Langsung ke konten utama

Persiapkan Beberapa Berkas di Bawah Ini Untuk Melunasi Kredit Perumahan di BTN

Mau beli rumah secara tunai ? rasannya bagi Saya itu hal mustahil, karena Saya tak memiliki tabungan berjuta juta, apalagi beratus ratus juta, kalo dalam mimpi sih, mungkin bisa saja lebih dari yang Saya sebutkan tadi. Namun dari jaman dahulu juga beberapa Bank telah bekerjasama dengan developer perumahan untuk membiayai masyarakat kurang mampu yang ingin membeli rumah, dengan cara mencicil. Nah dari kemudahan ini Saya pun mau tak mau ikut menggunakan jasa kredit dari Bank, salah satu yang bisa Saya gunakan saat itu adalah Bank BTN.






Syarat2 mengambil fotocopy sertifikat rumah di Bank BTN klik disini

Setelah melalui masa kredit 9 tahun 10 bulan, Saya bermaksud melunasi sisa hutang perumahan yang Saya ambil, karena sisa 2 bulan lagi.  Nah apa saja yang harus dilakukan untuk melunasi kredit sebelum  jatuh tempo ?
  • Pergi ke Bank BTN terdekat, bawalah buku tabungan dan KTP, dan carilah bagian kredit, agar kita bisa meminta sisa hutang kita.
  • Setelah ke bagian kredit dan mendapatkan hasil rincian sisa hutang, bunga, beserta denda pelunasan sebelum waktunya, maka selanjutnya pergilah ke bagian teller dan isi form penyetoran sesuai dengan angka yang tertera di rekening koran yang diberikan oleh bagian kredit tadi.
Form Penyetoran 

  • Setelah menyetor  ke bagian Teller dan mendapat bukti penyetoran pelunasan dan stamp lunas dari Teller, maka pergilah ke BTN pusat, dan pergi ke bagian kredit lagi dengan membawa bukti pelunasan kredit.
  • Di bagian kredit siapkan materai 2 lembar dan fotokopi KTP 2 lembar juga, tanda kita mau mendaftar untuk pengambilan sertifikat rumah.
  • Setelah mendaftar kita akan mendapatkan bukti untuk pengambilan sertifikat rumah, dan pengambilan sertifikat rumah ini membutuhkan waktu sekitar 3-7 hari kerja, atau sesuai dengan yang ditentukan oleh bagian kredit, jika lewat dari tanggal yang ditentukan, maka akan didenda lagi  sebesar Rp 500.000/bulan
Bukti Yang Harus dibawa Saat ingin mengambil Sertifikat


  • Datanglah sesuai waktu yang telah ditentukan tanggal dan jam nya, seperti biasa ambil nomor antrian dan menunggulah dengan sabar.
  • Sertifikat, IMB, Akta Jual Beli dan surat2 penting lainnya siap dibawa pulang😊


Surat2 Penting dari BTN yang sudah menjadi milik Nasabah

Nah itulah proses pelunasan kredit rumah ketika belum jatuh tanggal temponya, jangan lupa sebelum meninggalkan Bank periksa kembali nama yang tertera di sertifikat, tanggal lahir dan alamat rumah. Jangan sampai selisih huruf atau ada yang berbeda.

Semoga bermanfaat


Komentar

  1. Wah bakalan didenda ya umie kalo udah daftar tapi telat mengambil sertifikat. info bermanfaat nih umie, karena rencana ada sodara yg mau ambil sertifikat rumahnya di Bank BTN Batam yg udah lama lunas tapi karena udah pindah ke luar kota Batam jadi belum terealisasi. Makasih inpohnya umie saraah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Denda Ami... 500rb pula tuh jika lewat dari hari yang ditentukan

      Hapus
  2. wah selamat kak akhirnya dah jadi milik seutuhnya, rumahku baru aja dimulai kak hiks. Semoga bisa segera menjadi milik seutuhnya juga, btw mantap tips and sharingnya kak sangat bermanfaat nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.... Don't worry babang...kalo sudah memulai...tinggal ikuti saja waktunya...inshaallah aku selesai juga :)

      Hapus
  3. senangnya rumah lunas, bak terangkat beban segunung, uang yang biasanya dipakai buat rumahb isa dipake buat yang lain, ini saya alami waktu cicil motor 2 tahun. gimana kalau terangkat beban yg ditanggung 10 tahun ya, senangnyaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kak rina...plong rasanya sudah bisa lunasin hutang :)

      Hapus
  4. Alhamdulilah lunas yah kak... Makasih tips-nya.

    BalasHapus
  5. Wah saya juga lewat Bank BTN, tapi yang syariah katanya. Entah bedanya di mana. Saya sih masih lima tahun lagiiiii. Tapi terima kasih infonya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar bang...semua akan selesai pada waktunya :)

      Hapus
  6. Cihuiiii.... Rumahnya udah lunas, berkurang dong beban di pundak. Selamat ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kaka...lebih plong rumah dah lunas skrng :)

      Hapus
  7. Alhamdulillah.. Seneng ya kak kalo udah terbebas dari kredit. Rasanya bisa bernapas legaaaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak deee... akhirnya perjalanan panjang itu selesai juga :)

      Hapus
  8. Wah bener sekali ya kak harus cek Dan ricek jangan sampai salah nama walaupun cuma sehuruf saja urusannya bakalan ribet Kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakak...penting banget soal nama di dokument penting kita, karena bakalan berpengaruh kalo kita akan berurusan dengan bank lagi

      Hapus
  9. Lumayan ini infonya. simpen link dulu ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. simpan kak...mana tau nak ambil rumah di Batam ni kan ?

      Hapus
  10. sertifikat lambat ngambil juga kena denda kak? adooii.. harus pasang alarm berarti.

    infonya bermanfaat kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye kak wen...makanya jangan telat ambil ya ruggiiiiii

      Hapus
  11. itu denda 500rb hitungan nya per bulan, atau sampai pengambilan ya kak ?

    BalasHapus
  12. Mohon pencerahan , kami baru sadar klu angsr kpr kami sdh lunas 1 bln yg lalu , kami blm sempat ke bank , apakah denda sdh mulai berlaku ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Denda berlaku setelah pelunasan 1 bulan tak diambil kak.

      Hapus
  13. Buku tabungan sama berkas awal hilang gmn? Yg ada tinggal eekwning virtual akun krn pwrnah nunggak 3bln..

    BalasHapus
  14. Buku tabungan sama berkas awal hilang gmn? Yg ada tinggal eekwning virtual akun krn pwrnah nunggak 3bln..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa KTP dan surat kehilangan buku tabungan dari kepolisian aja kak, kalo berkas awal mereka punya record tersendiri kok

      Hapus
  15. trmkash informasinya kebtlan rumah saya lunas bulan inj

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid