Langsung ke konten utama

Nyobain Simulator Menerbangkan Pesawat Cessna 172 Saat Ulang Tahun Blogger Kepri Ke 8

Selamat hari jadi untuk Blogger Kepri yang ke 8 tahun. Senang rasanya bisa menjadi bagian dari komunitas menulis ini karena disinilah berbagai macam karakter penulis berkumpul.

8 Tahun menjadi anggota blogger, dari sini juga Aku menemukan teman teman yang memiliki hobby yang sama yakni traveling. Dari komunita Blogger Kepri juga Aku mendapatkan info job review, baik itu dalam bentuk barter maupun ada uang jajannya, tak penting besar kecilnya menurutku  yang penting Aku sudah jadi bagian dari komunitas Blogger Kepri aja Aku udah senang.

Simulator Pesawat Cessna 172 Flybest Batam

Doa Bersama Dan Potong Kue

Tak sah juga ya rasanya kalo ulang tahun gak dilengkapi dengan acara doa syukuran dan potong kue. Jadi sebelum acara simulator menerbangkan pesawat dilakukan, kita nyanyi2 dulu, berdoa bersama dan pastinya makan kuenya dong, sederhana banget, tapi kok ya bahagia ya ada diantara mereka :) inilah namanya Aku berada dikomunitas yang tepat, hehehe.

Ulang Tahun Blogger Kepri 8
Acara Hut Blogger Kepri ke 8 Tahun

Ulang Tahun Blogger Kepri ke 8 Hadiah Untuk Anggota Mencoba Simulator Menerbangkan Pesawat 

Ulang tahun Blogger Kepri kali ini menurutku wow banget, kenapa ? karena untuk memeriahkan acaranya, semua anggota dan keluarga bakalan dikasi kesempatan untuk mencoba simulator menerbangkan pesawat. Lah kok bisa ? Bisa dong, Blogger Kepri gitu loh, wkwkwkwk.

Jadi tanggal 25 Juni 2023, sesuai dengan tempat yang telah ditentukan yakni Flybest Flight Academy Batam yang berlokasi di Ruko Mega Technology City blok AG No.1, Anggota yang sudah mendaftarkan diri sebelumnya dan keluarga berkumpul disana. 

Flybest  Flight Academy  ini merupakan Sekolah Pilot, Jadi bagi siapa saja yang ingin berkarir sebagai Pilot, nah di Flybest lah mereka bisa belajar dalam rentang waktu yang sudah ditentukan.

Mesin MCX yang digunakan utk simulator

Pengenalan Bagian Penting Pesawat Oleh Pilot Batam Doni Gunawan.

Hari itu Anggota dan keluarga Blogger Kepri cukup ramai, sehingga ruangan yang disediakan full, meski ada yang berdiri itupun tak menyurutkan semangat kami untuk mendengarkan penjelasan mengenai bagian bagian penting dari pesawat terbang.

Bang Doni Gunawan sebagai Pilot Batam yang sudah memiliki pengalaman terbang keberbagai daerah dengan perlahan mulai memperkenalkan bagian bagian dari pesawat dan cara menerbangkannya.

Ada banyak sekali instrument / bagian bagian penting yang ada didalam pesawat, namun ada 6 instrument dasar yang ada didalam pesawat, dan dikenal sebagai " six pack, yaitu :

  1. Airspeed Indicator ( ASI )
  2. Attitude Indicator ( AI )
  3. Altimeter ( ALT )
  4. Vertical Speed Indicator ( ASI )
  5. Heading Indicator ( HI )
  6. Turn Indicator ( TC )

Instrumen dalam Pesawat
Instrumen dalam pesawat

Selain 6 instrumen dasar yang ada didalam pesawat yang harus diketahui, kita juga di perkenalkan dengan flight control yang ada didalam pesawat.

Fligth control utama yang digunakan untuk menggerakkan pesawat adalah Yoke dan Rudder. 

