Langsung ke konten utama

6 Nama Jembatan di Barelang, Apa Saja Itu ?

Aku rasa tidak semua masyarakat Batam mengetahui nama nama jembatan yang menghubungkan antara Batam dengan pulau pulau ujung Galang. Mungkin kebanyakan orang termasuk Aku sendiri hanya tau  menyebutnya dengan nama jembatan 1,2,3,4,5 sampai yang terakhir 6 didaerah Barelang.

Setelah beberapa tahun tinggal di Batam, Akupun baru tau bahwa setiap jembatan yang menghubungkan pulau satu dengan pulau lainnya itu memiliki nama masing masing.

Apa saja nama 6 jembatan Yang Menjadi Penghubung Batam Dengan Pulau Lainnya ?


1. Jembatan 1  / Jembatan Tengku Fisabilillah
Jembatan ini menjadi icon kota Batam, setiap hari jembatan Tengku Fisabilillah ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar, Banyak para pedagang yang wara wiri disekitar jembatan ini, bahkan para photographer pun selalu siap sedia menawarkan jasanya. Jembatan 1 merupakan penghubung Batam ke Pulau Tonton.

Jembatan 1 Barelang
Jembatan Tengku Fisabilillah

Jembatan 1 Barelang
Jembatan 1 Tengku Fisabilillah

2. Jembatan 2 / Jembatan Nara Singa
Karena jembatan Tengku Fisabilillah sering ramai dikunjungi oleh wisatawan, maka sebagian masyarakat mulai beralih ke jembatan Nara Singa, untuk bersantai ditepian pagarnya. Jembatan Nara Singa ini penghubung Pulau Tonton menuju Pulau Nipah.

Jembatan 2 Barelang
Jembatan 2 / Jembatan Nara Singa

3. Jembatan 3 / Raja Ali Haji.
Jembatan Raja Ali Haji tak selebar jembatan sebelumnya, sehingga jarang sekali masyarakat yang bersantai disini. namun bagi para pemancing, jembatan Raja Ali Haji lokasi yang pas untuk melempar umpan kelaut. Jembatan Raja Ali Haji menghubungkan Pulau Nipah ke Pulau Setokok.

Jembatan 3 Barelang
Jembatan 3 Raja Ali Hai

4. Jembatan 4 / Sultan Zainal Abidin.
Jembatan Sultan Zainal Abidin juga mulai dijadikan tempat bersantai oleh masyarakat Batam, karena view lautnya cukup indah, dan untuk para pemancing, lokasi jembatan 4 ini masih menjadi favorit untuk melempar umpan kelaut. Jembatan Sultan Zainal Abidin menghubungkan Pulau Setokok ke Pulau Rempang.

Jembatan 4 Barelang
Jembatan 4 Sultan Zainal Abidin

5. Jembatan 5 / Tuanku Tambusai.
Jembatan Tuangku Tambusai ukurannya cukup lebar, dan view laut disini begitu bagus sehingga jembatan ini sering dijadikan tempat beristirahat oleh wisatawan untuk melepas penat karena perjalanan jauh. Jembatan Tuangku Tambusai menghubungkan Pulau Rempang ke Pulau Galang.

Jembatan 5 Barelang
Jembatan 5 Tuanku Tambusai

6. Jembatan 6 / Raja Kecik
Jembatan Raja kecik merupakan jembatan terakhir yang menghubungkan Pulau Galang ke Pulau Galang Baru. sepanjang perjalanan menuju jembatan Raja Kecik kita akan disuguhi pemandangan bukit dan laut yang cukup indah dan memanjakan mata.


Jembatan 6 Barelang
Jembatan Raja Kecik

Nah itulah nama 6 jembatan yang menghubungkan Batam dengan Pulau Pulau di sekitarnya. Masyarakat sendiri lebih nyaman menyebut kawasan ini dengan sebutan BARELANG yang berarti Batam Rempang Galang. 

O km Batam
Ujung Pulau Galang Baru

Semoga tulisan ini  bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua ya, baik yang sedang berkunjung ke Batam, maupun bagi masyarakat Batam itu sendiri.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Foto Copi Sertifikat Rumah yang Masih Milik Bank

Melihat kondisi rumah kecil saya yang atapnya bocor dimana mana, membuat hati saya selalu gundah ketika hujan turun dengan derasnya, maklum saja dari 8 tahun yang lalu memang saya belum pernah merenovasi atap rumah yang memang sudah lapuk alias asbesnya retak2.  Sudah berusaha menyisihkan uang gaji, namun tetap saja tidak cukup untuk merombak kembali atap rumah saya,apalagi dinding2 nya juga sudah mulai rusak. Bahan material dan upah dari tukang sudah membuat saya terkaget kaget.

Mempercayakan Planet Ban Sebagai Bengkel Terpercaya Untuk Sepeda Motor

Jaman sekarang sepeda motor bukan saja jadi teman baik bagi kaum lelaki, tapi bagi kaum wanita sepeda motor juga bisa jadi teman andalan untuk kegiatan sehari hari, seperti berbelanja, mengantar anak sekolah, jalan jalan, atau teman pergi bekerja, tak perduli saat cuaca panas maupun hujan. Contoh nyatanya Aku sendiri, yang sejak sekolah di SMA sudah membawa sepeda motor sendiri, ini dikarenakan jarak sekolah dan rumah lumayan jauh, sehingga pilihan membawa motor kesekolah lebih menghemat waktu.  Jika jaman sekolah dulu, Aku taunya hanya pakai motor saja, karena urusan isi minyak, service dan ganti sparepart masih orangtuaku,  tidak dengan sekarang saat Aku sudah bisa membeli motor sendiri, sehingga Aku merasa punya tanggung jawab untuk merawatnya juga. Sedikit demi sedikit Aku mencari tau bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan tentunya enak dipakai sehari hari. Mencari Bengkel Yang Cocok Untuk Sepeda Motor Itu Tidak Mudah Bengkel sepeda motor itu memang banyak, malah sangat b

Review Pemakaian Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel

Ketika usia semakin bertambah, rasanya kulit wajahku semakin hari semakin terlihat bintik2 hitam, meski sedikit, tapi jujur ngerasa terganggu juga, belum lagi kulit juga terlihat kusam, duuuh jadi mulai insecure kalo lagi kumpul2 sama teman2 yang wajahnya mulus ,bersih pula. Mencari skin care yang bisa nyatu dengan kulit Aku yang terbilang cukup sensitif ini juga gak gampang, perlu waktu untuk membaca review sebanyak mungkin sebelum Aku memutuskan untuk membelinya dan memakainya juga. Harapanku pastilah setelah memakai produk ini cocok di kulit Aku, dan Aku mendapatkan kulit wajah sehat, bersih , kalo perlu glowing deh, hehehe. Pilihan Jatuh Pada Implora Luminous Brightening Serum dan Ceramide 8+ Skin Barrier Moisturizing Gel  Teman teman yang udah biasa dengan dunia skincare pasti udah faham dengan manfaat serum dan moisturizing bagi kulit wajah, namun tak ada salahnya juga Aku ingin menjelaskan beberapa Alasan kenapa Aku memilih Luminous Brightening Serum dari Implora beserta Ceramid