Kamis, 21 Desember 2017

Hal yang Perlu Anda Lakukan Ketika Mau Resign

Mengakhiri sesuatu selalu dialami setiap orang. Setiap yang baik ataupun yang buruk pasti akan berakhir. Dalam dunia pekerjaan, hal tersebut akan selalu benar. Apakah anda sedang dalam pekerjaan yang ingin anda tinggalkan? Atau anda sudah resign dan mencari pekerjaan baru, atau setidaknya kegiatan baru? Maka anda akan menemukan beberapa keasingan dalam dunia pengangguran yang tidak biasa anda alami. Ada beberapa perasaan yang anda rasakan ketika resign juga, antara itu perasaan kehilangan dan bersalah atau malah kesenangan yang berlebih. Sebelum anda sangat emosional dengan keputusan anda, maka anda perlu tahu beberapa hal sebelum melanjutkan hidup.


1.         Mencari pekerjaan baru lagi

Ketika anda memulai untuk melakukan wawancara lagi, anda harus bersiap dengan beberapa pertanyaan. Berhenti pekerjaan bisa disebabkan dengan berbagai alasan, apabila anda adalah seorang freelancer, bisa jadi karena anda telah menyelesaikan proyek yang anda kerjakan dan ingin mencari lagi. Ada pekerjaan yang anda tinggalkan karena keinginan anda, tetapi ada juga yang anda tinggalkan karena anda harus tinggalkan. Keduanya bukan situasi yang mudah, tetapi bukan tidak mungkin. Apabila anda mencari pekerjaan baru, maka akan ada pertanyaan mengapa anda meninggalkan pekerjaan anda.  Dan perusahaan yang baik akan menyadari dan mengerti bahwa setiap orang meninggalkan pekerjaanya untuk banyak alasan.
Usahakan agar tidak menyalahkan orang lain atau perusahaan sebelumnya. Lebih baik menjadi jujur, anggun, dan singkat dalam menjawab pertanyaan. Jawaban-jawaban seperti, ingin perkembangan karir atau terdapat masalah lokasi dan keluarga akan lebih diterima daripada bercerita panjang lebar mengenai keburukan perusahaan sebelumnya.

2.         Ingat untuk berterima kasih pada atasanmu

Setelah resign ada baiknya apabila ada pesan terima kasih pada kebaikan dan pengajaran manajer anda. Ingat anda menerima pekerjaan anda karena kesempatan mantan bos anda. Dengan memberi pesan itu, maka anda menunjukan hati yang besar dan persahabatan pada karyawan dan pekerjaan sebelumnya. Bagaimanapun kondisi hubungan anda dengan bos, mengucapkan terima kasih atau sekedar salam perpisahan bisa membuat diri anda lebih dihormati.

3.         Jangan memutuskan tali silaturahmi

Banyak kasus dimana karyawan kembali pada perusahaan sebelumnya, dan anda tidak tahu apakah anda bisa melewati jalan yang sama dengan orang-orang di kantor sebelumnya. Jadi dari beberapa alasan diatas maka usahakan agar selalu menjaga hubungan baik. Kesampingkan emosi anda. Karena di 30 tahun usia produktif anda, anda akan berada di industry yang terbatas dengan orang-orang yang sama pula. Tarik napas panjang, dan jadilah orang yang berhati besar, karena seberapa besarnya mereka menyakiti anda, mungkin kalian saling membutuhkan untuk tujuan yang lebih besar.
Selalu berusaha untuk berkomunikasi dengan para rekan kerja. Keluar pekerjaan dengan anggun berarti, meninggalkan kesan yang baik pula untuk para rekan kerja dan bos anda. Dengan memiliki kesan baik tersebut, maka akan dijamin pula karir anda lebih baik.

4.         Jangan Mengkasihani Diri Sendiri

Malah refleksikan beberapa hal yang anda pelajari dan ingat pencapaian yang anda lalui. Hal tersebut bisa meningkatkan kepercayaan diri. Seminim apapun proyek yang anda lakukan, atau kontribusi mu pada kantor, setidaknya menjadi bagian pada sesuatu bisa memantapkan skill dan pengalaman anda.
Anda juga bisa melihat bagaimana pencapaian anda di kantor, apa keahlian anda, dan seperti apa proyeksi anda 5 tahun ke depan. Dengan melakukan introspeksi diri, maka anda bisa lebih mudah dalam menentukan tujuan hidup anda selanjutnya.