Yoke apabila ditarik atau didorong akan menggerakan elevator untuk mengubah posisi pitch pesawat menjadi naik/turun ( nose up/ down ). Jika digerakkan ke kanan atau kekiri, maka Yoke akan menggerakkan aileron untuk berbelok ke udara.

Rudder pada saat di darat digunakan untuk berbelok pesawat, saat diudara berfungsi untuk menjaga agar pesawat berbelok dengan stabil ( coordinated turn )

Setelah memperkenalkan instrument penting yang ada didalam pesawat, selanjutnya kita diajarkan tentang dasar dasar dalam menerbangkan pesawat.

Fligth control utama pesawat
flight control didalam pesawat

Ada 4 Hal Dasar Dalam Menerbangkan Pesawat

  1. Straight and level adalah manuver untuk mempertahankan posisi pesawat agar selalu berada di ketinggian yang sama dan selalu mengarah ke arah yang sama


4 Hal Dasar Dalam Menerbangkan Pesawat


  1. Climb adalah manuver untuk menambah ketinggian pesawat
4 Hal Dasar Dalam Menerbangkan Pesawat



  1. Turn adalah manuver untuk mengubah arah pesawat
4 Hal Dasar Dalam Menerbangkan Pesawat


  1. Descent adalah manuver untuk mengurangi ketinggian pesawat
4 Hal Dasar Dalam Menerbangkan Pesawat

Waktunya Simulator Menerbangkan Pesawat

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai hal hal dasar menerbangkan pesawat, tibalah saatnya kita mencoba simulator nya. Oh iya, Simulator disini menggunakan pesawat Cessna 172. 

Yang paling senang disini adalah anak anak dong tentunya, karena mereka bakalan memiliki pengalaman menerbangkan pesawat, tentunya mereka didampingi oleh Bang Doni langsung. Satu persatu anak anak diberi kesempatan untuk mencoba simulator dengan lama waktu 5 menit, harap maklum ya 5 menit saja, sebab kita ada 30 orang, bayangin aja kalo 1 orang 1 jam, bisa bisa nginap deh kita di Flybest, heheh.

Lomba Twitter dan Instagram Live

Saat anak anak sedang mencoba simulator, waktunya Aku dan teman teman mengikuti lomba twitter dan instagram, Aku berusaha mengirim twitter sebanyak banyaknya sesuai dengan pelajaran yang Aku terima disana. Alhamdulillah, Aku pemenangnya, dan untuk Instagram pemenangnya Mas Akut. Selamat ya buat kita :) 

Pemenang Lomba Twitter

Acara Selesai Aku Pulang Bawa Pengalaman dan Hati Yang Bahagia

Acara HUT Blogger Kepri kali ini bikin senang deh, karena selain dapat pengalaman mencoba simulator menerbangkan pesawat, kami juga bisa tertawa cekikikan bersama, ada saja hal hal yang bisa bikin ngakak. Sesenang itu kalo sudah berkumpul. 

Terimakasih Flybest Flight Academy yang sudah memberikan kami kesempatan untuk mencoba simulator, dan Selamat Ulang Tahun untuk komunitas kesayangan akuh BLOGGER KEPRI

Oh iya, buat masyarakat umum yang ingin mencoba simulator menerbangkan pesawat juga bisa daftar di Flybest Flight Academy ya, dengan durasi 60 menit / 1 jam kalian bisa menentukan airport mana yang dipilih untuk keberangkatan pesawat yang kalian terbangkan. Harga untuk simulator dengan durasi 60 menit adalah Rp 500.000.

Flybest Fligth Academy Batam

IG: @donnigunawan

IG : flybestflightacademy

Telp : +62 778-7760221








Komentar

  1. Wah, seru bangettttt 🥰 ini yg punya anak cita-citanya jd pilot/pramugari wajib, nih, nyobain ini 🥰🥰

    BalasHapus
  2. Wah seru banget ya acaranya.. jadi bisa coba simulator..

    BalasHapus
  3. Kalo ngumpul blogger tu paling suka rame and adaaaaa aja hal luci pemicu ketawa. Hahaha..pokoknya hut BK kemarin, seruu...

