy dari Makassar hehe
    kalau jalan ke Makassar kontak2 ya hehe
    ini first time mampir blog mbak sarah
    ku follow ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mbak Zil, Terimakasih sudah mampir,,,, iya ni aku juga belum pernah kemakassar, padahal disana juga banyak tempat wisata ya... aku follback ya

      Hapus
  8. Aku juga naik kapal ini pas di Pontianak, kak. Timing-nya juga sama, berlayar kembali ke Taman Alun Kapuas saat sunset. View-nya jadi dramatis banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuu kak...pontianak gak punya laut, tapi wisata sungailah yang akhirnya jadi icon wisatanya :)

      Hapus
  9. Terakhir nyoba wisata telusur sungai di banjarmasin yang tulisannya sudah kubagikan di blog. Sepertinya kalo wisata kapal pontianak di sungai kapuas ini juga seru, apalagi pemandangan sunsetnya baguss bangeeet itu :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
  10. Pengalaman yang menarik. Berhubung tinggal di perkotaan, jarang merasakan yang seperti ini...

    BalasHapus
  11. Minggu depan rencana mau ke Pontianak. Pingin nyobain keliling Kapuas.

    BalasHapus
  12. sangat indah kotanya

    BalasHapus
  13. keren kotanya bisa jadi tujuan wisata

    BalasHapus
  14. terimkasih ,Artikelnya sangat bermanfaat, dan jangn lupa kunjungi
    Sondirboring.co.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Serunya Bermain Cable Ski di Batam Wake Park Bengkong

Mendengar permainan Cable Ski biasanya kesan pertama itu harganya MUAHAL ! dan hanya orang orang berduit lah yang sanggup menikmati water sport ini. karena dihari sabtu dan minggu harga bermain cable ski ini  Rp 250.000/ jam. Namun jangan minder duluan, karena Batam Wake Park yang ada di Bengkong ini memberikan harga promo di weekday hanya RP 50.000/ hari, Nah loh ?? masih gak pengen nyobain main watersport yang seru ini ? promo dari Batam Wake park Beralamat di kawasan golden city bengkong, Batam wake park ini hadir untuk meramaikan permainan yang penuh tantangan di atas air.  Ada dua area danau buatan yang disediakan bagi peserta yang ingin bermain cable ski. 1 Danau kecil  Disinilah tempat bagi pemula belajar cara memainkan wakeboarding/ cable ski. pertama tama kita wajib memakai life jacket, helmet, wakeboarding dan mengikatnya dengan erat.  Kemudian pelatihnya akan mengajari teknik teknik bermain cable ski. Kedengarannya simple dan mudah ya ? Tapi percayalah, kam

Indahnya Pantai Glory Melur Barelang Batam

Siapa ni disini yang paling senang hunting pantai baru yang ada di Batam ? Yang tunjuk tangan satu hati dong sama aku hehehe. Gatal aja bawaan kaki kalo udah dengar ada pantai baru yang dibuka. Apalagi kalo didaerah Barelang, karena aku tau disana lautnya bagus, pasirnya lembut serta kalo air laut sedang pasang, duuh jernih banget airnya, sejernih hatiku, eaaaa. Sejak di buka pada akhir Desember 2020, baru di bulan Februari 2021 aku bisa mengunjungi Pantai Glory Melur yang semakin hari semakin diminati oleh para pengunjung ini. Tak salah menurutku karena kalo dilihat dari foto foto yang bertebaran di media sosial, Pantai Glory Melur memang indah dan rapi penataannya. Minggu pagi sengaja aku turun dari rumah jam 6.00 lantaran aku juga ingin melihat moment sunrise di daerah Jembatan 1. Namun sayang karena harus mampir membeli sarapan dan mengisi bahan bakar, akhirnya aku kesiangan juga. Matahari sudah naik saat aku sampai di Jembatan 1 Barelang. Perjalanan tetap aku lanjutkan dengan sena