5.         Liburan
Kapankah terakhir kali anda liburan? Ingatkah impian anda untuk naik gunung bersama teman-teman, atau ikutan open trip bersama orang asing ke pantai? Inilah saatnya untuk anda melegakan diri anda, selama anda bisa membayarnya. Anda bisa mendapat dana tambahan juga untuk liburan, hanya dengan mengajukan pinjaman secara online, maka anda akan mendapatkan pinjaman uang online tanpa agunandengan mudah, sehingga liburan anda bisa lebih panjang dan lebih jauh lagi. Pilihan anda tidak lagi hanya ke Karimun Jawa, anda bahkan bisa langsung ke Hawaii dan menikmati tarian Hula sesuka hati, hanya dengan satu klik saja.
 Waktu sendiri memberikan kesempatan untuk mengevaluasi kembali hidup anda. Seperti prioritas dan tujuan hidup yang anda pilih. Kesempatan ini juga membuat anda untuk mengembangkan soft skill serta melakukan hobi-hobi yang anda suka. Manusia adalah makhluk yang suka kebiasaan, apabila terdapat perubahan yang mendadak seperti kebiasaan baru pada tempat kerja baru, maka badan anda akan kaget. Mempunyai waktu kosong juga membuat adaptasi badan anda lebih baik serta meningkatkan performa kerja anda dengan lebih baik.

6.         Ambil dan hapus hal-hal penting dari komputer anda.

Komputer kantor anda terdapat beberapa jejak anda. Ambil beberapa menit untuk mengambil informasi penting, kontak, file-file personal, laporan pekerjaan, dan apapun yang bisa membantu anda dalam pekerjaan selanjutnya. Ini merupakan hal penting karena terkadang banyak orang yang lupa menyimpan track record mereka dalam bekerja. Padahal itu bisa sangat membantu anda dalam mencari pekerjaan berikutnya.
Dengan memiliki track record yang jelas, maka anda akan lebih mudah dalam menyusun portofolio dan pencapaian anda. Perusahaan baru pun bisa melihat bukti bahwa anda telah banyak memberikan kontribusi kepada perusahaan sebelumnya.

7.         Buat rencana jangka panjang.

Anda perlu tau tujuan paling utama anda. Pertama ketahui kemampuan diri anda, pencapaian yang telah anda capai, hal yang anda sangat senangi, sampai tujuan yang ingin anda raih. Memiliki rencana seperti 30-60-90 hari atau 30-60-90 minggu akan menunjukan inisiatif pada bos baru anda. Serta menunjukan bahwa kalian berada di pikiran yang sama dalam menjalankan perusahaan.
Coba menata ulang kembali hidup anda. Hal yang paling mudah anda bisa lakukan adalah membuang berbagai sampah di kamar anda. Dengan membuang hal-hal tersebut maka anda juga bisa membersihkan beberapa hal di otak anda. Anda bisa terkejut dengan beberapa barang yang tertumpuk di balik lemari. Bahkan anda juga bisa menyadari barang-barang yang bisa dibuang atau yang berharga.
Pada akhirnya anda harus mengerti mengapa anda keluar dari pekerjaan. Mengerti alasan apapun yang anda alami berpengaruh pada prioritas hidup anda. Mungkin anda tidak perlu lagi bekerja pada korporat. Atau mungkin anda memilih untuk memulai pekerjaan start-up dan menjadi bos untuk dirimu sendiri. Bisa juga anda ingin berpartisipasi dalam transaksi online agar usahamu berkembang. Cara tersebut juga bisa di cek di Monily.id, apabila anda ingin membuka usaha sendiri. Hal tersebut adalah salah satu cara pinjam uang di koperasi online yang bisa membantu start up anda. Tetapi untuk apapun yang anda lakukan selanjutnya, jangan sampai kembali pada tahap yang sebelumnya. Karena umur anda bertambah, maka anda harus banyak-banyak move on juga. 

4 komentar:

  1. makin mudah aja pinjam uang sekarang ya...dah serba online

    BalasHapus
  2. Resign memang selalu menjadi moment yg tak terlupakan, antara menyedihkan dan menyenangkan. Nais inpo

    BalasHapus
  3. huahaha kak sarah oh my god, boleh tuh tulisannya didedikasikan untuk roma yang baru resign

    BalasHapus
  4. tulisan ini cocok buat saya wkwkw

    BalasHapus