    BalasHapus
  4. Wah seru banget ya kak acaranya! Unik gitu ada kegiatan simulasi menerbangkan pesawat.

    BalasHapus
  5. Selamat ulang tahun Blogger Kepri. Wah menarik perayaannya. Bahkan aku jadi tahu bagian-bagian simulator dari sini, bukan dari mulut adikku hihihihi

    BalasHapus
  6. aku ngakak di sini ya Allah, bahagia liat kak sarah lewat jalur 😂, akibat sering ngebut-ngebut bawa motor nih, ini pesawat bukkk bukan motor hahahaha. tapi seru dan berkesan banget pastinya kan kak.

    BalasHapus
  7. klo udah ingat pesawat dan akak, otomatis lgsg senyam senyum sendiri...

    BalasHapus
  8. Wahhh pengalaman yang sangat luar biasa Mba. Btw, selamat ultah blogger kepri...

    BalasHapus
  9. seneng banget deh liat komunitas yang seru2 gini, semua anggotanya juga kompak 2 ya

    BalasHapus
  10. Ini acara ulang tahun blogger paling kece, Mba. Seru banget pasti mencoba simulator menerbangkan pesawat flybest.

    BalasHapus
  11. Seru banget pas bagian simulator nya anakku kalau ikut kesana pasti deh gamau pulang. Mudah2an bisa ke sana jugaaa dehh🥰

    BalasHapus

Posting Komentar

Semoga Tulisan yang di baca bermanfaat bagi semua Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Serunya Bermain Cable Ski di Batam Wake Park Bengkong

Mendengar permainan Cable Ski biasanya kesan pertama itu harganya MUAHAL ! dan hanya orang orang berduit lah yang sanggup menikmati water sport ini. karena dihari sabtu dan minggu harga bermain cable ski ini  Rp 250.000/ jam. Namun jangan minder duluan, karena Batam Wake Park yang ada di Bengkong ini memberikan harga promo di weekday hanya RP 50.000/ hari, Nah loh ?? masih gak pengen nyobain main watersport yang seru ini ? promo dari Batam Wake park Beralamat di kawasan golden city bengkong, Batam wake park ini hadir untuk meramaikan permainan yang penuh tantangan di atas air.  Ada dua area danau buatan yang disediakan bagi peserta yang ingin bermain cable ski. 1 Danau kecil  Disinilah tempat bagi pemula belajar cara memainkan wakeboarding/ cable ski. pertama tama kita wajib memakai life jacket, helmet, wakeboarding dan mengikatnya dengan erat.  Kemudian pelatihnya akan mengajari teknik teknik bermain cable ski. Kedengarannya simple dan mudah ya ? Tapi percayalah, kam

Pantai Nirwana Barelang Batam

Wisata pantai di daerah Barelang semakin menjamur, aku pribadi tidak heran karena memang barelang adalah kawasan pantai baik disisi kanan maupun kiri jalan. Dan salah satu pantai yang baru buka ditengah pandemi ini adalah Nirwana Beach (  Pantai Nirwana ) yang berlokasi di jembatan 6 Barelang bersebelahan dengan pantai Reviola Minggu pagi setelah jogging di jembatan 1 Akupun melanjutkan perjalananku menuju pantai Nirwana, karena pagi itu Aku melihat cuaca cukup cerah. Perjalanan santai ini Aku tempuh dengan waktu sekitar 1.25 menit, karena Aku sempat berhenti untuk mengambil foto foto saat Aku menemukan view yang bagus selama perjalanan. Tak sulit menemukan pantai Nirwana, karena ditepi jalan sudah tersedia Baliho dan penunjuk arah menuju pantai. Tinggal kita ikuti saja jalannya, meski masih tanah berwarna merah namun tetap aman dilewati oleh motor maupun mobil. View disepanjang jalan juga lumayan bagus, sehingga sayang juga untuk dilewatkan begitu saja tanpa memotretnya.  Tiket Masuk