Langsung ke konten utama

Inilah Enam Keunikan yang Hanya Dimiliki Semarang

Kapan terakhir kali Anda menyambangi Semarang ?  Tentu, pesona venentie van Java ini tidak akan pernah terlupakan. Pasalnya, Kota Semarang akulturasi budaya yang khas, kaya akan tempat wisata, dan memiliki arsitektur bangunan kuno nan eksotis. Tak mengherankan, lebih dari 4 juta wisatawan berkunjung kesana setiap tahun.


Nah, berikut ini ada enam keunikan Semarang yang kerap membuat wisatawan terpukau. Yuk simak!!

1. Semarang Punya Kota Benteng Satu-Satunya di Asia Tenggara

Apakah Anda pernah berkunjung ke Kota Lama Semarang ? Kawasan inilah yang disebut sebagai kota benteng. Meski bentuknya sudah tak utuh, arsitektur dan ukuran benteng tersebut masih bisa terlihat. Menurut penelitian Tim Balai Arkeologi Yogyakarta, pembangunan benteng dilakukan pada tahun 1760-an. Tembok pertahanan ini dibangun mengelilingi area Kota Lama.

Krisprantono, Tim Ahli Cagar Budaya Jawa Tengah, mengungkapkan kota benteng di Semarang merupakan satu-satunya di Asia Tenggara. Benteng ini terdiri dari enam sudut, yaitu de smits, ijer, asterdam, ceylon, de hersteller, dan bastion de zee.  Tembok pertahanan tersebut didominasi warna hitan dengan batu bata lebih besar di bagian teratas.


2. Memiliki Banyak Destinasi Wisata Sejarah

Saat anda memasuki Kota Semarang, coba perhatikan eksterior bangunannya, Banyak gedung berarsitektur kuno, bukan ? Tempat- tempat itulah yang kerap dijadikan destinasi wisata sejarah. Mulai dari menelusuri kehidupan tempo dulu di Kota Lama, Lawang Sewu, hingga mengenang zaman perang di area Tugu Muda.

Tak hanya itu, di Semarang terdapat beberapa museum yang akan mengantar pengunjung untuk melihat masa silam. Semisal, di Museum Ranggawarsita, Anda bisa membaca penggalan sejarah masa kolonial dan benda peninggalannya. Ada pula Museum MAJT, tempat mempelajari penyebaran agama Islam di Indonesia.

3. Penduduknya Ramah dan Gemar Berbahasa Jawa

Semarang merupakan kawasan yang kental dengan tradisi Jawa. Rata-rata pendunduk di kota ini menggunakan Bahasa Jawa dalam percakapan sehari-hari. Bahkan, mereka kerap memakai istilah-istilah kedaerahan. Selain itu, masyarakat Semarang dikenal murah senyum dan terbuka. Jadi, Anda tak perlu takut bertanya kepada penduduk setempat saat mencari sebuah lokasi di kawasan tersebut.

Meski Mereka juga bisa berbahasa Indonesia, tidak ada salahnya Anda belajar Bahasa Jawa. Apalagi saat berbelanja di pasar tradisional, gunakan Bahasa Jawa jika ingin memperoleh harga sangat murah. Pun bisa memakai Bahasa Indonesia dengan logat medhok kalau kesulitan mengucapkan istilah Jawa.

4. Surganya Kuliner 

Anda menggemari kuliner nusantara ? Semarang adalah salah satu kota yang memiliki aneka masakan dengan cita rasa khas. Daerah ini kerap disebut surga wisata kuliner. Sebagai referensi, cobalah mengunjungi kawasan Simpang Lima Semarang. Lokasinya tepat di depan deretan mal Simpang Lima.

Ada juga wisata kuliner di sekitar kampus Universitas Diponegoro Pleburan. Harga makanannya relatif lebih murah daripada di area Simpang Lima. Di sini Anda tak hanya disuguhi santapan khas Semarang, tetapi juga ragam menu nusantara.

5. Transportasi Murah Meriah

Untuk pergi menuju kota ini, kamu bisa menggunakan transportasi udara untuk menghemat waktu. Gunakan  tiket pesawat murah ke Semarang dari Airy untuk pengalaman liburan terbaik.  Sedangkan untuk transportasi di dalam kota, tak perlu bingung memilih mode transportasi umum. Pasalnya, tarif kendaraan publik di kota ini sangat terjangkau. Semisal, Anda ingin keliling Semarang, bisa naik TransSemarang yang berbiaya Rp 3.500 per tiket. Jika destinasi tidak dapat dijangkau bus tersebut, gunakan transportasi online.

6. Dikelilingi Tempat Wisata Alam yang Memukau

Semarang tidak hanya menyuguhkan pesona Lawang Sewu atau Kota Lama. Kawasan ini juga menawarkan tempat wisata alam dengan pemandangan mengagumkan. Pasalnya, bentang alam Semarang di kelilingi pegunungan dan lautan. Dari Semarang atas ( Kabupaten ), Anda bisa melihat panorama Kota Semarang sekaligus laut utara. Jika naik sedikit lagi sampai ke puncak Gunung Ungaran, seluruh lanskap Semarang terlihat jelas.
Tertarik menyusuri enam keunikan Semarang tersebut ? Anda bisa  beli promo tiket pesawat Garuda akhir tahun untuk meringankan bugjet perjalanan wisata. Pembelian dapat dilakukan melalui website Airy supaya prosesnya lebih cepat dan mudah.
Selamat berlibur :) 









Komentar

  1. semoga suatu saat bisa kesemarang juga

    BalasHapus
  2. yang sering saya ingat dulu ketika ke Semarang banjir robnya itu,
    sekarang gimana ya ?
    thank dan salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali mbak ina

      Hapus
    2. Sekarang kebanyakan tempat sudah tidak banjir kk

      Hapus
  3. Kuliner khasnya bikin kangen di sana. Setidaknya ada alasan untuk ke sana lagi

    BalasHapus
  4. ibukota provinsiku tapi entah knpa kurang tertarik dg kota ini, mungkin karena belum tau tempat2 kerennya kali ya hihi..

    Di Padang juga dulunya ada benteng yg mengelilingi kota lama, tapi sekarang sisa-sisanya pun tak terlihat..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  5. Kalo yg nomor 3 kayaknya hampir semua kota di Jateng n Jatim penduduknya gemar berbahasa Jawa semua deh.. hehehe...

    kalo yg nomor 1 saya malah baru tau ada bentengnya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid